Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Meninggal Dunia Setelah Lawan Kanker, Ini 7 Film Terbaik Ria Irawan

Salah satu aktris terbaik Tanah Air

Meidiana Aprilliani

Berita mengejutkan datang dari aktris senior Tanah Air, Ria Irawan. Ria dikabarkan meninggal dunia pada Senin, (6/1) pagi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Instagram.com/riairawan

Ria sendiri diketahui sudah mengidap kanker kelenjar getah bening sejak 2009 lalu. Meskipun begitu, Ria sempat dikatakan sembuh pada 2014 lalu. Sayangnya, pada 2019 lalu Ria kembali dinyatakan positif kanker endometrium atau kanker dinding rahim.

Ria Irawan dikenal sebagai aktris senior Tanah Air yang sudah berhasil meraih beragam prestasi. Banyak film yang pernah ikut diperankannya. Mulak dari Kembang Kertas (1984) sampai yang terbaru, Wedding Agreement pada 2019 lalu. 

Penasaran dengan 7 film terbaik yang pernah dimainkan Ria Irawan? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Kembang Kertas (1984)

Instagram.com/riairawan

Pada 1985 lalu, Ria Irawan berhasil tampil memikat lewat film Kembang Kertas. Film ini menceritakan tentang kepalsuan kebahagian dalam sebuah keluarga.

Disutradarai oleh Slamet Rahardjo, Kembang Kertas berhasil meraih beragam penghargaan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) pada 1985 lalu. 

2. Bila Saatnya Tiba (1985)

Instagram.com/riairawan

Pada 1985 lalu, Ria juga tampil apik dalam film besutan Eduard Pesta Sirait, Bila Saatnya Tiba. Film ini berkisah tentang perjuangan Mira (Christine Hakim) saat berjuang melawan penyakitnya di tengah kekacauan yang terjadi di keluarganya.

Lewat film ini, Ria berhasil meraih nominasi dalam Festival Film Indonesia (FFI) pada 1986 lalu sebagai Aktris Pendukung Terbaik.

3. Selamat Tinggal Jeanette (1987)

Instagram.com/riairawan

Pada 1987, Ria berkesempatan ikut bermain bersama aktris dan aktor yang populer saat itu, Meriam Bellina dan Matius Mucus dalam film Selamat Tinggal Jeannette. Film ini berkisah tentang kisah cinta antara Suryoni (Matias Mucus), seorang pemuda ningrat asal Solo dan Jeannete (Meriam Bellina), perempuan asal Prancis. Meski sudah memutuskan menikah, keduanya kemudian harus berpisah karena ditentang oleh orangtua.

Dalam film ini juga, Ria berhasil meraih Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di FFI tahun 1988.

4. Berbagi Suami (2006)

Instagram.com/riairawan

Ria juga berhasil meraih Nominasi Aktris Pendukung Terbaik di FFI 2006 saat tampil dalam film Berbagi Suami karya sutradara Nia Dinata.

Selain Ria, ada pula sederet aktris dan aktor kawakan seperti Jajang C. Noer, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, Rieke Diah Pitaloka, sampai Atiqah Hasiholan. 

5. Biola Tak Berdawai

Instagram.com/riairawan

Kembali bertemu dengan Jajang C. Noer, Ria ikut bermain dalam film Biola Tak Berdawai yang tayang pada 2003. Dalam film ini, Ria tampil sebagai pemeran utama, yaitu Renjani.

Renjani adalah perempuan yang punya masa allu kelam namun kemudian memutuskan untuk menbangun sebuah panti asuhan anak-anak cacat.

Tampil menawan sebagai Renjani, Ria pun berhasil meraih The Best Actress dalam Festifal Asia Pasific di Iran tahun 2003.

6. Arisan! 2 (2011)

Instagram.com/riairawan

Kembali dipercaya oleh sang sutradara, Nia Dinata, Ria pun ikut bermain dalam film komedi, Arisan! 2. Film ini telah dirilis pada 1 Desember 2011 lalu.

Dalam film ini, Ria bermain sebagai Yayuk Asmara. Yayuk adalah seorang jurnalis yang gemar mengkritis tokoh ibu-ibu arisan yang munc dalam film ini. Namun, Yayuk kemudian memutuskan untuk menulis biogragi mereka agar meraih keuntungan.

7. Wedding Agreement (2019)

Instagram.com/riairawan

Film terakhir yang diperankan Ria adalah Wedding Agreement. Film garapan sutradara Archie Helagery ini mengangkat kisah tentang hubungan pernikahan antara Brian (Refal Hady) dan Tari (Indah Permatasari) yang tidak saling mencintai namun harus menikah karena orangtua.

Dalam film ini, Ria juga beradu peran dengan Aghninu Haque, Jeff Smith, Mathias Muchus, sampai Youtuber kondang, Ria Ricis.

Itu dia 7 film terbaik yang pernah diperankan oleh Ria Irawan. Atas semua karyanya, Ria Irawan akan selalu terkenang sebagai salah satu aktris terbaik kebanggaan Tanah Air.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration