Siapa yang nggak kenal dengan BTS? Benar, mereka adalah grup boyband asal Korea Selatan yang sukses merajai tangga lagu dunia dan dicintai banyak penggemar dari seluruh negara. BTS atau yang merupakan singkatan dari Bangtan Sonyeondan, atau yang juga dikenal dengan nama Bangtan Boys, berhasil menjadi global superstar K-Pop terbesar hanya dalam kurun enam tahun sejak memulai debut tahun 2013 silam. 

Namun, apa alasan yang membuat grup berisikan tujuh lelaki Asia penuh talenta ini bisa jadi sukses besar seperti sekarang? Melansir dari Koreaboo, ini alasan yang membuat BTS menjadi superstar Global seperti sekarang.

1. Bebas Skandal Kencan

Hanya dalam Waktu 6 Tahun, Ini 6 Alasan di Balik Kesuksesan BTSInstagram.com/bts.bighitofical

Untuk idol K-Pop, gosip berkencan sangat sulit untuk dihindari, terutama ketika fan base-nya sedang berkembang. Nggak hanya gosip berkencan yang dapat menempatkan reputasi idol menjadi kritis, tetapi juga kontroversi atau skandal secara umum dapat berdampak pada ketenaran mereka. BTS merupakan salah satu grup yang bebas dari skandal berkencan dan bebas dari skandal umum lainnya. Tujuh anggota BTS semua mendedikasikan dirinya untuk bekerja keras dan selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam berkarier. Banyak wartawan yang menanyakan tentang kehidupan cinta para anggota BTS, dan RM selalu menjawab kalau mereka memiliki ARMY (nama fan base BTS), dan merasa kalau ARMY adalah pacar mereka. Aw!

2. BTS Memproduksi Lagu Mereka Sendiri

Hanya dalam Waktu 6 Tahun, Ini 6 Alasan di Balik Kesuksesan BTSInstagram.com/bts.bighitofical

Produser Bang Shi Hyuk menyadari ketika menyatukan 7 orang berbeda ini dalam sebuah grup idol, mereka berhak menjadi seniman dan mendapatkan kesempatan untuk membagikan karya musik yang jenius ini pada dunia. Karena itu, berbeda dari kebanyakan grup K-Pop lainnya, anggota BTS turut berpartisipasi dalam produksi album mereka sendiri. RM atau Kim Nam-joon selaku leader BTS selalu terlibat dalam produksi lagu, baik itu untuk grup atau untuk solonya. Suga atau Min Yoon-gi yang terkenal sebagai produser jenius juga berperan penting dalam produksi lagu-lagu BTS. J-Hope atau Jung Ho-seok juga terlibat dalam membuat koreografi untuk lagu-lagu mereka.

Ketiganya yang merupakan Rapline BTS telah merilis album solo atau Mixtape-nya masing-masing, menunjukkan kalau mereka bukan sekadar laki-laki tampan yang bisa bernyanyi. Tetapi mereka, jugavocal line, berbakat penuh dalam bernyanyii, menari, dan memproduksi lagu mereka sendiri. Ini yang membuat lagu-lagu BTS memiliki sentuhan unik, berbeda, dan menyentuh hati para pendengarnnya.

3. Multitalenta

Hanya dalam Waktu 6 Tahun, Ini 6 Alasan di Balik Kesuksesan BTSInstagram.com/bighit_ent

Umumnya dalam grup idol K-Pop, para anggota terbagi dalam beberapa grup tertentu. Misalnya, ada visual line yang terdiri dari anggota dengan wajah terbaik, vocal line yang terdiri para anggota yang bernyanyi, rapline yang terdiri dari anggota yang berperan sebagai rapper, dan sebagainya. BTS, dalam hal ini, semua anggotanya masuk dalam semua bagian. Semua anggotanya memiliki wajah yang tampan, dapat bernyanyi, dapat nge-rap, dan dapat menari. Semua anggota (Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jung-kook) bisa segalanya yang penggemarnya inginkan!

4. BTS Menjaga Hubungan Baik dengan Penggemarnya

Hanya dalam Waktu 6 Tahun, Ini 6 Alasan di Balik Kesuksesan BTSInstagram.com/bighit_ent

Fans atau penggemar merupakan faktor penting dalam kesuksesan musisi. Namun terkadang, kehadiran penggemar sering kali dilupakan. Beda dengan BTS. Sama seperti para ARMY yang selalu menempatkan BTS sebagai prioritas mereka, BTS pun melakukan hal yang sama. BTS selalu mencoba berkomunikasi dengan penggemarnya. Para anggotanya aktif di media sosial Twitter untuk menjangkau para ARMY di seluruh dunia.

Setelah memenangkan penghargaan Billboard, para anggota BTS menunda pesta demi berkomunikasi dengan para penggemarnya secara live dan merayakan kemenangan ini bersama ARMY. Kesetiaan kuat yang trjalin antara BTS dan ARMY ini membawa grup sukses di dunia. Tanpa penggemarnya, nggak ada grup K-Pop yang dapat eksis. BTS mengerti hal ini dapat berusaha membuat ARMY selalu bahagia.

5. BTS Mengudara di Luar Korea Selatan

Hanya dalam Waktu 6 Tahun, Ini 6 Alasan di Balik Kesuksesan BTSInstagram.com/bighit_ent/

Selain tampil di tayangan dalam negeri, BTS mengepakkan sayapnya dengan tampil di beberapa acara di luar negeri. RM selaku leader yang dapat berbicara bahasa Inggris secara fasih membuat wawancara dalam beberapa acara menjadi lebih mudah. Bahkan karena sudah terkenal secara mendunia, banyak anggota BTS lainnya yang mulai belajar bahasa asing, seperti Jungkook.

Lebih jauh lagi, para anggota BTS sangat menghibur para penonton. Misalnya pada penampilan mereka di tayangan Ellen Show dan Late Late Show with James Corden, ketujuh anggota ini menunjukkan sikap yang menghibur bahkan berinteraksi dengan penggemarnya walaupun saat itu sedang nggak melakukan promosi album. Juga dengan tampil di acara televisi luar negeri dan menunjukkan betapa menyenangkannya BTS, ketujuh anggota BTS menarik perhatian masyarakat dunia yang mungkin belum mengenal mereka sepenuhnya. Ini membuat non-fans menjadi fans baru.

6. BTS Membuat Banyak Konten

Hanya dalam Waktu 6 Tahun, Ini 6 Alasan di Balik Kesuksesan BTSInstagram.com/bighit_ent

Coba cari 'BTS' di Youtube dan kamu akan menemukan banyak konten asli yang mereka produksi sendiri. Mulai dari video musik, video behind-the-scenes, sampai video games yang mereka lakukan untuk menghibur para penggemarnnya. Belum lagi video teaser yang menimbulkan banyak teori-teori tentang cerita yang terangkai dalam setiap album. Dengan satu video yang terhubun dengan video lainnya, konten dari BTS dapat membuat ARMY terhibur serta semakin jatuh hati dengan mereka. Bahkan, BTS juga menyisipkan terjemahan bahasa asing sehingga penggemar dari luar Korea dapat memahami perbincangan yang mereka lakukan.

Itulah enam alasan yang membuat BTS sukses sejak debut 2013 silam. Kamu adalah salah satu ARMY yang jatuh cinta pada BTS? Coba tambahkan lagi alasan versi kamu yang membuat BTS ini menjadi sukses dan terkenal di dunia!

Baca Juga: 6 Fakta Kisah Asmara Jungkook 'BTS' yang Jarang Diketahui