Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Cek contohnya agar dilirik HRD!

Nafi' Khoiriyah

Daftar riwayat hidup atau sering disebut curriculum vitae (CV) merupakan dokumen penting yang digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan.

Di era modern saat ini, sebagian besar perusahaan memang menerima daftar riwayat hidup dalam bentuk dokumen yang diketik. Pelamar hanya perlu mengirimkan dokumen tersebut melalui email perusahaan yang bersangkutan.

Namun, tidak jarang terdapat perusahaan yang masih mempertahankan cara lama dengan mengharuskan pelamarnya membuat CV tulisan tangan. 

Bukan tanpa alasan, CV dengan tulisan tangan itu dianggap mampu memperlihatkan karakter dan keseriusan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. 

Oleh karena itu, Popbela.com akan memberikan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar. Yuk, simak ulasannya!

Alasan menggunakan daftar riwayat hidup tulis tangan

freepik.com/Racool_studio

Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, cara-cara konvensional seperti membuat CV secara tulis tangan ini masih dipertahankan di sejumlah perusahaan. 

Jika mereka menginginkan hal tersebut, artinya ada beberapa hal yang dinilai dari tulisan tanganmu.

Pertama, dengan tulisan tangan perusahaan bisa mengetahui kepribadian calon pekerjanya. Sebab, tulisan tangan bisa mencerminkan kepribadian seseorang. 

Bukan hanya itu saja, CV yang ditulis tangan bisa menunjukkan keseriusan calon pelamar untuk mendapatkan posisi pekerjaan di suatu perusahaan. Hal itu ditunjukkan melalui tulisan yang rapi, kelengkapan informasi, format tulisan yang lengkap, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, sebelum melihat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui format daftar riwayat hidup yang lengkap. 

Format daftar riwayat hidup tulis tangan

freepik.com/rawpixel

Daftar riwayat hidup berisi data pribadi, pengalaman kerja, dan riwayat lainnya yang dirangkum dalam sebuah kertas.

Dari banyaknya data pribadi dan pengalaman yang selama ini dimiliki, kamu perlu membuatnya secara ringkas agar recruiter bisa memahaminya dengan mudah.

Apalagi, jika ditulis menggunakan tulisan tangan, kamu harus pandai-pandai memasukkan data yang penting ke dalamnya. Supaya, kamu tidak melewatkan detail yang penting.

Berikut format yang harus kamu masukkan ke dalam CV. 

  1. Data pribadi, berisi nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan kontak yang bisa dihubungi. 
  2. Pendidikan, berisi pendidikan terakhir, contohnya informasi mengenai program studi dan IPK yang kamu miliki. 
  3. Pengalaman kerja, berisi riwayat pekerjaan yang pernah kamu jalani dari yang terbaru sampai terlama. Jangan lupa cantumkan keterangan singkat mengenai pekerjaanmu sebelumnya. 
  4. Pengalaman organisasi (jika ada), berisi pengalaman non akademik yang pernah kamu ikuti di sekolah atau perguruan tinggi. 
  5. Minat dan keahlian, berisi keahlian kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

1. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan lengkap

cakeresume.com

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar bisa dilihat dari contoh di atas. Daftar riwayat hidup tersebut mencantumkan data pribadi, pendidikan formal dan informal, sampai pengalaman kerja yang lengkap. 

Hal yang membedakan CV ini dengan yang lainnya adalah pengalaman pendidikan informal. Di dalamnya, pembuat CV ini menuliskan pernah melakukan kursus bahasa Inggris dan pelatihan Microsoft Office. 

Pengalaman pendidikan informal itu bisa menjadi satu poin plus yang bisa menarik perhatian perusahaan. 

2. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk lulusan SMA

pinterest.com

Bagi kamu yang merupakan lulusan SMA atau SMK, daftar riwayat hidup di atas bisa kamu cermati. 

CV ini terdiri atas data diri, pendidikan, dan pengalaman kerja. Ketiga komponen itu adalah hal yang tidak boleh dilewatkan saat menulis daftar riwayat hidup tulis tangan. 

CV ini bisa kamu gunakan untuk melamar ke pabrik atau semacamnya yang sesuai dengan bidang keahlianmu. 

3. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan rapi

contohsuratgratis.my.id

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar di atas bisa kamu ikuti. CV di atas ditulis rapi oleh pembuatnya.

Dengan melihat tulisan yang rapi, recruiter akan menilai positif kepribadian calon karyawannya. Bukan hanya rapi saja, kelengkapan isi di dalam CV juga sangat penting.

Seperti contoh di atas, kamu bisa mencantumkan data pribadi, pendidikan formal dan informal, keahlian, sampai pengalaman organisasi. 

Pengalaman tersebut tentu akan menjadi bahan pertimbangan recruiter untuk menerima kamu jika sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. 

4. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan singkat

lulusandiploma.com

Daftar riwayat hidup jika dijabarkan memang bisa sangat panjang hingga berlembar-lembar. Namun, kamu tentu menginginkan tulisan yang singkat dan mudah diterima oleh pembaca. 

Cara untuk membuat daftar riwayat hidup singkat bisa dilihat melalui contoh di atas. Kamu hanya mencantumkan data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan sertifikat yang pernah kamu raih. 

Meskipun singkat, daftar riwayat hidup ini sudah bisa menggambarkan keahlian kamu secara keseluruhan. 

5. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan baik dan benar

tempatngetik.files.wordpress.com

Membuat CV secara tulis tangan memang gampang-gampang susah. Pasalnya, kamu tidak bisa memakai template yang tersedia di mesin pencari sehingga harus lebih teliti. 

Seperti contoh di atas, kamu bisa menulis daftar riwayat hidup dengan baik dan benar secara rapi dan urut. Urutan itu mulai dari identitas diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan tanda tangan. 

Tanda tangan ini penting bagi perusahaan karena bisa menunjukkan keaslian dari tulisan tanganmu. 

6. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan kreatif

kitalulus.com

Daftar riwayat hidup yang ditulis tangan bukan berarti tidak bisa dibuat dengan kreatif. Caranya, kamu bisa mencantumkan kalimat pembuka seperti contoh di atas. 

Setelah itu, barulah kamu menjabarkan identitas alamat, pribadi, pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang kamu miliki. Jika kamu bisa menulis CV dengan kreatif dan rapi seperti ini, perusahaan pun tidak akan segan untuk menerimamu sebagai salah satu karyawannya. 

7. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk fresh graduate

lulusandiploma.com

Berikutnya, contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar kali ini dibuat untuk fresh graduate. Sebagai fresh graduate, kamu biasanya belum memiliki pengalaman kerja yang profesional.

Namun, kamu pasti sudah pernah bergabung dengan organisasi dan memiliki berbagai keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Oleh karena itu, kamu bisa mencantumkan organisasi yang pernah kamu jalani dan keahlian yang kamu miliki. Dengan begitu, perusahaan pun akan mengerti bahwa kamu adalah kandidat yang cocok meskipun baru saja lulus dari universitas. 

8. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan berprestasi

pinterest.com

Kalau kamu mempunyai prestasi, maka jangan ragu untuk menambahkannya di bawah  riwayat pendidikan. Prestasi tersebut akan membuat recruiter atau pihak yang berkepentingan akan melirik riwayat hidupmu. 

Selain prestasi, informasi yang nggak boleh kamu lewatkan lainnya adalah biodata lengkap serta riwayat pendidikan. Biodata tersebut terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, sampai tempat tinggalnya. 

9. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan rapi

pinterest.com

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang selanjutnya bisa kamu sontek untuk membuat tulisan yang lebih rapi. Menulis daftar riwayat hidup yang rapi meskipun ditulis tangan bisa menerapkan tulisan rata kiri. 

Lalu, isi dengan runtut mulai dari biodata, pendidikan, prestasi, dan terakhir keahlian. Akhiri daftar riwayat hidup dengan tanda tangan dan nama terang supaya terlihat kalau daftar riwayat hidup tersebut disusun dengan sebenar-benarnya. 

10. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan simpel

ts2.mm.bing.net

Daripada menjelaskan riwayat pengalaman dengan kata-kata, akan lebih simpel dan mudah dipahami jika disusun secara kronologis. Kamu bisa mengurutkan mulai dari pendidikan formal, pendidikan informal, sampai pengalaman kerja yang dimiliki. 

Sementara untuk bagian biodata, tuliskan hal-hal yang penting saja, mulai dari nama sampai dengan nomor telepon. Hal itu agar recruiter nantinya lebih mudah mengetahui latar belakangmu dalam sekali baca. 

11. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan bahasa Inggris

pinterest.com

Bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja, contoh daftar riwayat hidup tulis tangan juga dapat ditulis dalam bahasa Inggris. Riwayat hidup tersebut bisa dimulai dari biodata, dilanjutkan dengan profil, pendidikan, pengalaman kerja, skill, dan juga ketertarikan. 

Berbeda dengan kebanyakan daftar riwayat hidup dalam bahasa Indonesia, dalam susunan di atas ada bagian skills dan interest yang bisa menunjukkan ketertarikan dan keahlian seseorang. 

Itulah 11 contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar beserta formatnya yang bisa kamu ikuti. 

Jangan lupa, buat daftar riwayat hidup tulisan tangan serapi dan semenarik mungkin agar dilirik oleh perusahaan yang kamu tuju. Semoga berhasil, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration