Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada BTS "Butter", Ini 10 Lagu K-Pop Terbaik Tahun 2021 Menurut Spotify

'Next Level' aespa berhasil menempati peringkat pertama

Cynthia Claudia

Beberapa hari menjelang tutup tahun, Spotify kembali mengumumkan 10 daftar lagu K-pop terbaik tahun 2021 melalui playlist buatannya yang dinamakan 'K-pop Daebak'. Daftar lagu tersebut dirilis tepat pada hari Selasa, 21 Desember 2021.

Lagu aespa berjudul Next Level yang sempat viral berhasil memuncaki posisi pertama dalam daftar tersebut. Next Level merupakan remake dari original soundtrack film terlaris Fast & Furious: Hobbs & Shaw, dibawakan penyanyi Australia bernama Aston yang dirilis tahun 2019.

Lagu lainnya yang dibawakan ITZY, Weekly, dan TWICE juga berhasil menempati daftar tersebut. Mari kita simak apakah pilihan lagu K-pop terbaik versi Spotify ini cocok dengan daftar lagu favoritmu, Bela. 

1. "Next Level" - aespa

Peringat pertama lagu K-pop terbaik versi Spotify tahun 2021 jatuh kepada lagu aespa yang berjudul Next Level, yang rilis pada 17 Mei 2021. Mengingat popularitas lagu tersebut tahun ini, maka kemenangan peringkat pertama bagi girlband dibawah naungan SM ini tidaklah mengejutkan.

Next Level berhasil menduduki peringkat ke-3 terbaik dalam kategori Billboard World Digital Song Sales, dan peringkat nomor 65 dalam tangga langgu Billboard Global 200. Lagu ini terus memimpin peringkat atas di tangga lagu selama 6 bulan berturut-turut sejak hari pertama dirilis.

2. "Mafia in the Morning" - ITZY

"Mafia in the Morning" dirilis pada tanggal 30 April 2021, sebagai lagu pertama dari album mini keempat ITZY yang berjudul Guess Who. Lagu ini sangat populer secara global, "Mafia in the Morning" bahkan berhasil memuncaki peringkat ke-24 di tangga lagu Billboard Global 200, dan nomor 22 di Global Excl. US Chart dengan total 36.2 juta streaming.

Lagu yang dibawakan girlband perwakilan JYP ini memiliki melodi dan tempo yang cepat, disertai dengan bagian chorus yang catchy. Koreografinya yang kuat juga ditampilkan secara menyeluruh dalam lagu ini.

3. "After School" - Weekly

Weekly juga merupakan salah satu girlband yang sedang naik daun. Lagunya yang berjudul After School menjadi viral di media sosial, sehingga membantu Weekly menjangkau lebih banyak penggemar mancangera. Melodi lagunya yang serba catchy dari awal, hingga bagian chorus sangat melekat di hati.

Lagu After School dirilis pada bulan 17 Maret 2021, sebagai single dari album mini ketiga milik Weekly yang berjudul We Play. Weekly termasuk dalam daftar lagu K-pop terbaik menurut NME dan Time tahun 2021.

4. "Alcohol-Free" - TWICE

TWICE adalah perwakilan K-pop generasi ke-3 yang merilis lagu dengan pencapaian tertinggi dalam daftar 10 besar. Salah satunya yang terbaik adalah "Alcohol-Free", yang sebenarnya merupakan lagu dengan genre terbaru yang pernah dibawakan TWICE. Kualitas lagu dengan genre terbaru ini membuat para penggemarnya mengakui bakat TWICE.

Girldband perwakilan JYP ini merilis "Alcohol-Free" pada tanggal 9 Juni 2021, sebagai single utama dari  album mini ke-10 mereka yang berjudul Taste of Love. Lagu ini memuncaki peringkat nomor 41 dalam tangga lagu Billboard Global 200, serta memimpin posisinya selama 8 minggu berturut-turut.

5. "Hot Sauce" - NCT Dream

NCT Dream menjadi sorotan utama tahun ini dengan pembawaan lagu "Hot Sauce". Mulai dari pencapaian penjualan albumnya hingga musik digital, NCT Dream berhasil memecahkan rekor internal SM. Peringkat penjualannya juga setara dengan pencapaian serangkaian produk BTS.

"Hot Sauce" dirilis pada tanggal 10 Mei 2021, sebagai single pertama dari album studio pertama milik NCT Dreams dengan nama yang sama. Di Amerika Serikat, lagu ini berhasil menempati peringkat ke-8 di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales, sementara juga berhasil menempati peringkat nomor 96 di Billboard Global 200. 

6. "Butter" - BTS

Tepat di atas peringkat ENHYPEN adalah senior mereka–BTS–dengan membawakan lagu "Butter". BTS merilis "Butter" pada tanggal 21 Mei 2021, sebagai single lagu bahasa Inggris kedua mereka.

Butter merupakan salah satu lagu yang melambungkan pencapaian BTS secara global. Sehingga pada 2021, "Butter" sekali lagi membawan kesuksesan bagi BTS. Lagu ini berhasil mencapai 11,042 juta streaming melalui Spotify pada hari pertama dirilis, mewakili sebuah pencapaian lagu debut dengan streaming terbesar sepanjang sejarah Spotify.

7. "Drunk-Dazed" - ENHYPEN

ENHYPEN merilis "Drunk-Dazed" sebagai single utama dari album mini kedua mereka yang berjudul BORDER: CARNIVAL pada tanggal 26 April 2021. Melansir dari Soompi, salah satu episode Music Bank menyatakan bahwa ENHYPEN berhasil menyabet tiga kemenangan untuk lagu "Drunk-Dazed" mereka di sederetan acara musik.

8. "FEVER" - ENHYPEN

Peringkat ke 7 dan 8 masing-masing ditempati ENHYPEN. Group junior BTS dan TXT ini dengan cepat mengumpulkan banyak penggemar secara resmi keluar dari reality show berjudul I-LAND. 

Lagu-lagu yang dirilis ENHYPEN pun menjadi favorit para penggemar, termasuk "FEVER" dan "Drunk-Dazed". Sehingga, ENHYPEN berhasil menyabet sederetan trofi di ajang penghargaan musik akhir tahun, salah satunya Mnet Asian Music Awards 2021.

9. "On the Ground" - Rosé

Melansir dari OtakuArt, BLACKPINK tahun ini tidak merilis lagu sebagai satu grup, karena keempat anggotanya fokus merilis lagu solo mereka. Namun, salah satu anggota BLACKPINK, Rosé, berhasil mewakili kemenangan mereka dalam daftar ini. Rosé memulai debut solonya pada tanggal 12 Maret 2021, melalui single pertamanya yang berjudul "On the Ground".

Di Amerika Serikat, On the Ground berhasil menempati peringkat nomor 70 di tangga lagu Billboard Hot 100. Lagu ini juga berhasil mengumpulkan sejumlah 6,4 juta streaming dalam minggu pertamanya dirilis. 

10. "ASAP" - STAYC

STAYC yang membawakan lagu berjudul "ASAP",  sempat menjadi viral melalui media sosial Korea selama beberapa bulan terakhir. Dengan pembawaan melodi dinamis dan berjiwa muda yang disukai publik, maka lagu tersebut berhasil menempati peringkat ke-10 dalam daftar ini.

STAYC merilis "ASAP" pada tanggal 8 April 2021, sebagai lagu pertama dari album single kedua mereka yang berjudul Staydom. ASAP berhasil menempati peringkat ke-9 di tangga lagu Gaon Digital Chart dua bulan setelah dirilis, dan juga peringkat nomor 8 di Streaming Chart. Sementara di tangga lagu Billboard K-Pop Hot 100, ASAP menempati nomor 9.

Itulah daftar 10 lagu K-pop terbaik tahun 2021 yang telah diumumkan oleh Spotify. Apakah lagu K-pop favoritmu berhasil menempati daftar tersebut, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration