Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Fakta Menarik Piala Oscar yang Belum Banyak Orang Tahu

Harga Piala Oscar hanya dibanderol US$1 saja?

Natasha P.

Pada Senin, 13 Maret 2023 pagi waktu Indonesia, ajang penghargaan film bergengsi Academy Awards ke-95 resmi digelar. Dalam ajang penghargaan ini, sederet film terbaik sepanjang tahun 2022 siap memperebutkan gelar mereka.

Mengingat kembali daftar nominasinya, dari 23 kategori hampir semua diungguli oleh film keluaran A24, Everything Everywhere All At Once. Film yang dinahkodai oleh sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert sukses memboyong 9 nominasi, termasuk kategori Best Pictures dan Best Actress.

Kembalinya ajang penghargaan film tertinggi ini tak hanya membius euforia para penggiat industri film saja. Tetapi juga para pecinta film, yang berharap penuh aktor atau film favorit mereka memboyong Piala Oscar.

Pada artikel ini, Popbela akan mengajakmu larut dalam kemeriahan ajang Academy Awards. Sabar, tak perlu jauh-jauh terbang ke Dolby Theater Hollywood, kamu bisa turut merasakan euforia ini dengan mengenal 15 fakta menarik Piala Oscar. Meringkas dari ragam sumber, inilah daftarnya!

1. Memulai akting sejak 1977, aktris kondang Meryl Streep berhasil masuk 21 nominasi piala Oscar sepanjang kariernya. Ia bahkan berhasil memboyong pulang 3 Piala Oscar, lho!

pinterest / pinterest

2. Heath Ledger adalah aktor yang memenangkan Piala Oscar setelah meninggal. Akting apik Ledger sebagai Joker pada The Dark Knight (2008) membuatnya berhasil menjuarai kategori Pemeran Aktor Terbaik Academy Awards ke-81.

mtv.com

3. Walaupun mendapat 5 nominasi Academy Awards sebagai sutradara terbaik sepanjang kariernya, Alfred Hitchcock tak pernah memenangkan penghargaan bergengsi ini hingga akhir usianya pada 1980.

National Today

4. Pada tahun 2000, sebanyak 55 piala Oscar yang tersegel hilang dicuri. Anehnya, 52 piala tersebut berhasil ditemukan di tong sampah, walaupun 3 lainnya raib tanpa jejak.

NBC Boston

5. Walaupun hanya mendapat satu nominasi, Grand Hotel (1932) berhasil membawa pulang Piala Oscar pada kategori Film Terbaik.

TCM.com

6. Lewat The Hurt Locker, Kathryn Bigelow menjadi sutradara perempuan pertama yang berhasil memenangkan Piala Oscar pada Academy Awards ke-82 pada tahun 2010.

Variety.com

7. Tatum O'Neal adalah aktris termuda yang berhasil menyabet Piala Oscar untuk Aktris Pemeran Pembantu terbaik lewat film Paper Moon (1973).

Independent.com

8. Marlo Brando dan Robert De Niro memenangkan Piala Oscar dalam kategori Aktor Terbaik setelah memerankan tokoh yang sama, yaitu Vito Corleone. Brando membintangi The Godfather (1972) sedangkan De Niro dalam The Godfather II (1974).

Oscar.org

9. Lucunya, beberapa pemenang Piala Oscar lupa meletakkan dan "menghilangkan" trofi ajang bergengsi tersebut. Di antaranya adalah Angelina Jolie, Jeff Bridges, dan Matt Damon.

Pinkvilla

10. Pemenang Oscar hanya boleh menjual pialanya ke penyelenggara Academy Awards. Bahkan harganya hanya boleh dibanderol US$1 saja. Sebuah trik cerdas agar Piala Oscar tak diperjualbelikan dengan bebas?

Oscar.org

11. Pada 1929, Harga tiket Academy Awards pertama hanya dikenakan US$5.

Oscar.org

12. Namun jangan tergiur dengan harga tersebut. Pada tahun ini, harga tiket Academy Awards melambung drastis, yakni US$150- US$750. Harga tiket ini dipatok dengan menyesuaikan inflansi ekonomi yang melonjak setiap tahunnya.

Academy Awards

13. Oscar Hammerstein II adalah satu-satunya peraih bernama "Oscar" yang sukses menggaet dua Piala Oscar. Ia berhasil memenangkan kategori Lagu Terbaik pada film The Last Time I Saw Paris (1942) dan film Lady Be Good, "It Might as Will Spring" (1946).

New York Theater

14. Kevin O'Connell sudah masuk nomine kategori Penata Musik Terbaik sebanyak 21 kali sepanjang kariernya. Berbuah manis, ia berhasil memenangkan Piala Oscar kategori tersebut pada 2017.

Oscar.org

15. Insiden adu jotos Will Smith-Chris Rock pada malam Academy Awards ke-94, tepatnya 2022 silam tentu menggegerkan publik. Ini menjadi peristiwa kericuhan pertama kali dalam sejarah ajang perfilman prestisius tersebut.

news.sky.com

Itulah fakta menarik Piala Oscar yang belum banyak diketahui publik. Sebagai ajang penghargaan paling bergengsi, perhelatan Academy Awards selalu mencuri perhatian jutaan pasang mata setiap tahunnya. Apakah ada fakta menarik yang kamu ketahui, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration