Bela, sebagai generasi millennial kamu mungkin akrab dengan situasi ini; nongkrong di kafe mahal, beli baju rancangan desainer atau beli gadget terbaru. Di balik itu semua, generasi millennial yang punya gaji yang nggak seberapa berlomba-lomba mencapai ‘tren’ tersebut dan merelakan kebutuhan dasar lainnya. Anak muda seperti inilah yang Gayatri Jayaraman sebut sebagai The Urban Poor.

The Urban Poor, Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennialcinemavine.com

Tulisan Gayatri yang sangat viral di internet dan dibaca oleh jutaan netizen ini memang menyindir kenyataan yang ada di depan mata kita. Gaya hidup anak muda di India yang digambarkan Gayatri faktanya nggak jauh berbeda dengan gaya hidup anak muda di negara lain, termasuk Indonesia. Banyak sekali profesional muda dengan gaji yang pas-pasan memaksakan diri untuk mengikuti tren agar tampak eksis.

The Urban Poor, Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennialfrenchtoastsunday.com

“Terlalu banyak profesional muda yang berpikir bahwa untuk mendapatkan uang, maka kita harus mengeluarkan banyak uang,” tulis Gayatri, menanggapi bahwa banyak orang membeli pakaian kerja yang bagus dan mahal agar terlihat ‘wah’ dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian. “Kita lebih memilih untuk mengeluarkan banyak uang demi penampilan kita ketimbang mengeluarkan sedikit uang untuk membeli makanan.”

The Urban Poor, Tren Gaya Hidup di Kalangan Generasi Millennialpopsugar.com

Kalau kamu punya waktu luang, sempatkan untuk membaca tulisan inspiratif tersebut ya, Bela. Ngomong-ngomong, kamu termasuk anak muda yang mengikuti tren juga nggak, nih?

 

BACA JUGA: 5 Pekerjaan Ini Cocok Bagi Kamu yang Masih Bersikap 'Childish'