Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Ide Melukis Labu untuk Dekorasi Halloween yang Menggemaskan

Ayo asah kreativitasmu

Nabila Damaan

Halloween tinggal beberapa hari lagi Bela. Apakah kamu sudah mempersiapkan dekorasi Halloween? Halloween sendiri identik dengan hiasan labu. Jika pada umumnya labu-labu itu didesain sedemikan menakutkan, namun ada cara lain yang nggak kalah seru dari memahat labu, yaitu melukis labu. 

Cara ini akan membuat kamu nggak perlu membuang-buang waktu untuk mengeruk isi dari buah labu lagi, dan tentunya hasil dekorasi ini akan lebih bertahan lama. Selain itu kamu juga bisa mengasah sisi kreatifmu dengan melukis. 

Sebelum itu, kamu perlu tahu dulu nih, bagaimana memilih labu yang baik untuk dilukis. Seorang seniman labu, James Jones membeberkan rahasia memilih labu yang baik. Menurut James, alangkah baiknya kita membeli labu dari petani lokal, bukan dari supermarket karena biasanya labu terlalu kecil.

James juga menyuruh kita untuk temukan labu dengan batang yang panjang dan kokoh, batang yang lunak adalah tanda labu mulai membusuk atau terkena infeksi jamur dan tidak akan bertahan lama.

Setelah mendapatkan labu yang sesuai, cuci labu hingga bersih dan keringkan labu. Siapkan perlengkapan lukis, dan berikut adalah ide lukis labu untuk dekorasi Halloween. Check this out!

1. Coba lukis labu dengan warna monochrome

homesandgardens.com

Nggak melulu harus menggambar Jack'O Lantern, kamu bisa mengkreasikan labu sesuai dengan keinginanmu dan yang sesuai dengan desain rumahmu. Misalnya labu monochrome yang satu ini. Untuk mendapatkan tampilan ini, cat warna bergantian di antara tulang rusuk labu, dan akhiri dengan cat semprot emas pada batangnya, dan terakhir lapisi pernis untuk membuat tampilan semakin mengilap dan tahan lama.

2. Senada dengan meja marmer di dalam ruangan

unsplash.com/@carmencreative

Jika kamu ingin menyimpan hiasan labu di dalam rumah, catlah agar sesuai dengan dekorasi rumahmu. Misalnya, agar cocok dengan meja marmermu cobalah berbagai nuansa biru, putih, dan tembaga. Jika ingin gaya lebih yang lebih modern, cat dengan warna metalik, atau gunakan tampilan monokrom dengan warna serba hitam. Kamu pun bebas memilih ukuran labu sesuai yang kamu inginkan, ya.

3. Jaring laba di atas labumu

instagram.com/hollyberry_feathers

Kamu juga bisa membuat lukisan sederhana di atas labunya, yakni dengan melukis jaring laba-laba. Pertama, cat seluruh permukaan labu dengan warna cat berwarna putih, lalu tarik garis sampai ke tengah bagian labu, setelah itu buat garis melengkung di punggung labu untuk menghubungan garis yang satu dengan yang lain. Jangan lupa gambar laba-laba kecil, ya!

4. Buat semakin bersinar dengan cat metalik

homesandgardens.com

Labu warna metalik ini akan membuat dekorasi Halloween terlihat elegan dan mewah. Kamu hanya memerlukan cat semprot dengan warna metalik yang kamu inginkan. Pastikan kamu menyemprot cat di ruangan terbuka. Caranya, miringkan labu lalu semprot sebagian labumu terlebih dahulu. Jika sudah satu bagian kering, kamu bisa semprotkan di sisi yang lainnya.

5. Labu ombre juga menarik

homecrux.com

Jika sebelumnya kita bermain aman dengan satu warna, kali ini coba buat labumu dengan gradasi dua warna yang cantik seperti ini. Tampilan labu ini akan membuat ruanganmu semakin estetik, Bela. Pertama-tama, lapisi cat lateks berwana putih ke seluruh bagian permukaan labu, sebelum kering kamu harus menimpanya dengan warna lain di bagian bawah labu, gerakan kuas menyapukan kedua warna hingga membentuk gradasi warna yang cantik. Selamat mencoba.

6. Membuat lukisan bunga di atas labumu

homecrux.com

Jadikan labu sebagai kanvas lukis. Mulailah dari menggambar pattern bunga-bunga cantik seperti gambar di atas. Gunakan kuas kecil untuk mempermudah membuat detail bunga, ya. Jangan lupa untuk menggunakan warna-warna cerah, seperti merah muda, kuning, biru, dan ungu.

7. Buat karakter lucu di atas labu

homecrux.com

Nggak melulu harus menyeramkan, kamu bisa lho, membuat berbagai karakter lucu di permukaan labu. Jika kesulitan, kamu bisa mencontoh gambar karakter di internet dan mulai melukisnya di permukaan labu. Kebanyakan sih, hanya sekadar melukis wajahnya saja, ya.

8. Labu Neon Splatter 90-an

homecrux.com

Ide lain yang nggak kalah seru lainnya adalah Labu Neon Splatter 90-an. Pilihlah cat mengilap bengan warna-warna yang mencolok. Setelah dicat dengan satu warna, letakkan labumu di atas koran lalu cipratkan cat dari kuas ke atas labumu secara acak. Setelah itu baru berikan warna emas pada batang labu. Estetik, bukan?

9. Lebih nyaman dengan motif gingham

homesandgardens.com

Terlihat mudah, ide lukis kali ini cukup tricky, tetapi akan menghasilkan dekorasi yang unik. Kamu harus menyiapkan dua warna biru terlebih dahulu, satu biru tua dan satu biru muda. Setelah mengoleskan cat berwarna putih di seluruh permukaan, mulailah buat sketsa kotak-kotak, lalu warnai permukaan sesuai dengan urutan warna. Nggak harus biru kok, kamu juga bisa menggunakan warna lain.

10. Menyala dalam gelap

homecrux.com

Saat ini sudah tersedia cat glow in the dark, atau yang bisa mengeluarkan cahaya dalam keadaan gelap. Kamu bisa memanfaatkan cat itu untuk melukis di atas permukaan labu, dan jadikan labu Halloween pun paling bersinar. Berkreasilah sesuai dengan keinginanmu, ya.

11. Kecantikan galaksi dan rasi bintang

homecrux.com

Ide selanjutnya yang bisa kamu tiru adalah lukisan galaksi dan juga rasi bintang, nih. Pemilihan warnanya pun akan lebih banyak. Seperti biasa kamu harus lapisi seluruh permukaan labu dengan warna biru tua. Buatlah gradasi warna dengan menggunakan kuas. Kamu bisa mengoleskan kuas ke kanan dan ke kiri atau mencipratkan cat dari kuas. Lalu, lukis rasi bintang dengan cat berwarna putih atau jika ada kamu bisa meggunakan cat glow in the dark.

12. Buat labumu semakin elegan

homecrux.com

Lihatlah betapa cantiknya labu ini. Dengan menggunakan topeng hitam, labumu akan tampak seperti perempuan misterius, dibubuhi kilatan cat emas membuatnya tampak lebih elegan. Kamu dapat mengkreasikan warna, mulai dari merah, hingga merah muda seperti pada gambar di atas. Cantik, ya?

13. Semakin cantik dengan warna pastel

homecrux.com

Dekorasi ini tampaknya bisa digunakan diberbagai kondisi, deh. Dengan menggunakan warna-warna pastel akan membuat labumu menjadi lebih ceria, sesudah Halloween kamu bisa gunakan dekorasi ini untuk menghias kamar ataupun menjadi dekorasi diperhelatan lainnya. Mirip marshmallow, ya?

14. Labu penyihir hijau

homecrux.com

Jika biasanya tangkai labu berada di atas sebagai pemanis, kali ini mari kita buat menjadi hidung penyihir jahat. Setelah seluruh permukaan dicat hijau, lukis bagian mata dan mulut penyihir di antara batang labu. Setelah kering, letakan labu dengan menyandarkannya pada tembok atau tangga. Jangan lupa untuk menambahkan topi runcing di atasnya.

15. Lukis abstrak bisa menjadi pilihan

homecrux.com

Ketika kamu tidak memiliki ide dan kemampuan melukismu yang kurang, mungkin melukis abstrak bisa menjadi pilihan. Kamu bisa mengoleskan cat sesuka hatimu tanpa harus memikirkan bentuknya akan seperti apa. Jika sudah mungkin kamu bisa memberikan sedikit pemanis di bagian batang dengan warna emas yang mengilap. Seru, bukan?

Demikianlah 15 ide lukis labu untuk dekorasi Halloween. Kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama dengan kerabat. Bagaimana tertarik untuk mencobanya Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration