Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal 6 Tema Mahakarya dari Pameran Digital 'Magister Raffaello'

Persembahan Kedutaan Besar Italia di Jakarta

Niken Ari Prayitno

Kamis, 24 Februari 2022 lalu, HE Benedetto Latteri selaku Duta Besar Italia untuk Republik Indonesia meresmikan pembukaan Magister Raffaello, sebuah pameran seni video yang bertempat di Ciputra Artpreneur Gallery, Jakarta.

Dipersembahkan oleh Magister Art dan dikuratori oleh Arch. Claudio Strinati, seorang pakar seni, lukisan, dan patung era Renaissance, pameran ini menampilkan sejumlah mahakarya Maestro Raphael dan akan dibuka untuk umum mulai tanggal 25 Februari hingga 31 Maret 2022.

Pameran ini terbagi dalam enam tema yaitu Intro-Identity, Inhabiting Spaces, Finding Balance, Portraits: Sacred and Profane Subjects, The Papal Apartments, dan Utopia and Power.

Para pecinta seni Indonesia dapat menikmati keindahan lebih dari 50 karya yang dibuat oleh Raphael yang terbagi dalam enam tema. Dalam pameran ini, pengunjung dapat memahami makna kehidupan dan karya seni Raphael serta menjelajahi ruang kerja, berbagai tempat yang dikunjungi Raphael, tokoh lainnya yang ditemui Raphael, dan mempelajari bagaimana Raphael mengembangkan karya seninya.

1. Intro-Identity

Photo by Gabinetto Fotografico delle Gallerie degli Uffizi, special documentation Magister Art

Dalam ruang ini, ditampilkan lukisan potret diri Raphael yang menandai awal perjalanan hidupnya. Pengunjung dapat membaca berbagai panel yang memuat informasi mengenai berbagai kota dan lokasi yang memiliki makna tersendiri dalam kehidupan Raphael, seperti Urbino, Città di Castello, kemudian Florence dan Roma.

2. Inhabiting Spaces

Photo by Bernardo Arcos Mijailidis, special documentation Magister Art

Dalam ruang ini, ditampilkan sebuah lukisan yang berjudul "La Città Ideale" (Kota Ideal) yang dibuat oleh seorang pelukis anonim yang hidup pada paruh kedua abad XV. Secara metafora, lukisan ini mengangkat tema Central Prospective dalam bidang arsitektur dan menggambarkan tempat Raphael dilahirkan dan dibesarkan.

Di ruang ini, pengunjung  dapat menggunakan Gateway of Knowledge, sebuah panel interaktif yang menyediakan berbagai informasi mengenai karya seni Raphael dan pelukis lain yang menginspirasi Raphael.

3. Finding Balance

Photo by Bernardo Arcos Mijailidis, special documentation Magister Art

Dalam ruang ini, ditampilkan sebuah lukisan yang berjudul "The Deposition" yang menggambarkan pemakaman Yesus Kristus. Lukisan ini merupakan sebuah tonggak di mana Raphael berhasil mencapai artistic maturity. Yakni, sebuah tahap saat Raphael menjadi lebih mahir dalam melukis dan menangkap esensi dari sebuah peristiwa yang dilukisnya.

Karya yang satu ini memiliki nilai spiritual yang mendalam dan seringkali dibandingkan dengan lukisan oleh seniman lain bernama Perugino, dan Benvenuti (L'Ortolano). Sama seperti dengan ruang sebelumnya, area ini juga dilengkapi dengan Gateway of Knowledge agar pengunjung dapat mengetahui lebih lanjut mengenai lukisan Raphael lainnya seperti "Pala Dei", "Pala Ansidei", "Pala Colonna", dan "Incoronazione della Vergin".

4. Portraits: Sacred and Profane Subjects

Photo by Gabinetto Fotografico delle Gallerie degli Uffizi, special documentation Magister Art

Dalam ruang ini, pengunjung akan menemukan panel yang memuat kisah kedatangan Raphael di Florence semasa Leonardo da Vinci dan Michelangelo Buonarroti masih hidup. Pengunjung juga dapat melihat dua lukisan berjudul "The David" dan "Tondo Doni", serta berbagai potret diri Raphael lainnya yang diproduksi ulang sesuai dengan ukuran sesungguhnya di atas kanvas.

Terdapat dua monitor yang diletakkan di tengah ruangan untuk mempertunjukkan lukisan "The David" dan "Tondo Doni". Sementara itu, lukisan potret diri Raphael akan muncul sebagai slideshow yang akan dimunculkan satu per satu.

5. The Papal Apartments

Photo by Gabinetto Fotografico delle Gallerie degli Uffizi, special documentation Magister Art

Ruangan ini dirancang sedemikian rupa agar menyerupai The Papal Apartments, yang menjadi tempat tinggal pendeta pada saat itu. Di dalam ruangan tersebut, terdapat bagian yang juga dirancang untuk menyerupai The Room of the Segnatura, yang menjadi perpustakaan dan ruang belajar yang menyimpan buku keagamaan.

Di dalam ruang ini pula, terdapat sebuah lukisan dinding yang berjudul "The School of Athens". Keseluruhan ruangan terlihat megah dengan rancangan arsitektur yang luar biasa sehingga menyerupai St Peter’s Cathedral yang pada saat itu sedang dalam proses renovasi di bawah pengawasan Bramante, mentor Raphael.

6. Utopia and Power

Photo by Bernardo Arcos Mijailidis, special documentation Magister Art

Dalam ruang ini, pengunjung dapat menyaksikan lukisan bernama "Cacciata di Eliodoro dal Tempio" (Expulsion of Heliodorus from the Temple) yang dapat ditemukan dalam The Room of Heliodorus, dalam The Papal Apartments. Karya seni dimunculkan secara bertahap melalui slideshow layaknya kepingan puzzle yang disusun secara bertahap dan dilengkapi dengan deskripsi audio.

Seluruh karya seni yang ditampilkan dalam pameran ini tersedia dalam lima bahasa yaitu bahasa Indonesia, Italia, Inggris, Portugis dan Spanyol yang dapat diakses oleh anak-anak dan dewasa melalui aplikasi Magister Art, yang dapat diunduh pengunjung melalui AppStore atau PlayStore.

Pengunjung disarankan untuk menggunakan earphone pribadi selama berada di dalam pameran. Pameran ini menyediakan konten yang disesuaikan untuk anak-anak disertai dengan teks dan gambar oleh Eva Montanari, seorang penulis dan ilustrator yang telah menerbitkan buku-buku untuk anak-anak di seluruh dunia sejak tahun 2000. Pameran ini juga diiringi oleh musik yang dibuat oleh Antonio Fresa, seorang musisi, komposer dan pencipta soundtrack film ternama.

Magister Raffaello dibuka untuk umum mulai tanggal 25 Februari hingga 31 Maret 2022 di Ciputra Artpreneur Gallery, Ciputra World 1, lantai 11. Pameran ini gratis dan buka setiap Selasa hingga Minggu, pukul 11:00 hingga 20:00 WIB.

Untuk kenyamanan dan keamanan, setiap 1 jam sesi pameran ini terbatas untuk maksimal 30 pengunjung. Silakan kunjungi bit.ly/raffaello2022 untuk memilih waktu kunjungan yang diinginkan:

Sesi 1: 11.00-12.00 WIB
Sesi 2: 12.30-13.30 WIB
Sesi 3: 14.00 - 15.00 WIB
Sesi 4: 15.30 - 16.30 WIB
Sesi 5: 17.00 - 18.00 WIB
Sesi 6: 18.30-20.00 WIB

Siap menikmati karya seni dengan pengalaman yang berbeda, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration