Apa kamu sudah memasukkan kondisi keuangan yang lebih baik dalam resolusi tahun 2019 ini, Bela? Jika belum, sekarang pun belum terlambat kok untuk memasukkan dan membuat perencanaannya. Dengan perencanaan yang baik, manajemen keuanganmu tentu akan lebih baik juga.

Apalagi jika kamu sudah berumah tangga, perencanaan yang matang tentu akan berguna. Target pembelian barang impian akan lebih cepat, dana untuk anak-anak pun akan lebih terjamin. Dan satu hal yang tak boleh dilupakan, yakni dana darurat. Ini dia resolusi keuangan yang bisa kamu terapkan di tahun babi tanah ini.

Membuat anggaran

5 Resolusi Tahun Baru dalam Hal Penghematan yang Mudah Diterapkanpexels.com/ rawpixel.com

Ambil kalkulator dan hitung kebutuhan pengeluaran bulananmu, kalau bisa sesuaikan dengan inflasi yang terjadi ya. Agar tak lupa, kamu bisa mencatatnya di sebuah spreadsheet atau malah sebuah buku. Anggaran ini bukan termasuk pengeluaran saja, tapi juga tabungan dan pembayaran berbagai cicilan.

Kurangi langganan bulanan yang tak perlu

5 Resolusi Tahun Baru dalam Hal Penghematan yang Mudah Diterapkanpexels.com/Pixabay

Zaman sekarang banyak sekali langganan-langganan digital menarik untuk anak muda. Dengan harga kisaran Rp50 ribu untuk musik atau Rp100 ribu untuk streaming film misalnya. Ada juga beragam membership yang cukup menguras uang. Mungkin harganya memang tidak mahal, tapi kalau kamu langganan terlalu banyak, pengeluaran juga akan membengkak.

Prioritaskan bayar utang kartu kredit

5 Resolusi Tahun Baru dalam Hal Penghematan yang Mudah Diterapkanpexels.com/rawpixel.com

Utang kartu kredit akan menguras pemasukan yang kamu dapat lewat kerja keras. Belum lagi jika ada masalah credit score jika kamu tidak disiplin dalam membayar. Mulai tahun ini, berkomitmenlah pada dirimu sendiri untuk membatasi pemakaian kartu kredit dengan rasio pemakaian 10 persen. Otomatis, utang kreditmu akan berkurang.

Menabung setiap hari

5 Resolusi Tahun Baru dalam Hal Penghematan yang Mudah Diterapkanpexels.com/Skitterphoto

Kalau di tahun sebelumnya kamu merasa masih sangat sulit untuk menyisihkan sedikit uang di tabungan, maka tahun ini tantanglah dirimu untuk lebih konsisten lagi dalam menabung. Tetapkan dan sepakati tentang berapa jumlah nominal yang harus kamu tabung setiap harinya. Tujuannya adalah agar keuanganmu lebih terkontrol, dan jika ada keperluan mendadak kamu bisa menggunakannya.

Tata ulang lemari pakaian

5 Resolusi Tahun Baru dalam Hal Penghematan yang Mudah Diterapkanpexels.com/Craig Adderley

Kalau tahun lalu kamu sudah banyak mengeluarkan uang untuk berbelanja keperluan fashion seperti pakaian, maka tahun ini kamu harus melakukan hal sebaliknya. Buka lemari pakaianmu dan tata ulang isinya, pilih baju-baju yang sudah tidak kamu gunakan namun masih layak dijual. Kamu bisa memanfaatkan toko online seperti Prelo, Carousell, BelanjaBekas untuk menjual pakaian lamamu.

5 Resolusi finansial di atas sangat mudah untuk kamu terapkan di tahun ini, Bela. Tertarik untuk mencoba? Semoga lancara hingga pergantian tahun selanjutnya ya!

Baca Juga: 5 Kondisi Finansial yang Menandakan Kamu Siap Punya Anak