Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Obat Kutu Kucing, Ampuh dan Ramah di Kantong

Bisa cek di sini, ya

Natasha P.

Sebagai salah satu hewan berbulu tebal dan panjang, kucing sangat rentan terkena infeksi kutu. Penyakit ini biasanya menular kepada kucing yang senang menjelajah ke luar rumah. Tapi tak jarang juga infeksi ini disebarkan oleh kucing yang sedang kutuan juga.

Penyakit ini menjalar ke kulit dengan menetaskan telur-telur kutu dan menimbulkan kemerahan dan efek gatal yang luar biasa. Jika tak segera diobati, kucing dapat terjangkit penyakit lebih fatal, seperti scabies atau ruam kulit yang kemerahan.

Kalau kucing kamu sedang kutuan, coba saja berikan rekomendasi obat kutu kucing ampuh pilihan Popbela di bawah ini. Harganya terjangkau dan mudah ditemukan di pet shop atau marketplace online.

1. Revolution

Dok. Zoetis Pet Care

Keluaran milik Zoetis ini mengandung bahan aktif selamectin yang ampuh mencegah penyebaran sekaligus mengobati infeksi kutu, tungau telinga, cacing hati, cacing tambang, hingga cacing gelang.

Bukan jenis obat minum, Revolution masuk dalam obat tetes yang "disuntik" ke ke pangkal leher belakang kucing. Menariknya, cairan Selamectin pada Revolution akan memasuki aliran darah dan mencegah infeksi parasit.

Alhasil, baik kutu, tungau, dan cacing akan mati setelah menyedot darah kucing yang mengandung Selamectin. Namun perlu dicatat, pengunaan serta dosis obat ini sesuaikan dengan berat badan anabul.

2. Revolution Plus

Dok. Zoetis Pet Care

Masih seinduk dengan Revolution, Revolution Plus merupakan obat kutu yang nenggabungkan kandungan Selamectin dan sarolaner. Fungsinya untuk mencegah sekaligus mematikan persebaran kutu, pinjal, tungau telinga, cacing gelang, cacing tambang, dan cacing hati.

Ditilik dari lama resmi Zoetis, Revolution Plus memiliki cakupan khasiat yang lebih luas dalan melindungi kucing dari hama dan parasit. Cara pakainya tetap sama, yakni dengan diteteskan di bagian tengkuk kucing.

3. Advocate Cat

Dok. Bayer

Rekomendasi obat kutu kucing selanjutnya adalah Advocate Cat milik perusahaan farmasi Bayer.  Produk penghilang infeksi kutu ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan berat badan anabul. Untuk jenis pertama adalah untuk kucing di atas 4 kg. Biasanya pilihan ini dikhususkan untuk kucing dewasa atau kucing ras besar, seperti Maine Coon atau Bengal. Sedangkan untuk jenis berat kurang dari 4 kg diperuntukkan untuk anak kucing atau kucing ras kecil.

Advocate Cat mengandung dua zat aktif imidacloprid dan moxidectin yang berfungsi untuk mencegah infeksi parasit seperti kutu atau tungau. Melansir European Medicine Agency, kedua senyawa ini mampu melumpuhkan saraf kutu yang membuatnya tak bisa bergerak dan mati. Perlu dicatat, bahwa dosis disesuaikan dengan ketentuan penggunaan, ya.

4. Frontline Plus

Dok. Frontline

Berikutnya ada Frontline Plus yang sangat ampuh untuk menghentikan investasi kutu dan pinjal sampai telur dan larvanya. Produk ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk kucing dewasa dan kitten atau anak kucing. Terkandung senyawa aktif berupa fipronil, (S)-methoprene, dan tambahan zat pengisi yang aman dikonsumsi oleh kucing. Produk rilisan Romindo Indonesia ini juga sudah terdaftar di Kementan RI, sehingga kualitas dan keamanannya pun terjamin.

5. NEXTSTAR™ Flea & Tick Topical for Cats

Dok. NEXSTAR

Selanjutnya ada NEXTSTAR™ Flea & Tick Topical for Cat yang merupakan obat kutu topikal milik Capstar. Kelebihan utama produk ini adalah menghilangkan kutu, caplak, telur dan larva, hingga kepompong kutu pada kucing. 

Menariknya lagi, kandungan aktif berupa fipronil dan etofenprox di dalam produk ini mampu menyerang saraf kutu. Selain itu, senyawa (S)-methoprene membantu pencegahan pertumbuhan telur dan larva. Reaksi obat ini berlangsung kilat. Dalam waktu 15 menit setelah pemberian obat, khasiatnya langsung bereaktif dan mampu melindungi anabul dari kutu hingga 30 hari.

6. Effipro Spot On Flea and Tick Treatment

Dok. Virbac

Bagaimana kita melupakan Effipro Spot On Flea and Tick Treatment yang merupakan rilisan milik brand obat anabul ternama, Virbac. Selaras dengan namanya, obat ini memang berfungsi untuk menghilangkan sekaligus mencegah persebaran kutu dan tungau. Ini dapat bekerja setelah 24 jam diberikan dan melindungi anabul hingga 5 minggu.

Senyawa fipronil yang tersimpan dalam Effipro diklaim dapat melumpuhkan dan mematikan kutu dan pinjal. Effipro juga dapat diberikan pada kucing lebih dari 1 kg dan berusia lebih dari 8 minggu.

7. Capstar Flea Tablets for Cats

Dok. Capstar

Jika kamu punya anak kucing yang sedang kutuan, maka pemberian obat Capstar Flea Tablet for Cats menjadi pilihan tepat. Obat ini aman diberikan untuk anak kucing berumur 4 minggu dengan berat di bawah 1 kg atau kucing dewasa dengan berat sekitar 11 kg ke atas.

Obat ini bekerja 30 menit setelah pemakaian dan efektif memusnahkan infeksi kutu dan larva dalam waktu beberapa jam saja. Hanya saja, kamu perlu memberikan obat ini secara teratur sampai habis supaya infeksinya dapat berhenti total. Hal ini karena produk penyembuhan kutu ini tidak memiliki efek residu yang tinggi.

Kabar baiknya lagi, Capstar Flea Tables for Cats merupakan obat kunyah yang bisa dimakan bersamaan dengan pakan kucing. Rasanya lezat dan memancing selera makan anak bulu.

Itu dia tujuh rekomendasi merk obat kutu yang bisa kamu berikan untuk kucingmu. Pengobatan ini bisa dibarengi dengan mandi kutu dan pemberian salep atau spray anti kutu. Supaya, kucingmu bisa sembuh secara total dari infeksi parasit penghisap darah dan penyebab rasa gatal ini.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration