Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bersihkan Diri, Ini Pengertian Thaharah dan Cara Melaksanakannya

Sudah paham belum?

Niken Ari Prayitno

Bersuci atau membersihkan diri dari kotoran dan najis, diwajibkan dalam Islam. Allah SWT sangat suka dengan hamba-Nya yang bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Oleh karena itu, Allah SWT selalu mewajibkan umat-Nya untuk bersih dari kotoran dan najis saat akan beribadah.

Dalam Islam, thaharah adalah bersuci. Thaharah merupakan kewajiban, sebab salah satu syarat sah salat adalah bersih dari kotoran dan najis. Dalam Alquran, thaharah juga disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 6 yang berbunyi sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Maidah: 6)

Thaharah terbagi menjadi dua macam. Apa saja macam-macam thaharah dan bagaimana cara melaksanakannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Macam-macam Thaharah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, thaharah terbagi menjadi dua macam. Yakni thaharah ma'nawiyah dan thaharah hissiyah. Apa maknanya? Berikut penjelasannya.

1. Thaharah Ma'nawiyah

Unsplash.com/Ramin Labisheh

Pertama ada thaharah ma'nawiyah. Thaharah jenis ini bermakna membersihkan kotoran batin. Misalnya, iri, dengki, pernah berbuat dosa, dan penyakit hati lainnya.

Untuk membersihkan kotoran batin ini, kita harus melakukan taubatan nashuha. Yaitu tobat yang sungguh-sungguh. Saat melakukan tobat ini, kita harus meminta ampun kepada Allah SWT dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulanginya lagi.

2. Thaharah Hissiyah

Pexels.com/Pixabay

Jenis thaharah yang kedua adalah thaharah hissiyah. Yaitu menyucikan diri dari kotoran dan najis yang menempel di tubuh. Kamu bisa membersihkan kotoran dan najis dengan beragam cara. Mulai dari mandi, wudu, hingga membasuh kotoran hingga bersih.

Tata cara thaharah

Bagaimana tata cara thaharah untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan najis? Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan, yakni mandi wajib, berwudhu dan tayamum. Jika kamu masih bingung, kamu bisa memahaminya lewat penjelasan berikut ini.

1. Mandi wajib

Pexels.com/Armin Rimoldi

Mandi wajib dalam istilah thaharah berarti membasuk tubuh dengan air mengalir, dari ujung rambut hingga kaki. Namun, bukan seperti mandi pada umumnya, mandi wajib harus diawali dengan membaca niat sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla liraf'il-hadatsil-akbari fardhal lillaahi ta'aala."

Artinya: "Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta'ala."

Setelah membaca niat tersebut tata cara selanjutnya untuk mandi wajib adalah sebagai berikut.

  1. Membaca niat
  2. Membersihkan kedua tangan 3x
  3. Membersihkan bagian tubuh yang kotor dengan tangan kiri
  4. Mengulang mencuci tangan
  5. Berwudhu beserta niat wudhu
  6. Membasuh kepala 3x sampai ke pangkal rambut
  7. Memisah-misah rambut dengan jari
  8. Mengguyur seluruh tubuh
  9. Memberi sabun dan shampo 

2. Wudu

Pexels.com/Anna Shvets

Jika mandi wajib dilakukan untuk menghilangkan hadas besar, maka berwudu kita lakukan untuk menghilangkan hadas kecil. Wudu menjadi salah satu hal yang wajib kita lakukan sebelum melaksanakan ibadah, terutama sebelum salat. Sebab, salah satu syarat wajib salat adalah bersih dari hadas besar maupun kecil.

Ketika akan melakukan wudu, niat yang wajib dibaca adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًاِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul wudhuu'a liraf'il-hadatsil-ashghari fardhal lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat berwudu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah."

Selain wajib membaca niat, wudu dianggap sah apabila mengikuti enam rukun wudu berikut ini.

  1. Membaca niat
  2. Membasuh muka
  3. Membasuh tangan hingga siku
  4. Mengusap sebagian kecil kepala
  5. Membasuk kaki hingga mata kaki
  6. Tertib

3 Tayamum

Pexels.com/Jose Aragones

Terakhir, tata cara thaharah selanjutnya adalah tayamum. Tayamum merupakan cara berwudu apabila di sekitar kita sulit ditemukan air bersih untuk bersuci. Allah SWT mempermudah kita untuk bersuci di kondisi sulit air dengan memanfaatkan debu, atau tanah yang suci.

Ada pun bacaan niat tayamum adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitut tayammuma lisstibaahatishsholaati fardhol lillaahi taala."

Artinya: "Saya niat tayamum agar diperbolehkan melakukan fardu karena Allah."

Setelah mengetahui niat tayamun, berikut tata cara tayamum yang dapat kita lakukan. 

  1. Siapkan debu yang bersih
  2. Menghadap kiblat
  3. Membaca niat
  4. Usapkan kedua telapak tangan ke seluruh wajah
  5. Telapak tangan menyentuh debu
  6. Telapak tangan menyentuh lengan hingga siku
  7. Mengusapkan kedua telapak tangan
  8. Membaca doa bersuci

Itulah tadi pengertian thaharah, macam-macamnya, serta tata caranya. Semoga dengan mengetahui hal ini, tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menjaga kebersihan, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration