Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Film yang Diperankan Donny Kesuma Sebelum Tutup Usia

Karya film Donny Kesuma selama 27 tahun berkarier

Nindi Widya Wati

Dunia hiburan Tanah Air kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya. Lantaran, kini berhembus kabar duka atas meninggalnya Donny Kesuma di usia 55 tahun, pada Selasa (19/03/2024). Kepergian Donny Kesuma, diketahui usai ia menjalani perawatan karena serangan jantung di RS Primaya Bekasi, Jawa Barat.

Kalau menengok sepak terjang karier laki-laki kelahiran 6 Juni 1968 ini, ia tersohor sebagai aktor, presenter, serta olahragawan Indonesia. Sosok bernama lengkap Donny Kesuma Hudayat tersebut, di olahraga sofbol Tanah Air dikenal sebagai atlet yang membawa tim sofbol Indonesia meraih emas di SEA Games 1997.

Sedangkan, saat menekuni dunia keratisan sejak 27 tahun silam, Donny Kesuma dikenal sebagai aktor yang membintangi cukup banyak serial televisi. Bahkan, bakat aktingnya membuat Donny Kesuma ditunjuk dalam penggarapan berbagai judul film Indonesia. Kalau ingi tahu filmografi Donny Kesuma, mari simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. Love and Edelweiss

Dok. Love and Edelweiss

Love and Edelweiss tercatat sebagai film pertama yang dimainkan Donny Kesuma, dengan memerankan karakter Hatta. Film karya sutradara Anto Tanjung ini, menjadi tayangan asli Indonesia yang rilis pada 22 April 2010. Film yang mengambil tema tentang kekerasan dalam rumah tangga ini, turut diperankan oleh artis Mike Muliadro, Meriam Be

2. X - The Last Moment

Dok. X The Last Moment

Makin melejitnya nama Donny Kesuma di dunia hiburan Indonesia, ternyata membuat laki-laki asal ini mendapat banyak tawaran bermain film. Salah satunya, saat ia bermain di film X - The Last Moment karya sutradara Bami Martianto, yang tayang pada tahun 2011. 

Bahkan, lewat film yang menceritakan kisah kelam pengguna narkoba ini, Donny Kesuma dapat peran sebagai seorang Ayah. Penulis Bani Ramadhan, menyandingkan Donny Kesuma bersama artis ternama seperti Mike Lucock dan Keith Foo.

3. Kawin Kontrak 3

Dok. Kawin Kontrak 3

Kemunculan Donny Kesuma di film layar lebar Tanah Air, ternyata terus berlanjut. Ia bahkan terlihat ikut dalam jajaran pemain film Kawin Kontrak 3, yang rilis pada 5 September 2013. Film drama di bawah naungan MVP Pictures ini, sutradara Awi Suryadi membuat Donny Kesuma berperan menjadi Pak Kentos yang sempat beradu akting dengan Gary Iskak dan Ferry Ardiansya, sebagai pemeran utama.

4. Kesurupan Setan

Dok. Istimewa

Berjalan di tahun 2014, terdapat perilisan dua film yang sama-sama menggandeng Donny Kesuma. Di antaranya terdapat film Kesurupan Setan, arahan sutradara Subakti yang bercerita tentang Ola (Rossa Idol), penderita sleep walking yang ditempatkan di sebuah villa yang ternyata dihuni oleh roh-roh jahat. Film yang cukup menonjolkan cerita persahabatan ini, ternyata juga diperankan oleh mendiang aktris Kiki Fatmala. 

5. My Idiot Brother

Dok. My Idiot Brother

Meski memerankan latar drama yang cukup berbeda, namun pendalaman karakter Donny Kesuma di film My Idiot Brother patut diacungi jempol. Lewat film drama karya sutradara Alyandra ini, Donny Kesuma berperan menjadi Papa Angel (Budi Setiawan). My Idiot Brother mengisahkan Angel (Adila Fitri), seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang tidak pernah bisa menerima keadaan kakaknya Hendra (Ali Mensan) yang terlahir dengan keterbelakangan mental. 

