Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Bisnis Low Tuck Kwong, Orang Terkaya Nomor 1 di Indonesia

Kalahkan kekayaan pribadi Hartono bersaudara

Zikra Mulia Irawati

Takhta orang terkaya di Indonesia kini dipegang Low Tuck Kwong. Mengutip data terbaru Forbes per 27 Desember, Raja Batu Bara ini mengantongi harta sebesar US$31,5 miliar. Jumlah ini lebih tinggi dari harta pribadi Hartono bersaudara, yaitu Robert Budi Hartono (US$22,3 miliar) dan Michael Hartono (US$21,5 miliar).

Lantas, bisnis apa saja yang dimiliki oleh Low Tuck Kwong hingga menjadikannya sebagai orang terkaya di Indonesia? Yuk, simak informasi yang sudah Popbela rangkum di bawah ini!

1. PT Bayan Resources, Tbk.

bayan.com.sg

Bayan Resources merupakan sumber kekayaan utama Low Tuck Kwong. Tahun ini, harga sahamnya mengalami peningkatan drastis sebesar 733,33%. Harga tertingginya pernah mencapai Rp24.325 per saham. Perusahaan batu bara ini melakukan sejumlah aktivitas, seperti menambang, mengolah, hingga mendistribusikannya.

2. Metis Energy

metisenergy.com

Low Tuck Kwong juga memiliki bisnis di bidang energi terbarukan. Perusahaan bernama Metis Energy tersebut memiliki kantor pusat di Singapura. Namun, target pasar utama mereka adalah Indonesia, Filipina, dan Bangladesh.

Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama Manhattan Resources. Pada 2021, mereka mengembangkan bisnis dengan mengakuisisi Athena Energy Holdings yang menjadi kunci pembaharuan energi di Asia dan Australia. Di tahun yang sama, Metis Energy juga membangun fasilitas atap solar dengan daya sebesar 26MW untuk menyokong kebutuhan listrik di Huafu Fashion, salah satu pabrik benang di Vietnam.

3. SEAX Global

seax.net

Bisnis lain yang juga diurus oleh Low Tuck Kwong adalah SEAX Global. Berbeda dari dua perusahaan sebelumnya, bisnis privat bergerak di bidang telekomunikasi. Mereka membangun sistem kabel bawah laut yang mendukung konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Baru-baru ini, mereka mengklaim lahan seluas 8.400 meter persegi di kawasan BSD Tangerang Selatan untuk membangun sebuah pusat data baru.

Fantastis, ya, Bela? Kira-kira ada lowongan kerja di salah satu perusahaannya nggak, ya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration