YouTube Pop-Up Space kembali hadir di Jakarta. Salah satu inisiatif yang telah berlangsung sejak tahun 2016 ini, terus dilakukan membantu mengembangkan kreator YouTube di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, hingga dapat menemukan kesuksesan di YouTube.

Kreator YouTube Baru, Tumbuh Tiga Kali Lipat di Tahun Ini

Dukung Kreator Baru, YouTube Hadirkan YouTube Pop-Up Space JakartaPopbela.com/YouTube Indonesia

YouTube Pop-Up Space dimulai pada 29 April 2019, dan dijadwalkan akan berlangsung hingga 3 Mei 2019. Pada kesempatan ini, Chris Schremp, Director of YouTube Global Creator & Artist Development, mengungkapkan perkembangan YouTube di Indonesia yang mengalami kemajuan pesat. Data per Maret 2019, merekam pertumbuhan angka kreator dengan 1 juta subscribers telah mencapai lebih dari 200 channel lokal kreator, 5X lebih banyak dari tahun lalu.

Dan lokal kreator dengan 100 ribu subscribers meningkat 3X dibandingkan tahun lalu. Kemudian seperti yang telah diketahui, Atta Halilintar dan Ria Ricis adalah 2 kreator independen pertama di Indonesia & Asia Tenggara yg mendapatkan Diamond Award, dengan total subscribers melampaui 10 juta.

“Selain komunitas kreator YouTube yang kian berkembang pesat dari Sabang sampai Merauke, kami melihat juga ini seiring dengan jumlah waktu konten yang di upload di berbagai kanal di  YouTube di Indonesia yang meningkat lebih dari 2X lipat antara 2017 dan 2018," kata Chris Schremp.

Maka kami ingin terus secara konsisten membantu para kreator di Indonesia dan menghadirkan beragam inisiatif yang menunjang perkembangan para kreator, agar dapat terus berkembang bersama dengan perkembangan yang ada di YouTube saat ini,” tambah Chris.

YouTube Pop-Up Space Jakarta

Dukung Kreator Baru, YouTube Hadirkan YouTube Pop-Up Space JakartaPopbela.com/YouTube Indonesia

Ini merupakan tahun ke 4 bagi YouTube Pop-Up Space Jakarta dan hingga kini YouTube telah melatih lebih dari ribuan konten kreator di Indonesia. YouTube Pop-Up Space dilengkapi dengan perangkat produksi video professional. Tahun ini akan ada beragam kolaborasi salah satu contohnya Aulion & Nessie Judge serta Andmesh, Astrid Basjar dan Govinda, dan dan masih banyak lagi, memanfaatkan fasilitas peralatan professional serta tampilan studio yang memanjakan visual.

Selain itu, YouTube menyediakan beragam workshop dan sesi sharing dengan para pakar. Kelas pelatihan ini disesuaikan dengan fase juga perkembangan setiap kreator. Seperti:

  • Kurang dari 100k subscribers (hingga level Silver):
  1. Pelatihan tentang monetisasi
  2. Pelatihan untuk para pemenang NextUp
  • 10 ribu -1 juta subscribers (hingga level Gold):
  1. Pelatihan untuk memaksimalkan channel para kreator
  2. Pelatihan untuk cara bekerja sama dengan brand ternama lewat konten-konten yang kreatif
  • Lebih dari 1 juta subscribers (diatas level Gold):
  1. Pelatihan yang memfokuskan untuk melengkapi kesejahteraan jiwa individual dari para kreator dengan memberikan fasilitas sesi sharing dengan rekan-rekannya dan juga para pakarnya.

YouTube NextUp

Dukung Kreator Baru, YouTube Hadirkan YouTube Pop-Up Space JakartaPopbela.com/YouTube Indonesia

YouTube NextUp kembali hadir tahun ini. Setelah pertama kali diumumkan dan dibuka pendaftarannya di bulan Januari 2019 lalu, program ini menerima antusiasme yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Di mana ada ratusan aplikasi dari seluruh Indonesia dan beragam konten dari konten seputar review, entertainment lokal, DIY, kecantikan, musisi, fitness/kesehatan, hingga motovlogger.

Ini adalah kedua kalinya NextUp digelar di Indonesia, dan 9 dari 12 pemenang berasal dari luar Jakarta seperti Afdillah Chudiel dari Papua, Rhia Lestari dari Tabalong, Kalimantan Selatan, dan X Radar dari Cirebon. YouTube NextUp diharapkan dapat membantu para kreator untuk mengembangkan kapasitas mereka juga keterampilan dalam memproduksi sebuah video atau konten untuk meningkatkan kualitas kanal dan konten mereka yang berujung dengan peningkatan jumlah subscriber.

YouTube Music Sessions

Dukung Kreator Baru, YouTube Hadirkan YouTube Pop-Up Space JakartaPopbela.com/YouTube Indonesia

Sejak tahun 2018 lalu berbagai video musik dari Indonesia menjadi sorotan hingga trending sepanjang tahun. Sebagai contoh, video musik Siti Badriah - Lagi Syantik (masuk ke dalam chart YouTube Top 10 Global July 2018) hingga Virgoun - Surat Cinta untuk Starla.

Untuk merayakan pencapaian tersebut serta untuk menunjang pertumbuhan kreator musik lokal, sejak tahun 2018, di YouTube Pop-Up Space juga menyediakan sesi khusus musik yang disebut dengan "YouTube Music Sessions".

https://www.youtube.com/embed/FocFked1TbQ

Inisiatif tahun ini ditujukkan untuk memberikan kesempatan kepada para kreator di kategori musik di Indonesia diantaranya adalah Luthfi Aulia Chandra, Andmesh, D’Masiv, Nubica Band, Reza Artamevia dan Papinka Band Official untuk berkreasi dalam studio YouTube Pop-Up Space. Semua produksi dilakukan dan ditanggung oleh YouTube.

“Komunitas selalu menjadi prinsip dasar untuk YouTube. Semangat, antusiasme dan kedekatan, para kreator YouTube di Indonesia sungguh inspiratif. Kami ingin terus mendukung dan memberdayakan para kreator ini. Bersama, kita dapat terus berkreasi dan menghasilkan konten untuk memajukan bangsa juga dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia,” tutup Chris.

Baca Juga: 5 Aplikasi Download Video YouTube Tercepat di PC