6. Doea Tanda Cinta

Dok. Doea Tanda Cinta

Nama Donny Kesuma dalam dunia aktor Indonesia, terlihat makin diperhitungkan. Apalagi, saat di tahun 2015 ia ditunjuk bermain dalam film Doea Tanda Cinta yang turut diperankan oleh aktor Fedi Nuril, Rendi Kjaernett, hingga Tio Pakusadewo. Film yang ditulis Hotnida Harahap ini, bercerita tentang perjalanan hidup perwira muda berprestasi yang awalnya dikenal bandel serta pemalas. 

7. The Real Parakang: Warisan Berdarah

Dok. The Real Parakang Warisan Berdarah

Film bergenre horor kembali coba diperankan Donny Kesuma pada tahun 2017. Kali ini, ia menjadi pemeran utama di film The Real Parakang: Warisan Berdarah sebagai sosok Bagas. Film karya sutradara Ibnu Agha ini, menceritakan Bagas (Donny Kesuma) memiliki ilmu hitam parakang yang membuat resah warga. Sang mertua, Rusman (Egi Fedly) yang tidak ingin ada korban jiwa lagi, terpaksa menghabisi nyawanya dengan cara menembak kepala Bagas. 

8. My Idiot Brother 2: Angel, Kami Semua Punya Mimpi

Dok. My Idiot Brother 2: Angel Kami Semua Punya Mimpi

Suksesnya perilisan My Idiot Brother, ternyata membuat film ini di tahun 2023 hadir kembali lewat sekuel, My Idiot Brother 2: Angel, Kami Semua Punya Mimpi. Donny Kesuma kali ini masih berperan sebagai Papa Angel. 

Ia harus menghadapi kenyataan kehilangan anak laki-lakinya, Hendra (Fico Fachriza). Serta, melihat hidup putrinya Angel (Cut Beby Tsabina), yang dibendung rasa bersalah karena perbuatan buruk kepada kakak laki-lakinya. 

9. Why Do You Love Me

Dok. Why Do You Love Me

Donny Kesuma di tahun 2023 juga ikut dalam penggarapan film Why Do You Love Me, yang disutradarai oleh Herwin Novianto. Film drama komedi ini, sebenarnya berasal dari film Belgia tahun 2011 arahan Geoffrey Enthoven, yang berjudul Hasta La Vista. 

Dalam cerita film Why Do You Love Me, terdapat tiga laki-laki berusia kepala dua yang memulai perjalanan ke Surabaya untuk mendapatkan pengalaman seksual pertama mereka. Ketiga pria tersebut bernama Danton (Jefri Nichol), Baskara (Adipati Dolken), serta Miko (Onadio Leonardo).

10. Mohon Doa Restu

Dok. Mohon Doa Restu

Melejitnya film Mohon Doa Restu yang dibintangi Jefri Nichol dan Syifa Hadju ini, juga turut menggandeng aktor Donny Kesuma. Film drama komedi yang disutradarai Ody C. Harahap ini, berhasil berlayar di bioskop Indonesia pada 26 Oktober 2023. Mohon Doa Restu bercerita tentang dua orang sahabat, yaitu Widi (Cut Mini) dan Ira (Sarah Sechan) yang ingin menjodohkan kedua anak mereka, meskipun punya banyak rintangan sulit. 

11. Buya Hamka Vol. III

Dok. Buya Hamka

Film Buya Hamka Vol. III yang masih menunggu waktu tayang di bioskop, ternyata kini harus menghadapi kepergian sang aktor, Donny Kesuma. Perilisan film Buya Hamka, menjadi film drama biografi yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan dibintangi oleh Vino Bastian sebagai Hamka. Film Buya Hamka memang lebih dulu menayangkan VOL. I dan VOL. II, yang menjadikannya sebagai salah satu film terlaris sepanjang masa di Indonesia. 

Itulah, 11 film yang sempat dibintangi Donny Kesuma, karyamu terkenang abadi dan selamat jalan. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration