Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Perjuangan BTS Sebelum Terkenal, Pernah Terima Perlakuan Tak Adil

Sekarang mereka sudah mendunia #BTS10thAnniversary

Zikra Mulia Irawati

Tanggal 13 Juni 2023 menandai satu dekade RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook berkarya di bawah nama BTS. Dalam periode waktu yang tak sebentar ini, mereka telah mencapai banyak hal, termasuk kesuksesan global.

Namun, popularitas itu tak mereka dapatkan hanya dalam waktu semalam. Ada usaha yang penuh air mata di baliknya. Berikut Popbela rangkum 10 perjuangan BTS sebelum terkenal.

1. Tinggal di dorm sempit

Scmp.com

Melihat betapa nyamannya hunian pribadi member BTS saat ini, kamu mungkin tak percaya bahwa dahulu mereka bertujuh tinggal bersama di satu dorm yang sempit. Satu ruangan yang idealnya hanya untuk 1–2 orang, mereka bagi untuk tujuh orang, begitu pula kamar mandinya. Mereka menggunakan ruangan ini dari masa sebelum debut hingga 2016.

2. Minim fasilitas dari perusahaan

AllKpop

Bahkan untuk urusan makan, BTS harus mengirit di awal debutnya karena Big Hit Entertainment tak punya banyak dana. Ada cerita bahwa para member begitu senang saat salah satu staf memberi mereka semangkuk nasi. Mereka juga harus puas ketika membuat video musik dengan budget seadanya.

3. Berangkat manggung pakai mobil manajernya

Facebook.com/bangtan.official

Masih soal minimnya fasilitas perusahaan, BTS juga tak mendapatkan alat transportasi. Akhirnya, mereka harus menggunakan mobil manajer mereka untuk memenuhi jadwal dari panggung ke panggung.

4. Adakan pertunjukan gratis

Twitter.com/BTS_twt

Apakah kamu merasakan sulitnya nge-war tiket konser Suga beberapa waktu lalu, Bela? Jauh sebelum tiba di titik ini, BTS pernah mengadakan pertunjukan gratis agar orang-orang mau menyaksikan penampilan mereka yang masih berstatus rookie (pendatang baru). Ketujuh member bahkan membagikan sendiri selebaran undangannya.

5. Terima hinaan fisik

Koreaboo

Korea Selatan sudah lama terkenal dengan standar keindahan fisik yang ekstrem, terutama jika berkaitan dengan idol. BTS yang debut sebagai idol-rapper lantas tak luput dari sorotan. Karena tak memenuhi standar tersebut, hinaan fisik pun tak jarang mereka terima di berbagai komunitas internet.

6. Diremehkan di variety show

cafe.daum.net/BANGTAN

Sang maknae (anggota termuda) Jungkook punya cerita kurang mengenakkan saat membintangi variety show Flower Crew. Ia bermaksud baik untuk memberikan burger dan soda kepada sang tuan rumah acara. Namun, anggota acara tersebut justru menyebut burger pemberiannya seperti makanan sisa dan meminta idol bermarga Jeon itu untuk menyingkirkannya. Beberapa penggemar menyebut bahwa Jungkook terlihat seperti menahan air matanya saat acara berlangsung.

7. Tiba-tiba batal jadi lineup Busan One Asia Festival 2016

BTS menjadi salah satu lineup Busan One Asia Festival 2016. Namun, pihak penyelenggara secara tiba-tiba membatalkan kehadiran mereka di menit-menit terakhir. Karena sudah terlanjur datang, BTS akhirnya tampil di akhir acara. Hanya saja, penampilan mereka tak ditayangkan seperti penampil lainnya.

8. Dituduh melakukan sajaegi

Koreaboo

Sajaegi (사재기) merupakan istilah untuk agensi penyanyi/grup yang memanipulasi penjualan album agar bisa masuk chart. Hal ini biasa dituduhkan pada grup yang kurang populer, tetapi penjualan albumnya tiba-tiba meroket. 

Hal tersebut pernah terjadi pada EP 화양연화 The Most Beautiful Moment In Life Pt. 1 yang dirilis BTS pada 2015. Tahun itu, saingan mereka bisa dibilang cukup kuat, seperti BIGBANG, TVXQ, hingga SHINee. Bahkan ada satu momen ketika BTS mengungguli BIGBANG. Kecurigaan sajaegi pun muncul.

Pada akhirnya, tuduhan tersebut tak terbukti. BTS memang sukses dengan karyanya. EP tersebut memuat lagu "I Need U" yang membawa mereka memenangkan tropi acara musik mingguan untuk pertama kalinya.

9. Alami perlakuan buruk dari paparazi di Amerika

Koreaboo

Pada 2018, BTS melakukan photoshoot privat bersama Vogue. Sungguh disayangkan ada paparazi menyusup ke acara tersebut. Ia bahkan melontarkan perkataan buruk kepada grup pelantun "Dynamite" ini yang kala itu baru merintis popularitas internasionalnya.

"Kalian akan kehilangan semua penggemar Amerika kalian sebelum tiba di sini," katanya.

Namun, publik dibuat kagum akan reaksi tenang para member. Alih-alih membalas dengan perkataan yang sama buruknya, mereka justru mengucapkan terima kasih.

10. Hampir bubar karena lalui banyak kesulitan

Masih di tahun 2018, Jin membuat publik terkejut akan fakta bahwa BTS sempat hampir bubar. Hal ini pertama kali terungkap saat sang Worldwide Handsome menyampaikan pidato kemenangan di acara MAMA 2018.

Belakangan ini, baru terungkap bahwa tahun tersebut BTS bekerja begitu keras untuk mempromosikan "Fake Love". Jin membeberkan di menit ke-21 acara Suchwita bahwa mereka kala itu hanya libur 1,5 hari dalam sebulan. Tak dimungkiri, hal ini akhirnya membuat para member kelelahan secara fisik dan mental sehingga pernah terlintas pikiran untuk bubar.

Bersyukur banget pada akhirnya BTS memilih untuk bertahan dan tumbuh lebih kuat. Apa harapan kamu untuk mereka di hari jadi yang ke-10 ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration