Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Membereskan Rumah Pasca Lebaran Saat ART Masih Mudik

Jangan panik dulu, kamu bisa melakukannya kok!

Niken Ari Prayitno

Libur lebaran baru saja usai. Semua orang sudah mulai kembali ke aktivitas mereka masing-masing. Namun, momen ini juga kerap kali membuat kita ketar-ketir karena asisten rumah tangga tak kunjung kembali dari kampung halaman. Kehadiran asisten rumah tangga (ART) tentu menjadi hal yang begitu penting. Sebab, berkat bantuannya, rumah kita bisa terjaga kerapian dan kebersihannya. 

Kamu tak perlu panik jika asisten rumah tanggamu tak kunjung kembali. Kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar rumah menjadi lebih rapi dan bersih walau tanpa ART. Apa saja?

1. Rencanakan pembersihan secara teratur

Unsplash.com/Ian Dooley

Sebelum mulai membersihkan rumah, buatlah jadwal pembersihan yang teratur untuk memastikan setiap bagian rumah terawat dengan baik. Bagilah tugas-tugas ini sesuai dengan kemampuan dan waktu yang kamu miliki. Tak perlu langsung membersihkan seluruh rumah, tapi atur prioritas terlebih dulu agar kamu tak keteteran. 

2. Libatkan seluruh anggota keluarga

Unsplash.com/Josue Michel

Ajak anggota keluarga lainnya untuk ikut membantu dalam membersihkan rumah. Bagilah tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing, seperti membersihkan kamar atau merapikan ruang tamu. Dengan melibatkan semua anggota keluarga, tentu pekerjaan membersihkan rumah ini akan lebih cepat selesai.

3. Manfaatkan peralatan kebersihan canggih yang memudahkan pekerjaanmu

Menjamurnya peralatan kebersihan dengan teknologi canggih tentu memudahkan kita untuk membersihkan rumah. Gunakan alat-alat pembersih modern, seperti vacuum cleaner atau steam mop, untuk membersihkan rumah dengan lebih efisien. Teknologi ini dapat membantu menghemat waktu dan tenaga saat membersihkan rumah.

4. Prioritaskan membersihkan ruang utama

Unsplash.com/Annie Spratt

Jika memang tenaga dan bala bantuan keluarga terbatas, kamu tak perlu membersihkan semua ruangan. Kamu hanya perlu memprioritaskan ruangan utama terlebih dulu untuk dibersihkan. Fokuskan pembersihan pada ruangan-ruangan utama yang sering digunakan, seperti ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Pastikan ruangan-ruangan ini selalu bersih dan rapi.

5. Jangan lupa atur waktu istirahat yang cukup

Unsplash.com/Annie Spratt

Jangan terlalu memaksakan diri dalam membersihkan rumah. Pastikan untuk mengatur waktu istirahat yang cukup agar tetap segar dan bugar selama proses pembersihan. Pasalnya membersihkan rumah membutuhkan tenaga yang banyak, sehingga diperlukan istirahat yang cukup agar kamu bisa membersihkan dengan maksimal.

6. Manfaatkan jasa membersihkan rumah atau infal

Jika kamu tak ingin repot, kamu bisa memanfaatkan jasa ART infal yang tersedia. Salah satunya Pinhome, aplikasi serba properti terlengkap dan terpercaya di Indonesia, melalui Pinhome Service tetap menghadirkan serangkaian layanan jasa rumah tangga profesional bergaransi di 40 kota di Indonesia.

Setiap momen lebaran, permintaan jasa di Pinhome Service melonjak lebih dari 2 kali lipat. Hal ini menandakan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Pinhome Service dalam membantu mereka memenuhi kebutuhan rumah tangga. Yang paling diminati adalah jasa bersih-bersih rumah, pijat dan diikuti oleh jasa perbaikan AC.

Selain jasa membersihkan rumah, Pinhome Service juga menghadirkan jasa cuci mobil langsung di garasi pengguna, jasa servis AC dan mobil hingga jasa pijat dan refleksi profesional. Data internal Pinhome menunjukkan Pinhome Service tumbuh dua kali lipat sepanjang 2023, baik dari segi pesanan, jumlah layanan dan juga Rekan Jasa. Pinhome Service juga merupakan salah satu fitur favorit di aplikasi Pinhome sepanjang 2023.

Menggunakan aplikasi ini tentu mempermudah pekerjaan rumah dan kita bisa istirahat pasca pulang mudik lebaran.

7. Jangan lupa apresiasi diri

Unsplash.com/Alisa Anton

Setelah selesai membersihkan rumah, berikan hadiah kecil sebagai apresiasi kepada anggota keluarga yang telah membantu dalam membersihkan rumah. Hal ini dapat menjadi motivasi untuk membersihkan rumah secara bersama-sama di lain waktu.

Itulah tadi deretan tips membersihkan rumah yang bisa kamu lakukan saat ART masih mudik lebaran. Semoga tips ini membantu kamu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration