Banyak cara bagi umat muslim untuk melimpahkan rahmah atau kasih sayang kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah membacakan salawat dalam dzikir setelah selesai salat.

Salawat Jibril bisa menjadi salah satu amalan yang bermakna permohonan doa kepada Allah. Tak hanya itu saja, amalan salawat Jibril bertujuan agar Nabi Muhammad memberikan syafaat atau perlindungan kepada orang tersebut di hari kiamat kelak. 

Umat muslim dianjurkan untuk selalu mengamalkan salawat Jibril agar mendapat keberkahan, baik dari segi rezeki atau kesehatan serta perlindungan di dunia.

Allah SWT juga memerintahkan kepada umat muslim agar senantiasa melantunkan Salawat Jibril kepada Nabi Muhammad. Bahkan Allah dan malaikat pun ikut bersalawat kepada Nabi Muhammad.
 

Perintah tersebut tertuang dalam Alquran Surah Al Ahzab ayat 56 sebagai berikut.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallaha wa mala`ikatahu yusalluna 'alan-nabiyy, yaa ayyuhallazina aamanu sallụ 'alaihi wa sallimụ taslimaa

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Lafaz dan arti salawat Jibril

Rezeki Lancar, Ini Bacaan dan Manfaat Salawat JibrilAlonesia

Salawat Jibril turun ketika malaikat Jibril mengucapkan salawat ini saat memberikan pengajaran kepada Nabi Adam AS. Banyak mamfaat dan keutamaan salawat Jibril jika dilamalkan dalam keseharian.

Salawat Jibril memiliki bacaan yang pendek dan mudah dihafalkan, sehingga salawat ini bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bacaan salawat Jibril dapat menambah pahala dan meningkatkan iman serta takwa kepada Allah. Selain itu, amalan salawat Jibril juga dapat memperlancar rezeki.

Dikenal sebagai salawat penarik rezeki, Salawat Jibril sangat mudah diucapkan dan diamalkan.

Mengutip Buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat yang ditulis oleh M. Syukron Maksum, berikut adalah lafal salawat Jibril besera lafal latin dan artinya.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallahu ‘ala Muhammad.

Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmatNya kepada Nabi Muhammad."

Cara mengamalkan salawat Jibril

Rezeki Lancar, Ini Bacaan dan Manfaat Salawat Jibrilpexels.com/Anastasia Shuraeva

Memiliki bacaan yang pendek dan mudah diingat, para ulama menyarankan untuk mengamalkan bacaan salawat Jibril sebanyak 1.000 kali setelah salat magrib. Namun, kamu juga bisa mengamalkannya kapan saja dan di mana saja. Kamu juga dapat mengamalkan aalawat Jibril dalam kehidupan sehari-hari, misal ketika dalam perjalan.

Tetapi, ada pula ulama yang menyebutkan bahwa bacaan salawat Jibril juga bisa dibaca sebanyak 100 kali saja selesai salat magrib.

Kamu pun bisa mengamalkan salawat ini lebih dari 1000 kali. Beberapa ulama juga menganjurkan mengamalkan salawat Jibril sebanyak 3.333 kali, 7.000 kali, hingga 10.000 kali setiap hari. Semakin banyak mengamalkan salawat, maka semakin berlimpah pula manfaat, rezeki, dan kebaikan bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Manfaat salawat Jibril dalam kehidupan sehari-hari

Rezeki Lancar, Ini Bacaan dan Manfaat Salawat Jibrilpexels.com/Pavel Danilyuk

Selain memperlancar rezeki, banyak sekali manfaat yang dirasakan ketika kamu mengamalkan salawat Jibril ini setiap harinya.

Mengutip Buku Rahasia Sehat Berkah Shalawat yang ditulis oleh M. Syukron Maksum, ada beberapa manfaat mengamalkan Salawat Jibril sebagai dzikir harian:
 

  • ‌Dibukakan 70 pintu rahmat. Sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah SAW, “
    Barang siapa membaca salawat ini maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya dan Allah menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya", (HR Imam Sya’roni).
  • ‌Konon, siapapun yang mengamalkan Salawat ini secara konsisten dan ikhlas, dipercaya bisa bermimpi bertemu dan melihat Nabi Muhammad SAW. Hal itu diriwayatkan dari As-Sakhawi, berikut kisahnya: "
Ada seorang laki-laki dari Syiria menghadap Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan bahwa ayahya telah tua renta nan buta. Meski begitu, ia ingin melihat Nabi. Lalu disarankan untuk membaca shalawat Jibril. Kemudian, ia melantunkan salawat tersebut sebagai dzikir. Akhirnya, ia dapat melihat Rasul dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadis dari beliau".
  • Salawat Jibril terkenal ampuh dalam melancarkan rezeki. Dianjurkan untuk mengamalkan membaca istighfar sebanyak 100 kali dan membaca salawat Jibril sebanyak 500 kali pada waktu pagi dan petang. Jika diamalkan secara rutin, Insyaallah, rezeki akan selalu lancar dan diberkahi.
  • Mengutip Buku 33 Salawat oleh M. Ramli Husein Khalil, siapa pun yang mengamalkan salawat Jibril, maka dihapuskan kejelekannya dan diangkat derajatnya. Nabi Muhammad bersabda dalam hadist berikut: "Barangsiapa bersalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, menghapuskan sepuluh kejelekan darinya, dan mengangkat derajatnya."
  • Siapa pun yang rutin mengamalkan salawat Jibril, maka akan dicinta Allah SWT dan Rasullah SAW. Rasulullah SAW bersabda: "Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan salawat ke atas Muhammad”, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah SWT mencintainya".

Itulah pengertian, manfaat, dan lafaz salawat Jibril yang bisa kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain singkat dan mudah dilafalkan, salawat Jibril juga mendatangkan manfaat dan keberkahan bagi siapa pun yang mengamalkannya.

Baca Juga: Salawat Nariyah Ampuh Hilangkan Kesedihan, Ini Bacaan & Keutamaannya

Baca Juga: Bikin Pahala Mengalir, Ini 5 Bacaan Salawat Nabi dan Artinya

Baca Juga: Supaya Dapat Rezeki yang Berkah, Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah