Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenalan dengan Oyen, "Penghuni Gelap" Kandang Kapibara di Malaysia

Kamu bisa bertemu dengannya di Zoo Negara

Audia Natasha Putri

Sosok kucing berwarna oranye di Zoo Negara, Malaysia menjadi sorotan publik dan hangat dibicarakan di media sosial maupun pemberitaan. Ia mendadak menjadi primadona, karena "berkamuflase" bersama hewan Kapibara di kebun binatang tersebut.

Bukan cuma berkamuflase, kucing yang diberi nama Oyen ini juga kerap memperlihatkan persahabatannya dengan hewan berjulukan Masbro tersebut.

Viral hingga mancanegara

The Strait Times

Terkenal barbar dan tak kenal takut, kucing oyen memang patut diberikan kasta pemberani paling tinggi dalam dunia perkucingan. Begitu juga dengan Oyen yang tetap pede untuk mampir ke kandang Kapibara dan berbaur dengan mereka.

Ia muncul pada April 2023 lalu, saat berkeliaran di kandang kawanan kapibara untuk berlindung dari hujan. Karena keberadaannya disambut hangat oleh kawanan kapibara tersebut, Oyen justru menjalin persahabatan dan malah akrab dengan para hewan penggerat itu.

Melihat persahabatan luar biasa antara kapibara dan oyen yang manis, lantas membuat pengunjung kebun binatang turut mengabadikan momen unik itu dan membagikannya di media sosial.

90% pengunjung datang untuk melihat persahabatan antara Oyen dan kapibara

The Star

Wakil Presiden Zoo Negara, Rosly Rahmat Ahmat Lana mengatakan bahwa sebanyak 90 persen pengunjung yang pergi ke kebun binatang ini ingin melihat Oyen. Tak satu dua kali, ia sering kali menghabiskan waktu bermain dengan hewan pengerat itu.

Kucing tersebut terlihat kerap sedang bersantai, berpelukan dengan kapibara, bahkan makan bersama di area kandang. Seolah, Oyen lupa akan identitasnya sebagai kucing dan merasa ia kini adalah bagian dari kawanan hewan yang notabene masih satu keluarga dengan tikus itu.

Pemandangan tidak biasa ini justrulah menjadi alasan para pengunjung antusias untuk datang ke Zoo Negara. Di akhir pekan, sebanyak ribuan orang datang ke kebun binatang ini untuk melihat langsung persahabatan antara si oyen dan kawanan kapibara ini sungguh tak terbendung.

Memiliki papan nama sendiri

Tiktok.com/AmmaMy20

Sang 'penghuni gelap' kandang kapibara itu, sudah resmi mendapat nama dan papan nama sendiri. Pihak Zoo Negara pun meluncurkan papan nama "Oyen" di kandang kapibara, karena pamor Oyen sebagai selebriti internet pun berhasil meningkatkan jumlah pengunjung di kebun binatang tersebut.

Ia resmi diberi nama "Oyen" tepat di Hari Kucing Sedunia yang jatuh pada 8 Agustus 2023. Papan nama berbahan kayu dan bertuliskan "Oyen" itu disematkan dengan rapih di samping keterangan "Capybaras", yang merupakan penghuni asli kandang.

Menariknya lagi, papan nama tersebut hadir untuk menggantikan papan sebelumnya yang hanya ditulis secara sederhana di atas papan kayu.

Kesehatan dan perkembangan Oyen diawasi secara ketat oleh pihak Zoo Negara

Harian Metro Malaysia

Tak jelas sejak kapan Oyen menjadi penghuni kandang kapibara dan menjadi satu "koloni" dengan kawanan Masbro tersebut. Menurut Rosly, diperkirakan Oyen ditelantarkan oleh pemilik sebelumnya di kebun binatang, pada masa pandemi COVID-19. Kesepian dan tak ada rumah untuk pulang, Oyen pun memutuskan untuk menetap di kandang kapibara yang menerima dirinya.

Setelah diberi nama dan papan khusus bertuliskan "Oyen", ras kucing terkuat ini resmi menjadi hewan peliharaan Negara Zoo. Petugas kebun binatang secara berkala memaNtau kesehatannya dan memberikan makanan berkualitas tinggi kepadanya.

Selain mendapat perlindungan dan perawatan intensif, pihak kebun binatang juga berencana ingin meneruskan garis keturunan dengan mencarikan pasangan untuknya.

Harian Metro Malaysia

Kini nasib Oyen pun berubah 180 derajat dan kawanan kapibara adalah keluarga barunya. Ia kini menjadi seorang selebritI internet dan sedang mencari kucing betina untuk menjadi pasangannya.

Mendengar kabar baik tersebut, apakah kamu tertarik membawa kucingmu untuk berkenalan dengan Oyen, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration