Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tempat Terbaik untuk Memasang CCTV di Rumah, Terpantau dengan Jelas

Supaya rumahmu lebih aman

Audia Natasha Putri

Selain kenyamanan, keamanan dan keselamatan kini menjadi nomor utama yang perlu diperhatikan bagi sang pemilik rumah. Terutama bagi kamu yang tinggal di bilangan perkotaan besar dan rawan kejahatan.

Ada banyak alternatif terbaik untuk mencegah tindak kriminal di hunian. Salah satunya memasang CCTV di setiap sudut rumah. Kamu disarankan memasang CCTV di rumah untuk memantau kondisi rumah, baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Sayangnya, pemasangan CCTV yang kurang strategis akan mendapat hasil kurang maksimal dalam menangkap aktivitas mencurigakan di rumah. Karena itu, pada artikel ini Popbela akan membahas lima posisi strategis untuk memasang kamera CCTV.

Melansir dari Cought on Camera, mari kita simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Area pintu masuk rumah

Hammer & Hand

Sebagai garda terdepan sebuah hunian, maka sudah sepatutnya pintu masuk rumah menjadi sorotan dalam hal keamanan. Dari sanalah, setiap tamu, penghuni rumah, atau hewan peliharaan dapat memasuki rumah.

Maka itu, kamu bisa memasang CCTV di sudut pintu dan arahkan kamera ke teras rumah atau pintu masuk. Pasanglah di ketinggian yang tak terjangkau agar tak ada yang bisa merusaknya.

Apabila rumahmu bertingkat, pasang di lantai dua, tetapi arahkan ke pintu masuk rumah. Untuk keamanan ekstra, beri pentutup pelindung di sekeliling CCTV dengan casing logam supaya tak dapat dirusak oleh orang bermaksud buruk.

2. Pintu belakang rumah

Broadview Window

Selain pintu masuk depan, pintu belakang rumah juga perlu diberi sistem pengawasan CCTV. Hal ini bertujuan untuk memantau setiap orang yang mencoba memasuki rumah.

Posisi penempatan CCTV untuk pintu belakang juga persis dengan pintu depan rumah. Yakni diletakkan dengan ketinggian yang tak bisa digapai oleh manusia.

Pemasangan CCTV di lokasi ini dapat membantumu merekam aktivitas mencurigakan melalui pintu belakang rumah.

3. Jendela belakang

Tokopedia

Jika berencana ingin memasang CCTV di jendela, ada baiknya menempatkannya di jendela belakang rumah. Selain strategis dan tak menyolok, tata letak CCTV seperti ini juga berfungsi sebagai kamera tersembunyi.

Sehingga, sang pemilik rumah pun dapat melindungi rumah dari seseorang yang mencoba berbuat hal yang tak diinginkan dan mencegah terjadinya pembobolan rumah.

4. Kamar tidur anak

CASA Indonesia

Bagi orang tua, keselamatan sang buah hati menjadi nomor utama yang patut diperjuangkan. Mengingat, mereka dihadapkan risiko yang besar dalam hal yang mengancam, seperti penculikan, kekerasan, atau perundungan. Maka itu, mengawasi mereka dengan meletakkan kamera CCTV terbaik di kamar tidur anak merupakan langkah tepat untuk menjaga keselamatan.

Pemasangan CCTV yang praktis ini dapat membantu orang tua secara fleksibel memantau kondisi anak dari aplikasi pemantau, tanpa harus berada di lokasi.

5. Halaman belakang atau gerbang pagar belakang

House & Garden

Lokasi terbaik penempatan CCTV berikutnya adalah di halaman belakang atau gerbang pagar belakang. Demi meningkatkan keamanan ekstra, aktifkan fitur CCTV berupa lampu sorot, sensor gerak serta kamera pengintai night vision untuk melindungi rumah dan barang-barang dari pencurian. 

Apabila halaman belakang rumahmu dipagari, arahkan kamera CCTV tersebut ke arah gerbang masuk atau memberikan kamera tambahan pada gerbang belakang tersebut.

6. Garasi rumah

Garage Living

Sebagai ruang untuk menyimpan kendaraan pribadi, garasi rumah menjadi salah satu lokasi empuk para pencuri untuk menjalankan aksi bulusnya. Untuk alasan keamanan, meletakkan CCTV di dalam garasi rumah adalah cara terbaik untuk melindungi aset pribadi milikmu.

Pemasangan Kamera CCTV pada garasi yang baik harus mampu menjangkau pandangan jalan masuk dan bagian dalam garasi.

Itulah, informasi lengkap mengenai lokasi pemasangan CCTV yang tepat di rumah. Semoga dengan informasi ini, kamu bisa menciptakan kondisi rumah yang aman dari hal yang tak diinginkan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration