Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi Agar Dijauhkan dari Fitnah Dajjal

Yuk panjatkan Surah Al-Kahfi setiap hari Jumat

Natasha P.

Al-Kahfi merupakan surat ke-18 dengan jumlah 110 ayat dan tergolong dalam surat Makkiyah karena diturunkan di Mekkah. Surah ini memiliki banyak keutamaan dan disunahkan untuk membacanya setiap Jumat. Hal ini tak lepas dengan banyaknya peristiwa luar biasa yang telah ditetapkan Allah yang jatuh pada hari Jumat.

Anjuran untuk membaca Surah Al-Kahfi tertulis dalam kitab Shahih Muslim, sebagai berikut:

"Sebaik-baiknya hari ketika sang surya menyinarinya adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Nabi Adam'Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim)

Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi

pexels.com/thirdman

Banyak keutamaan dan keberkahan yang bisa kita petik saat membaca surah Al-Kahfi keutamaan. Di antaranya adalah dilindungi Allah SWT dari fitnah dajjal serta disinari cahaya di antara dua hari Jumat.

Inilah keutamaan keutamaan membaca surat Al-Kahfi l bagi umat muslim, merangkum dari berbagai sumber.

1. Terhindar dari fitnah Dajjal

pexels.com/Thirdman

Tertulis dalam sebuah hadis yang ditafsirkan oleh HR Ibnu Hibban, bahwa siapa saja yang membaca surat Al Kahfi minimal 10 ayat pada jari Jumat terlindung dari dari fitnah Dajjal yang sesat.

"Barang siapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Ibnu Hibban)

2. Berlimpahkan rida Allah

freepik.com

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi berikutnya adalah berlimpahkan Rida Allah dan dihilangkannya perasaan dan hati yang gelisah. Sebuah asa bagi seluruh umat muslim untuk mendapat limpahan rida Allah SWT, agar hidup terasa lebih tenteram dan damai. Dari Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Digugurkannya dosa kita oleh Allah SWT

pexels.com/Anastasia Shuraeva

Sebagai makhluk tak sempurna, kiranya kita pernah berbuat dosa dan khilaf, baik yang disadari maupun tak disadari. Sebagai umat muslim yang taat, maka sudah sepatutnya kita bertobat dan kembali ke jalan Allah SWT untuk menghapus dosa.

Selain salat Taubat, kamu bisa mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW dengan mengamalkan surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasullulah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat." (HR Ibnu Mardawaih, dari Ibnu Umar RA).

4. Mendapat cahaya kebaikan

Pinterest.com

Keutamaan membaca surah Al-Kahfi berikutnya adalah diberikan pahala dan senantiasa diberkahi cahaya kebaikan. Allah SWT juga memberikan syafaat di hari pembalasan kepada umat muslim yang rutin membaca surat Al-Kahfi.

Hal ini tertera sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

Artinya:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan "

5. Dijauhkan dari godaan setan

Popbela.com/AyuUtami

Setan punya seribu tipu daya untuk menyesatkan serta menjauhkan umat muslim dari Allah SWT. Untuk terhindar dari godaan setan, umat muslim juga perlu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya.

Sebagaimana sabda Rasulullah dari sebuah hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, dituliskan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah akan terlindungi dari setan sepanjang malam.

Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.

Demikianlah beberapa keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Semoga Allah SWT merahmati usaha kita semua dalam mencari kebaikan dan Rida-Nya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration