Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

21 Film Hollywood yang Paling Banyak Meraup Keuntungan di Tahun 2022

'Top Gun: Maverick' mendulang lebih dari Rp22 triliun

Nindi Widya Wati

Minat masyarakat untuk menikmati sajian film makin meningkat tiap tahun. Berangkat dari hal tersebut membuat industri perfilman dunia, seperti Paramount Pictures, Universal Studios, Marvel Studios, dan beberapa rumah produksi lainnya menciptakan standar film yang berkualitas. Sehingga juga berharap bisa meraup keuntungan besar dalam tiap pembuatan film. 

Judul film yang banyak ditonton di layar bioskop, biasanya memiliki jalan cerita yang menarik ataupun memang menggandeng beberapa aktor dan aktris ternama Hollywood. Namun faktor lain yang berpengaruh juga mengenai branding dan pemilihan waktu tayang yang tepat, sehingga bisa menarik lebih banyak perhatian penonton. 

Tak perlu berlama-lama, Popbela telah merangkum 20 film hollywood yang paling banyak meraup keuntungan di tahun 2022. Selengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela!

1. Top Gun: Maverick

Setelah dikenal sebagai Pilot Angkatan Laut terbaik sepanjang sejarah, Pete 'Maverick' Mitchell (Tom Cruise) kembali mendapatkan posisi sejatinya di balik kokpit pesawat tempur. Namun tak disangka, Maverick diberi tugas untuk menjadi instruktur untuk 16 calon pilot Top Gun, agar menyisir pabrik uranium berbahaya milik negara pesaing. 

Penayangan film ini di layar bioskop cukup lama, berjarak hampir 35 tahun dari film pertamanya pada 1987. Namun, film yang disutradarai ini Joseph Kosinski menjadi perjalanan penuh nostalgia bagi para pencinta aksi Cruise sebagai pilot pesawat tempur. Top Gun: Maverick menjadi film box office dengan penjualan terbesar pada 2022, mencapai lebih dari Rp22,3 triliun. 

2. Jurassic World Dominion

Jurassic World Dominion berlatar setelah kejadian Fallen Kingdom (2018). Dalam film itu, dinosaurus telah lepas ke seluruh bagian Bumi dan hidup bersama manusia. Owen Grady (Chris Pratt) dan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) kembali membintangi film tersebut dengan mencoba hidup berdampingan dengan dinosaurus di tengah hutan belantara. 

Film ini hadir sebagai penutup trilogi Jurassic setelah film pertama rilis pada 2015 lalu dengan disutradarai Colin Trevorrow, sedangkan kursi produser diisi oleh Frank Marshall. Jurassic World Dominion sangat menarik perhatian publik, maka tak heran kalau ini menjadi film terlaris dengan mendulang Rp15,5 triliun.

3. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film yang dibintangi Benedict Cumberbatch sebagai Stephen Strange ini, menampilkan kisah lintas semesta dan upaya Doctor Strange menghadapi buah tindakannya di masa lalu. Film karya Sam Raimi akan menunjukkan berbagai kejadian aneh akibat pintu lintas semesta yang terbuka pasca kejadian di Spider-Man No Way Home. 

Menurut Raimi, sekuel ini akan mengajarkan sang penyihir untuk percaya orang lain, Doctor Strange in the Multiverse of Madness bakal mengubah sosok Doctor Strange. Sudah dikemas dalam cerita yang cukup apik, namun penayangan film ini dilarang oleh beberapa negara, karena diduga berunsur LGBT. Akan tetapi Marvel tetap bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari film ini dengan penghasilan Rp14,9 triliun.

4. Minions: The Rise of Gru

Hadir sebagai film animasi komedi yang menjadi prekuel dari Minions (2015), film ini sekaligus menjadi seri kelima dari waralaba Despicable Me. Minions: The Rise of Gru berlatar di era 1970-an, Gru yang masih berusia 12 tahun tak disangka menjadi buronan grup supervillain bernama Vicious 6. 

Sutradara Kyle Balda yang sempat menggarap Minions (2015) dan Despicable Me 3 (2017) juga dipercaya mengarahkan Minions: The Rise of Gru. Sementara itu, naskah film ini ditulis oleh Brian Lynch dan Matthew Fogel dengan mendapuk sejumlah aktor sebagai pengisi suara, seperti Pierre Coffin, Taraji P. Henson, Michelle Yeoh, RZA, hingga Jean-Claude Van Damme. Jadi film yang cukup laris di pasaran, membuat film ini meraup keuntungan Rp13,6 triliun.

5. Avatar: The Way of Water

Belum sampai dua pekan tayang di layar bioskop, film Avatar: The Way of Water kemarin tercatat meraup pendapatan sebesar Rp13,3 triliun dari penjualan tiket global. Sekuel karya sutradara James Cameron ini menghadirkan pengalaman sinematik dan emosional dengan keindahan bawah laut Pandora dalam durasi 3 jam 10 menit. 

Di tengah pendapatan Avatar: The Way of Water yang terus bertambah, James Cameron dan timnya pun masih disibukkan dengan proses syuting dua film lanjutannya. Mereka pun menjanjikan sesuatu yang lebih baik pada film tersebut, yakni visual efek (VFX).

6. The Batman

The Batman menjadi debut Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne, sosok di balik pahlawan super pemburu kriminal di Kota Gotham. Ini menjadi perjalanan Bruce Wayne tahun kedua sebagai pemburu kriminal yang kemunculannya ditakuti para penjahat, termasuk saat ia harus mencari pembunuh Walikota Gotham Don Mitchell Jr. 

Sebelum tayang pada 4 Maret 2022, film besutan sutradara Matt Reeves juga sempat alami penundaan tayang beberapa kali. Meski demikian, tak membuat penggemar melewatkan film berdurasi 2 jam 56 menit ini, bahkan munculnya The Batman bisa terbilang sukses dengan keuntungan lebih dari Rp12 triliun.

7. Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder menjadi saga keempat Thor sekaligus bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU) fase keempat. Film itu akan menampilkan Jane Foster (Natalie Portman) sebagai Mighty Thor, kemunculannya bergabung dengan Thor dalam sebuah tim untuk melindungi Bumi.

Film ini kembali digarap oleh Taika Waititi yang sebelumnya menyutradarai Thor: Ragnarok (2017). Setelah penantian panjang para penggemar, selama penayangan film ini berhasil mendulang Rp11,7 triliun.

8. The Battle at Lake Changjin II: Watergate Bridge

Film yang menghiasi perayaan Imlek ini berhasil di layar bioskop, dalam kurun waktu seminggu total box office yang terkumpul berjumlah Rp9,8 triliun. Dalam musim kedua ini menceritakan tentara Relawan Rakyat Tiongkok yang mendapat tugas baru di jembatan krusial bernama Jembatan Gerbang Air atau Watergate Bridge di rute mundur pasukan Amerika. 

Watergate Bridge menjadi sekuel dari The Battle at Lake Changjin yang yang dibintangi Jackson Yee dan Wu Jing dan disutradarai oleh Huang Jianxin. Sekuel ini juga didasarkan pada kisah nyata dari produser Yu Dong sebagai bentuk penghormatan bagi puluhan ribu tentara Tiongkok yang tewas semasa perang. 

9. Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

Hadir sebagai film ketiga dalam seri prekuel Harry Potter, Fantastic Beasts. Film ini mengisahkan petualangan Newt Scamander (Eddie Redmayne) yang terjebak dalam perang antara Albus Dumbledore (Jude Law) dan seorang penyihir jahat, Gellert Grindelwald (Mad Mikkelsen). 

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore diadaptasi dari skenario yang ditulis oleh JK Rowling dan Steve Kloves sebagai sekuel dari Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018). Terbilang sebagai salah satu film yang dinanti para penggemar, membuat film ini meraup keuntungan sebesar Rp6,3 triliun.

10. Sonic the Hedgehog 2

Sonic the Hedgehog 2 jadi film bergenre animasi, aksi, dan petualangan yang bercerita tentang kembalinya Dr. Robotnik (Jim Carrey) ke bumi dengan pasukan baru. Mereka bertujuan untuk mendapatkan Master Emerald dan bertarung dengan Sonic the Hedgehog si landak biru (Ben Schwart)

Sutradara Jeff Fowler kembali lagi dipercaya untuk mengarahkan sekuel film tentang si landak berkecepatan supersonik ini. Film berdurasi 122 menit ini dieksekusi dengan cukup bagus bahkan lebih baik dari yang pertama, maka tak heran kalau keuntungan film ini mencapai Rp6,2 triliun.

11. Uncharted

Uncharted merupakan adaptasi dari video gim PlayStation 3 Uncharted: Drake's Fortune yang dirilis 2007 silam. Menceritakan dua saudara kandung Nathan Drake (Tom Holland) dan Victor “Sully” Sullivan (Mark Wahlberg) yang ditangkap karena mencuri peta pertama yang dibuat setelah ekspedisi Magellan.

Film besutan sutradara Ruben Fleischer ini naskahnya ditulis langsung oleh Rafe Lee Judkins, Art Marcum, dan Matt Holloway. Cukup menarik minat banyak penonton karena mengambil lokasi syuting di Berlin, Spanyol dan Asia Tenggara. Terbilang jadi film laga yang cukup sukses dan berhasil mendulang Rp6,2 triliun.

12. Elvis

Drama musikal biografi ini mengemas perjalanan hidup sang legenda Elvis Presley selama di dunia hiburan, dari sudut pandang managernya Kolonel Tom Parker. Tak hanya mengangkat tentang kesukesan karier, film ini juga menyorot kontroversi yang pernah menimpa raja Rock and Roll ini.

Film yang dibintangi oleh Austin Butle dan disutradarai langsung oleh Baz Luhrmann mendapat begitu banyak sorotan dan pujian. Bahkan, meraup Rp4,3 triliun dan menjadi film biografi musik terlaris kedua sepanjang masa setelah film Bohemian Rhapsody.

13. The Bad Guys

Bercerita sebuah gang kejahatan yang tertangkap setelah bertahun-tahun lamanya diburu polisi. Akan peristiwa tersebut, akhirnya Mr. Wolf (Sam Rockwell) dan kawan-kawan membuat kesepakatan bahwa mereka akan menjadi orang baik sebagai imbalan kebebasan mereka.

The Bad Guys sebagai film animasi yang diangkat dari serial buku anak-anak terlaris karangan Aaron Blabey dengan judul serupa. Kalau melihat kesuksesan yang disutradarai oleh Pierre Perifel meraup keuntungan sekitar Rp3,8 triliun, cukup sukses seperti film pendahulunya Megamind (2010).

14. Lightyear

Ada kisah astronot muda Buzz Lightyear (Chris Evans sebagai pengisi suara) yang terdampar di planet namun di sisi lain tengah bermusuhan dengan komandan dan krunya. Dalam film ini mengemas dunia Buzz Lightyear secara tersendiri dengan tak melebarkan cerita seperti pada film Toy Story 4.

Film animasi ini disutradarai oleh Angus MacLane dalam debut penyutradaraannya dan diproduksi oleh Galyn Susman. Meski alami gagal tayang di beberapa negara termasuk Indonesia, namun Lightyears tetap mendulang keuntungan besar yaitu sekitar Rp3,5 triliun. 

15. Too Cool to Kill

Film bergenre komedi dan aksi ini diadaptasi dari film karya Koki Mitani yang berjudul The Magic Hour (2008). Bermula dari keinginan Wei Chenggong yang berusaha menjadi seorang aktor, namun nahas kali ini Wei justru mendapat peran dalam judul film yang menimbulkan banyak masalah. 

Too Cool To Kill sendiri menjadi film yang ditulis dan disutradarai oleh Xing Wenxiong dan tayang secara perdana di China pada 1 Februari lalu. Penggarapan film ini berhasil mendulang Rp3,4 triliun, tak hanya itu Too Cool To Kill sudah menyabet dua piala dari Udine Far East Film Festival dan berhasil masuk di daftar 10 besar Worldwide Box Office 2022

16. Nice View

Berkisah tentang pemuda berusia 20 tahun Jing Hao (Jackson Yee) yang hidup bersama adik perempuannya Jing Tong (Ha Lin) setiap hari harus bekerja keras untuk bertahan hidup. Apalagi, usai ibunya meninggal Jing Hao juga memiliki tanggung jawab untuk merawat sang adik yang menderita penyakit pernapasan.

Tak hanya menyuguhkan cerita yang apik, namun film ini juga didukung dengan sinematografi arahan Wang Boxue yang begitu ciamik. Bahkan, film yang diangkat dari kisah nyata ini mendapat review hampir 91 persen bagus dan berhasil meraup keuntungan sampai Rp3,3 triliun.

17. The Lost City

Ini menjadi film komedi yang berkisah tentang penyelamatan seorang novelis romantis bernama Loretta Sage (Sandra Bullock) karena diculik oleh miliuner bernama Abigail Fairfax (Daniel Radcliffe). Film berdurasi 112 menit ini digarap tahun 2022 dan disutradarai oleh Adam Nee dan Aaron Nee.  

Lokasi penggarapan film ini jadi satu hal yang menarik, karena dilakukan di wilayah Republik Dominika dengan keindahan hutan sekaligus lautnya. Atas kesuksesan film yang telah tayang secara global pada 25 Maret 2022 ini, berhasil mendulang keuntungan sebesar Rp2,9 triliun. 

18. Bullet Train

Wajah aktor Brad Pitt kali ini terlihat dalam film Bullet Train, ia memerankan diri sebagai pembunuh bayaran dengan sebutan Ladybug. Namun selama menjalankan aksinya, Ladybug menghadapi begitu banyak tantangan karena harus berhadapan dengan pembunuh bayaran lainnya.

Bullet Train sebenarnya diadaptasi dari novel Jepang karya Kotaro Isaka berjudul asli "Maria Beetle". Film yang disutradarai oleh David Leitch, mantan stunt-man yang beralih berprofesi sebagai sutradara ini melahirkan banyak film hits seperti DeadPool 2 dan spin-off dari seri Fast and Furious. Kalau pada film ini, David Leitch menghasilkan pundi-pundi sekitar Rp2,7 triliun.

19. Morbius

Jadi film Marvel yang cukup dinanti para penggemar, Morbius atau Morbius The Living Vampire diciptakan oleh Roy Thomas dan awalnya dirancang oleh Gil Kane. Ia pertama kali muncul sebagai penjahat Spider-Man di The Amazing Spider-Man #101 pada Oktober 1970. 

Morbius menjadi debut Jared Leto sebagai Dr. Michael Morbius seorang dokter dan ilmuwan genius yang kehidupannya berubah drastis setelah menjadi vampir. Film dengan keuntungan Rp2,5 triliun ini, disutradarai oleh Daniel Espinosa dengan naskah yang ditulis Matt Sazama dan Burk Sharpless.

20. The Black Phone

Daftar film genre thriller dan horor makin bertambah karena naiknya The Black Phone. Film ini diadaptasi dari cerita pendek karya Joe Hill (2004), tersohor karena membuat serial-killer yang punya peran sebagai sisi gelap dunia komik. 

Cerita berawal ketika Finney Shaw (Mason Thames) menjadi korban keenam dari seorang pembunuh berantai yang dijuluki “The Grabber”. Berlatar tahun 1970-an di pinggiran kota Colorado, membuat latar pengambilan cerita di setiap scene makin terkesan creepy. The Black Phone sendiri menjadi ajang reuni bagi penulis serta bintang Ethan Hawke dan berhasil mendulang keuntungan hingga Rp2,4 triliun.

21. Nope

Kisah hidup sebuah keluarga yang tinggal di pedalaman California, Amerika Serikat bisa kamu saksikan lewat film bertajuk Nope. Keluarga ini terdiri dari dua kakak beradik bernama OJ Haywood (Daniel Kaluuya) dan ayah OJ (Keith David). Tak disangka sejak tayang perdana pada 18 Juli 2022, film bergenre horor fiksi ilmiah neo-western ini telah meraup keuntungan hampir Rp2,3 triliun.

Nope jadi film besutan Jordan Haworth Peele, aktor, komedian sekaligus filmmaker yang dikenal dari penampilannya dalam film dan series televisi bergenre komedi ataupun horor. Nope menjadi salah satu film yang dinanti, karena jalan cerita yang apik dan menggunakan teknologi kamera IMAX. Hal itu dilakukan, salah satunya dalam rangka menyajikan gambar pesawat alien alias UFO. 

Beberapa judul film terbilang meraup keuntungan yang cukup fantastis, ya, Bela. Adakah film Hollywood favoritmu? Tulis lewat kolom komentar, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration