Tidur nggak sekadar mengistirahatkan diri dan mengisi energi tubuh untuk kembali beraktivitas keesokan harinya. Lebih dari itu, pola tidurmu dapat mengungkapkan banyak hal mengenai kepribadian yang kamu sembunyikan, Bela. Kebiasaan bangun pagi atau bangun siang, tidur pada posisi tertentu maupun pemilihan jam tidur, dapat menceritakan tentang dirimu sendiri pada orang lain. Melansir dari Elite Daily, ini jenis pola tidur dan makna kepribadian yang terungkap.

Bangun secara alami sebelum alarm bunyi

Sering Bangun Kesiangan Ternyata Ungkap Karaktermu Nihpexels.com

Jika mampu bangun sebelum alarm berbunyi, ini menandakan jika kamu adalah orang yang patuh pada jadwal. Masing-masing orang memiliki ritme sirkadian yang unik atau jam tidur alami yang diikuti tubuh. Seseorang yang sangat seirama dengan ritme sirkadiannya mampu bangun tanpa perlu bantuan nada dering yang memekikkan telinga. Namun, para ahli mengatakan jika pola tidur ini belum tentu menandakan kamu seorang morning person. Boleh jadi, kamu memiliki rutinitas teratur yang tubuh dapat ikuti.

Bangun sangat pagi

Sering Bangun Kesiangan Ternyata Ungkap Karaktermu Nihpexels.com

Orang-orang yang dapat bangun pagi untuk bisa menikmati udara dini hari yang segar, menyantap sarapan lezat, dan nggak terburu-buru berangkat ke kantir, memiliki kepribadian yang penuh motivasi dan siap menghadapi tantangan dengan semangat tinggi. Kebiasaan bangun pagi juga menandakan sosok yang teroganisir, dan memahami makna perencanaan matang dalam menempa jalan hidup maupun karier. Selain itu, orang yang dapat bangun pagi umumnya merasa bahagia sepanjang haru dan cenderung memiliki pandangan positif.

Jika selalu bangun telat karena sulit tidur

Sering Bangun Kesiangan Ternyata Ungkap Karaktermu Nihpexels.com

Bangun telat nggak selalu menandakan kalau kamu adalah sosok night owl. Boleh jadi, kamu memang sulit tidur. Bukannya berusaha untuk memejamkan mata, kamu memili merebahkan tubuh dan melihat medial sosial, atau menonton drama yang kamu lewatkan. Kalau ini alasan keterlambatan bangun, boleh jadi kamu memang nggak tertarik untuk beristirahat atau menyimpan kecemasan terhadap hari esok yang nggak ingin kamu hadapi. Bukannya berusaha untuk tidur.

Jika bangun telat karena bekerja di malam hari

Sering Bangun Kesiangan Ternyata Ungkap Karaktermu Nihpexels.com

Ada istilah night owl, yaitu seseorang yang terjaga di malam hari karena ia merasa lebih bersemangat untuk bekerja atau melakukan aktivitasnya saat malam datang. Karena alasan ini, ia pun jadi sering bangun telat. Namun berbeda dengan orang yang sulit tidur, night owl adalah sosok yang produktif dan kreatif. Juga, dirinya senang menghabiskan waktu di siang hari dengan menulis atau mengatur sesuatu.

Jika selalu menekan tombol snooze

Sering Bangun Kesiangan Ternyata Ungkap Karaktermu Nihpexels.com

Jujur saja, siapa yang sering menekan tombol snooze karena ingin tidur lebih lama lagi? Kebiasaan tidur ini bukan menandakan kalau kamu adalah night owl, bukan pula morning person. Ini dapat diartikan kalau kamu sangat menyukai kasumu dan terlalu nyaman untuk bangun tidur. Berbeda dengan orang yang suka bangun pagi, kamu yang sering menekan tombol snooze cenderung kurang terorganisir, namun sangat kreatif. Kamu pun orang yang penuh perhatian. Sayangnya, pola tidur seperti ini dapat menumbuhkan kebiasaan bangun telat, Bela.

Mana yang menjadi pola atau kebiasaan tidurmu, Bela? Apa kepribadian yang terungkap sama seperti dirimu sendiri?

Baca Juga: Ternyata, Ini Jam Terbaik untuk Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahu