Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Punya Kartu Kredit, Ini 6 Tips Menggunakannya dengan Cermat

Biar nggak boros

Tri Sintarini

Kini alat pembayaran semakin variatif mulai dari aplikasi sampai dengan yang konvensional yaitu kartu debit dan kartu kredit. Kamu lebih nyaman menggunakan yang mana? Karena perbedaan keduanya sangat jelas, kalau kartu debit akan memotong langsung dari saldo tabungan sedangkan kartu kredit merupakan kartu hutang. Maka jika memutuskan untuk memiliki kartu kredit penting banget untuk memahami bahwa setiap transaksi yang kita gunakan dengan kartu tersebut adalah hutang. 

Tentu kamu nggak mau sampai kebablasan bukan? Ini dia tujuh tips menggunakan kartu kredit dengan tepat. 

1. Pakai kartu kredit secara bijaksana

unsplash.com

Gunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan bukan untuk menfasilitasi keinginan. Misalnya kebutuhan darurat yang mendesak sehingga kamu harus rawat inap di rumah sakit, mobilmu harus segera masuk bengkel sampai dengan tagihan ponsel yang jatuh tempo sebelum gajian berikutnya. Sekali lagi karena kartu kredit merupakan hutang. gunakan dengan bijaksana dan pastikan pengeluaran tersebut sanggup kamu lunasi ya.

2. Tetap di bawah 30 persen dari total batas kredit

pexels.com

Saat mengajukan aplikasi kartu kredit tertentu kamu sudah mengetahui batas dan limit tertingginya. Jaga selalu skor kreditmu supaya tetap sehat dengan menjaga rasio pemanfaatan kredit di bawah 30 persen agar gampang kamu kontrol. 

3. Disiplin membayar tagihan

unsplash.com

Ada barang berarti ada kewajiban. Bayar tagihanmu setiap bulan, bahkan jika hanya pembayaran minimum yang kamu mampu. Karena mengabaikan tagihan pembayaran akan merugikanmu di kemudian hari seperti denda yang membuat pengeluaranmu akan semakin besar nantinya dan reputasi nama baikmu di bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Karena itu jangan mudah tergoda dengan promo-promo yang ada, ingat selalu tersebut bahwa kenikmatan sesaat itu hanya akan memperbanyak jumlah utangmu.

4. Teliti sebelum membayar tagihan setiap bulannya

unsplash.com

Periksa dan lakukan pengecekan dengan cermat sebelum membayar tagihan kartu kredit apakah sesuai dengan transaksimu. Biasanya hasil transaksi bulanan tersebut akan terekam di laporan tertulis. Nggak asyik kan kalau kamu membayar transaksi yang tidak dilakukan, maka telitilah sebelum membayar. 

5. Hindari tarik uang tunai melalui kartu kredit

pexels.com

Salah satu kemudahan yang ditawarkan lainnya ialah dapat menarik uang tunai dari ATM, seperti Debit Card hanya saja sebaiknya hindari hal tersebut karena penarikan tunai dari kartu kredit akan berbunga dan terkena charge sekitar 4 sampai 5 persen per bulannya.

6. Gunakan point rewards

pexels.com

Kartu kredit seringkali menawarkan gift card atau poin rewards, jadi meskipun kamu membayar bunga tetapi kamu tetap mendapatkan keuntungan berupa hadiah seperti uang tunai, poin sampai dengan diskon naik maskapai. Menguntungkan juga bukan?

7. Maksimal hanya mempunyai 2 kartu kredit

pexels.com

Sebelum memberikan aplikasi, perhatikan secara cermat penawaran kartu kredit dan pilih yang menguntungkan. Misalnya kartu kredit yang sering memberikan keringanan dan penawaran yang menarik bagimu pencinta traveling seperti akomodasi, pesawat dan lainnya, atau jika kamu suka nonton bisa memilih kartu kredit yang banyak memberikan penawaran tiket bioskop dengan harga yang murah. Makanya supaya tidak membebanimu sebaiknya gunakan paling banyak memiliki 2 kartu kredit saja jangan lebih karena hanya akan memperbesar potensi hutangmu.

Tetap bijaksana dalam penggunaan ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration