Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Perbandingan Seleb yang Mendukung dan Mengkritik Aksi Demo RKUHP

Siapa yang mendukung dan siapa yang mengkritik?

Niken Ari Prayitno

Aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa beberapa hari belakangan ini menyita perhatian publik. Seluruh masyarakat memusatkan perhatian kepada perjuangan mahasiswa sebagai bentuk dukungan mereka agar RUU kontroversial yang diajukan oleh DPR tak jadi disahkan.

Tak cuma masyarakat, selebritas Indonesia pun ikut berkomentar dan memberi dukungan akan hal ini. Namun, ada pula selebritas yang justru mengkritisi aksi yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Bagaimana perbandingan sikap dan bentuk dukungan selebritas dengan yang mengkritisi? Siapa saja selebritasnya?

Mereka yang Mendukung

Awkarin

Twitter.com/awkarin

Selain memberikan bantuan berupa nasi kotak, Awkarin juga memberikan dukungan kepada para mahasiswa yang mengadakan unjuk rasa dalam bentuk tenaga. Melalui Twitternya, Karin mengajak semua follower-nya untuk bersih-bersih kawasan Senayan sisa demo semalam. Ajakannya tersebut di-retweet lebih dari seribu kali oleh para pengikutnya di Instagram.

Anya Geraldine

Instagram.com/anyageraldine

Anya Geraldine tak menyangka namanya akan dibawa-bawa dan ditulis di poster demo oleh para mahasiswa. Namanya Anya dicatut sebagai bentuk sindiran mahasiswa kepada pemerintah. Mengetahui hal ini Anya tak marah dan malah mendukung aksi mahasiswa supaya tetap kondusif dan damai saat berunjuk rasa.

Instagram.com/anyageraldine

Arie Kriting

Twitter.com/Arie_kriting

Memiliki adik yang masih mahasiswa dan ikut serta dalam aksi unjuk rasa membuat Arie Kriting mendukung apa yang dilakukan oleh para mahasiswa. Sejak Senin (23/9) lalu, Arie rutin menulis cuitan tentang dukungannya terhadap aksi unjuk rasa serta kritikannya terkait RUU kontroversial.

Ernest Prakasa

Twitter.com/Ernestprakasa

Melalui tagar #MahasiswaBergerak, Ernest Prakasa mendukung aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa. Ernest dikenal sebagai salah satu filmmaker yang vokal menyuarakan kritikannya terhadap pemerintah jika dirasa tidak adil dan merampas hak rakyat.

Joko Anwar

Twitter.com/Jokoanwar

Sutradara dan produser film Joko Anwar juga memberikan dukungan terhadap mahasiswa yang melakukan aksi demo di depan Gedung DPR/MPR. Ia memberikan dukungan melalui Twitter dan Instagram serta tak ragu menyebarkan fakta terkait RUU kontroversial agar follower-nya semakin paham tentang permasalahan yang kini dihadapi Indonesia.

Fiersa Besari

Twitter.com/Fiersabesari

Tak hanya puisi, Fiersa Besari memberikan dukungannya terhadap perjuangan mahasiswa dalam bentuk kata-kata bernada pedas dan penuh sindiran kepada pemerintah. Rima dan pemilihan kata yang digunakan Fiersa dalam setiap cuitannya membuat bentuk kritiknya terlihat lebih menohok sekaligus elegan.

Ananda Badudu

Twitter.com/anandabadudu

Ananda Badudu juga menjadi salah satu selebritas yang rajin mengunggah dukungan kepada mahasiswa yang melakukan aksi dan tak segan memberikan kritik kepada DPR terkait RUU kontroversial. Melalui cuitannya juga Ananda mengajak siapa saja untuk mengunggah kembali video kekerasan yang terjadi saat demo supaya bisa diusut dengan tuntas.

Mereka yang Mengkritisi

Melody Prima

Instagram.com/nenk_update

Aktris Melody Prima langsung menerima hujatan saat ia mengunggah Instastory yang mengkritik aksi unjuk rasa mahasiswa. Ia mengatakan kalau apa yang dilakukan oleh mahasiswa adalah hal yang sia-sia. Sebab, toh RUU kontroversial tersebut juga belum disahkan.

Mendapat banyak kritikan pedas, Melody langsung mengunci akun Instagram-nya dan membuat klarifikasi yang ia unggah di akun Instagram pribadinya. Lewat klarifikasinya Melody mengatakan kalau ia menghargai aksi unjuk rasa para mahasiswa. Namun, ia sangat menyayangkan kenapa aksi tersebut harus diwarnai aksi anarkis.

Dok. Internet

Rachel Maryam

Twitter.com/cumarachel

Rachel Maryam menjadi salah satu selebritas yang mengkritisi aksi mahasiswa. Sebagai anggota DPR, Rachel merasa tak terima kalau mahasiswa hanya menyalahkan DPR. Karena menurutnya, RUU dirumuskan bersama seluruh anggota DPR yang mana hampir sebagian anggota DPR adalah koalisi pemerintah.

Kamu sendiri bagaimana, apakah tim yang mendukung atau mengkritisi aksi mahasiswa kemarin?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration