Meski sudah ada media sosial atau platform digital spesial untuk mengunggah berbagai foto, akan terasa sia-sia jika nggak memajangnya di rumahmu sendiri. Sebab setiap gambar memiliki makna dan cerita tersendiri di baliknya, dan internet nggak pernah berjanji untuk menyimpan fotomu dengan aman, bahkan dengan resolusi maupun ketajaman yang sama. Jadi, mengapa nggak memasangnya di ruanganmu sendiri?

Menaruhnya di dalam bingkai dan memajangnya di tengah-tengah dinding adalah cara yang sudah biasa. Maka melansir dari Cosmopolitan, ada cara unik yang bisa kamu coba untuk memajang fotomu. Hitung-hitung sebagai hiasan!

1. Menata secara teratur dalam satu area

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Iniwww.ALLYSUNWONDERLAND.com

Punya satu area dinding yang kosong, nggak memiliki hiasan atau pajangan yang tertempel di area itu? Kamu bisa menjadikannya sebagai wall frame spesial untuk foto-fotomu. Kamu bisa menggunakan bingkai dengan ukuran panjang yang sesuai seperti dinding itu, kemudian menempelkan semua foto di situ.

2. Menggantungnya secara vertikal

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Inithesweetestoccasion.com

Cetak foto menggunakan bahan kertas yang lebih tebal. Sisakan sedikit bagian pada ujung atas dan bawah untuk membuat lubang. Kemudian, sisipkan benang wol yang tebal, atau kawat tak terpakai, atau kabel bekas, ke dalam lubang kertas dan menyatukan beberapa foto dalam satu untaian tali. Terakhir, gantungkan di dinding. Voila! Jadi hiasan yang lucu, 'kan?

3. Memasukkannya ke dalam toples bening

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Inilivesimplybyannie.com

Punya toples kaca bening yang nggak terpakai? Selain menjadi wadah untuk menyimpan snack, ini bisa menjadi medium untuk memajang foto, lho! Cetak foto sesuai dengan ukuran toples. Kemudian masukkan foto itu ke dalamnya. Untuk menambah nuansa nostalgia, masukkan lampu kecil ke dalam toples sehingga foto jadi bersinar. Memandang pajangan ini, kamu akan mengenang masa lalu mu.

4. Menatanya di pojok ruangan

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Iniclickitupanotch.com

Pojok ruangan jadi tempat yang pas untuk memajang foto dengan cara keren! Atur letak foto-foto hingga menyerupai bentuk tertentu, seperti lambang hati pada gambar di atas. Dijamin, pojok ruangan akan jadi lebih 'hidup' dan teman-temanmu akan kagum dengan hasil karyamu.

5. Menggantungnya dengan lampu untai

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Initatertotsandjello.com

Punya lampu untai seperti yang terlihat di Pinterest dan Tumblr? Kamu bisa menggunakannya sebagai alat untuk memajang fotomu. Jika kebanyakan fotomu tercetak pada kertas instax, akan jadi lebih keren, Bela. Ketika malam, kamu bisa mematikan lampu utama dan menyalakan lampu untai itu, kemudian foto-foto kenangan itu bersinar dan menemanimu ke alam mimpi dengan tenang.

6. Menggunakan lakban sebagai bingkai

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Inifollowthecolours.com.br

Nggak punya banyak bingkai untuk memasang foto di dinding? Cukup dengan lakban dengan warna lucu atau desain yang menggemaskan, itu bisa menjadi pengganti bingkai kayu biasamu. Keliling foto dengan lakban, mengesankan kalau gambar itu memiliki frame di sekitarnya.

7. Menggantungnya dengan hanger lucu

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Inipinterest.com/abeautifulmess_

Pernah berpikir menggantung foto dengan hanger baju? Namun, hindari hanger yang umumnya dipakai untuk menggantung baju karena itu terlihat kurang cocok, kurang keren. Cari gantungan dengan desain unik, dan gunakan itu untuk memajang gambarmu di dalam ruangan.

8. Menggantungnya dengan penjepit kertas

Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Iniorganizeyourstuffnow.com

Benang wol dan penjepit kertas yang lucu, dua alat itu bisa kamu gunakan untuk memajang foto di ruangan. Untuk menempelkan tali ke dinding, kamu bisa menggunakan lakban bening! Atau kamu bisa memajangnya dengan cara sederhana seperti foto di atas.

Selain foto, kamu bisa memajang desain karyamu sendiri menggunakan cara-cara di atas. Yuk! Jangan sampai foto-foto itu hanya terpajang di media sosial dan kamu nggak memiliki bukti fisik yang bisa selalu dilihat dalam rumahmu sendiri.

BACA JUGA: DIY Mudah Embroidery Sepatu Mules yang Bikin Penampilanmu Lebih Trendi​