Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yakin Mau Nonton? 5 Film Psikologi ini Bisa Bikin Kamu Takut Tidur Lho

Lebih baik jangan nonton sendirian ya!

Niken Ari Prayitno

Semakin berkembangnya industri film, semakin kreatif pula jalan cerita film yang dibuatnya. Nggak terkecuali film horor. Film yang mengangkat sisi ketakutan manusia ini bukan hanya membuatmu parno, tapi juga memunculkan fobia tersendiri yang mungkin selama ini nggak kamu sadari.

Salah satu tema yang kini banyak diangkat ke layar lebar adalah horor-psikologi. Film yang memainkan alam pikiran manusia, ditambah dengan kengerian-kengerian lainnya membuat film berikut ini layak kamu tonton. Tapi hati-hati, lima film psikologi ini dijamin bikin kamu takut untuk tidur. Apa saja?

1. Mara

I

Katanya saat kita berada di kondisi sadar dan tertidur, kita bisa melihat sesosok iblis yang mengganggu hidup kita sehingga kita takut untuk tidur. Iblis tersebut bernama Mara. Mara akan menghantui siapa saja yang tidur sambil membawa perasaan bersalah yang nggak berkesudahan. Iblis yang membuatmu takut tertidur pulas ini datang dalam empat tahap sebelum akhirnya ia membunuhmu.

Pertama ia akan memperlihatkan diri dalam wujud sekelebat bayangan. Kedua, ia mencoba menyentuhmu tapi tidak bisa dan akan meninggalkan jejak merah pada bola mata. Ketiga, ia akan mencekikmu sampai kamu tidak bisa bernapas. Keempat, ia akan membunuhmu dengan kejam. Berani tidur lelap setelah menontonnya?

2. Sleepless

IMDB.com

Sleepless, film besutan sutradara Baran bo Odar ini mengisahkan tentang perjuangan sekelompok polisi di Las Vegas dalam membekuk bandar narkoba yang bersembunyi di sebuah klub mewah. Penggerebekan tersebut terjadi dalam waktu satu malam saja, tanpa kenal lelah bahkan istirahat.

Sebenarnya Sleepless bukan film horor yang menakutkan. Film ini justru bergenre action yang membuat kita harus teliti saat menontonnya supaya nggak terlewat satu detail pun. Kenapa Popbela memasukkannya ke dalam daftar film yang bisa membuatmu nggak bisa tidur? Alasannya, apapun dapat terjadi dalam waktu satu malam. Jika penggerebekan tersebut terjadi di sekitarmu, pasti kamu akan terjaga dan sebisa mungkin untuk nggak terlelap sampai situasi benar-benar dinyatakan aman kan? 

3. Donnie Darko

IMDB.com

Film yang dibintangi oleh Jack Gillenhaal, Holmes Osborne, dan Drew Barrymore ini bercerita tentang sosok laki-laki bernama Donnie Darko yang sering melakukan hal aneh. Hal-hal aneh yang sering ia lakukan adalah tidur sambil berjalan (sleepwalking), mempercayai bahwa kiamat akan terjadi dalam kurun waktu 28 hari sejak insiden jatuhnya pesawat di atas kamarnya, hingga hal-hal aneh lain di luar akal sehatnya.

Sebetulnya semua kejadian aneh tersebut nggak semuanya dilakukan oleh Darko sendiri. Darko mengaku punya teman khayalan bernama Frank yang berbentuk kelinci menyeramkan. Kelinci tersebutlah yang menyuruh Darko untuk melakukan hal-hal aneh, sehingga Darko dijauhi oleh banyak orang.

Dari film yang rilis pada tahun 2001 ini kita mendapat pelajaran bahwa sleepwalking merupakan masalah serius yang harus segera ditangani. Meski di dunia nyata sleepwalking memang nggak sampai menyebabkan kejadian serius seperti dalam film, namun jika kamu atau keluarga terdekatmu mengalaminya anjurkan untuk segera berobat ya.

4. The Machinist

IMDB.com

Apa jadinya kalau kita sama sekali nggak bisa tidur bahkan dalam hitungan detik? Pasti hal tersebut akan mempengaruhi cara berpikir, hingga penurunan berat badan yang drastis. Hal inilah yang terjadi pada Trevor Reznik (Christian Bale). Trevor yang merupakan pekerja pabrik ini sama sekali nggak bisa tidur. Masalah tidur ini bukan hanya menyebabkan turunnya berat badan secara drastis, tetapi juga perubahan sikap Trevor.

Suatu hari, Trevor bertemu dengan Ivan (John Sharian) yang mengaku sebagai rekan kerjanya di pabrik. Semenjak bertemu Ivan, Trevor mengalami berbagai kejadian aneh. Mulai dari kecelakaan kerja yang mengakibatkan rekannya kehilangan salah satu lengannya, hingga kejadian lain yang membuka berbagai misteri yang ada di sekitarnya.

Sering nggak bisa tidur di malam hari atau selalu tidur larut malam yang mungkin sering kamu alami, nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan insomnia yang dialami oleh tokoh Trevor dalam film The Machinist ini. Kalau kamu pernah mengalaminya lebih baik konsultasikan ke ahlinya karena insomnia dapat berdampak buruk pada kesehatan dan perubahan sikapmu.

5. Hide and Seek

IMDB.com

Film yang mengangkat tema tentang kesehatan mental ini memang termasuk film lama, yakni dirilis pada tahun 2005. Hide and Seek bercerita tentang seorang ayah bernama David (Robert de Niro) dan putrinya, Emily (Dakota Fanning) yang baru saja pindah ke sebuah desa untuk menghilangkan trauma atas kejadian bunuh diri yang menimpa istrinya.

Berbulan-bulan sudah mereka pindah ke sana namun ternyata trauma dan kesedihan Emily sama sekali nggak hilang sedikit pun. Hanya satu yang bisa membuat Emily, yakni teman barunya bernama Charlie. David selalu bertanya siapa Charlie dan bagaimana sifatnya. Setiap ditanya seperti itu, Emily tidak bisa menjelaskan dan hanya diam. Sampai pada akhirnya, terbongkarlah siapa sosok Charlie dan apa yang telah Charlie lakukan terhadap keluarga Emily.

Well, kepribadian ganda memang nggak ada hubungannya dengan nggak bisa tidur atau ketakutan untuk tertidur. Namun, bayangkan jika kamu menjadi Emily dan mendapati bahwa sosok terdekatmu akan menjadi seseorang yang berbeda ketika kamu bangun tidur di pagi hari. Pasti kamu akan takut dan berharap kamu nggak akan pernah tidur supaya ia nggak berubah menjadi sosok lain yang nggak kamu kenal.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration