Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Ilustrasi Ini Ajak Kita Tidak Gampang Menilai Orang dari Tampilannya

Yuk, lebih bijaksana

Tri Sintarini

Jujur deh kita seringkali menilai orang lain hanya dengan melihat penampilannya saja. Kita hanya perlu beberapa menit untuk memberi label pada seseorang padahal pada kenyataannya kesan pertama kita seringkali salah. Sekedar mengingatkan sebaiknya kita hindari bersikap seperti karena setiap orang di seluruh dunia memiliki saat-saat bahagia dan sedih di dalam diri mereka. Dilansir dari Brightside 5 Ilustrasi karya Anastasiya Pavlova mencoba menggambarkannya apa yang pertama kali menjadi penilaian orang versus keadaan sesungguhnya.

1. Kesan Pertama: Pasangan yang Hanya Memikirkan Diri Mereka Sendiri

brightside.me

Faktanya: Sesungguhnya mereka tidak seperti itu, bahkan pasangan ini bersama-sama menabung dan menyusun rencana untuk membangun keluarga yang ideal. Prioritasnya apakah perlu membeli rumah baru, mengontrak rumah ketika keduanya bersiap dikaruniai seorang anak dan lainnya karena itulah yang menjadi perhatiannya. 

2. Kesan Pertama: Drug Addict

brightside.me

Faktanya: Kesan pertama perempuan berambut pink ini adalah anak punk yang tidak memiliki masa depan dan pecandu obat-obatan terlarang. Padahal kenyataannya ia merupakan pengacara sukses yang dikenal pandai dan berprestasi karena sering memenangkan kasus-kasus kliennya. Selain itu juga ia merupakan penyayang binatang dan rutin memberikan makanan kepada hewan-hewan liar yang ditemuinya. 

3. Kesan Pertama: Tidak Berbakat

brightside.me

Faktanya: Ketika anak laki-laki ini tampak canggung tak bisa menyelesaikan tugas matematikanya di papan tulis hal yang terlintas dipikiran kita, “Ah dia tidak pandai dan kesulitan menyelesaikannya,”  padahal sebenarnya eksakta bukanlah bidang yang ia kuasai. Ia sangat piawai melukis untuk menuangkan bakat seninya.

4. Kesan Pertama: Suka Menggoda

brightside.me

Faktanya: Hanya karena penampilannya yang seksi kita lantas bisa memberikan label ibu muda ini penggoda atau genit, padahal dibalik semua ia tak seperti itu. Disela-sela aktivitasnya sebagai Ibu tunggal setelah sang suami wafat karena sakit parah, ia harus berjuang untuk menghidupi, merawat dan memberikan pendidikan yang layak untuk anak semata wayangnya. 

5. Kesan Pertama: Tidak Cocok dengan Pekerjaannya

brightside.me

Faktanya: Reaksi ketika melihat seseorang asyik mengendarai sepeda menggunakan earphone sambil menyandang tas ranselnya, kita akan berprasangka “Apaan sih pekerjaaannya?”  Siapa sangka ia pekerja bank dan ternyata ia melakukan hal tersebut karena peduli akan lingkungan, ia tak ingin menyumbangkan polusi udara jika naik kendaraan. Bentuk kepedulian lainnya terhadap lingkungan ia menanam pohon-pohon baru di daerah yang membutuhkannya.

6. Kesan Pertama: Sexist

brightside.me

Faktanya: Sekilas kita akan melihat pria tersebut sebagai sosok laki-laki yang memikat, suka tebar pesona dan sempurna karena penampilannya yang metroseksual sehingga perempuan cantik pasti berlomba-lomba untuk mendekatinya. Tapi siapa yang tahu ternyata dibalik semua kesempurnaan penampilannya, lelaki tersebut menyimpan duka yang sangat mendalam. Ia harus kehilangan pasangan hidupnya di saat usia pernikahan mereka masih dini karena kecelakaan yang tidak disangka-sangka.

Yuk mulai ubah pola pikirmu dari sekarang!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration