Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bagaimana Miliarder Menghabiskan Hari Mereka? Simak 10 Kisahnya

Berniat mengikuti jejak mereka?

Aisyah Banowati

Setiap harinya, Forbes memantau Peringkat Miliarder Real-Time untuk melihat naik turunnya posisi orang terkaya di dunia, secara harian. Miliarder memainkan peran besar dalam membentuk ekonomi global dan politik. Lewat platform ini, semua orang dapat melihat pembaruan dari kekayaan bersih dah peringkat setiap individu yang dikonfirmasi oleh Forbes sebagai miliarder. 

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana seseorang dapat begitu kaya raya? Apa yang mereka lakukan setiap harinya? Mengapa mereka bisa begitu berpengaruh? Pertanyaan tersebut mungkin tidak memiliki jawaban yang pasti seperti soal matematika, namun kamu dapat mengintip rutinitas harian para miliarder dunia yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber ini. Let’s check this out!

1. Jack Ma

nymag.com

Pendiri Alibaba, Jack Ma, biasanya bangun antara pukul 06.00 dan 07.00 pagi untuk berolahraga dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Dirinya memiliki pelatih Tai Chi yang akan menemaninya bepergian jika memang diperlukan. 

Pada Forum Ekonomi Dunia 2019 lalu Jack Ma mengatakan bahwa ia memprioritaskan istirahat dan tidur saat menghadapi banyak stres. Setelah memiliki istirahat yang cukup akan ada kesempatan yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

2. Jack Dorsey

reuters.com

Salah satu pendiri dan mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, memulai paginya dengan bangun pukul 05.00 pagi. Ia menggunakan waktunya untuk meditasi selama satu jam di pagi dan malam hari. 

Jack Dorsey berangkat ke kantor dengan berjalan atau jogging, jika tidak sedang ke kantor ia akan menggantinya dengan workout atau melakukan interval intensitas tinggi dengan sepeda olahraga.

Ia juga terkenal karena memulai hari dengan mandi air dingin, menurutnya ini akan membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri. Diketahui jika ia hanya makan saat waktu makan malam. Hidangan yang biasa ia konsumsi adalah ikan, ayam, atau steak dengan salad.

3. Mark Zuckerberg

britannica.com

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, bangun jam 08.00 pagi dan langsung mengecek Facebook, Facebook Messenger, dan WhatsApp selama beberapa menit. Ia kemudian meletakkan ponselnya dan memulai harinya dengan berolahraga. Mark biasanya berolahraga sekitar tiga kali seminggu. 

Mark tidak terlalu pemilih dengan menu yang akan ia makan, sehingga ia akan memakan apa saja untuk sarapan. Ia dikenal tidak suka membuang waktu untuk keputusan kecil, maka tak mengherankan melihatnya memakai ‘seragam kerja’ yang sama setiap hari—jeans yang berpadu dengan sepatu kets dan kaus abu-abu. 

4. Elon Musk

elmundo.es

Elon Musk bangun sekitar pukul 07.00 pagi dengan waktu tidur sekitar 6-6,5 jam setiap harinya. Ia pernah menyampaikan jika kurang tidur dapat menurunkan produktivitasnya. Ia juga selalu mandi, meski kebanyakan orang akan melewatkan waktu mandi demi memiliki waktu kerja yang lebih banyak. 

Saat makan siang ia menghabiskan waktu selama lima menit dan terbiasa untuk melewatkan sarapan, jika ia memutuskan untuk sarapan biasanya Elon akan memakan telur dadar. Elon pernah mengatakan jika ia tidak akan berolahraga sama sekali jika ia bisa, namun memahami betapa pentingnya olahraga ia tetap meluangkan waktunya untuk mengangkat beban atau berlari di atas treadmill.

5. Steve Jobs

entrepreneur.com

Salah satu pendiri Apple dan Pixar Animation Studios, Steve Jobs, dikenal karena kepribadiannya yang inovatif. Hari kerja Steve Jobs biasanya dimulai pukul 09.00 pagi dan menghabiskan hari dengan rapat. 

Di malam hari, Steve Jobs akan makan malam bersama keluarganya. Kemudian, ia akan mendengarkan musik, bermeditasi, dan berlatih spiritualitas. Setelah menidurkan putranya, Steve Jobs akan pergi tidur sekitar pukul 10 malam.

6. Oprah Winfrey

gsb.stanford.edu

Hal pertama yang dilakukan Oprah setelah bangun pada pukul 07.00 pagi adalah menyikat giginya. Ia kemudian mengajak kelima anjingnya untuk berjalan-jalan di sekitar halaman dan membuat secangkir espresso. Sembari menunggu kopinya, Oprah membaca kartu dari kotak 365 Gathered Truths miliknya. 

Setiap harinya, Oprah Winfrey memiliki serangkaian kegiatan spiritual seperti membaca Bowl of Saki dari ponselnya lalu bermeditasi. Setelah meditasi, ia akan meluangkan waktunya selama satu jam untuk berolahraga. Di sela-sela kesibukannya, Oprah selalu mencoba makan siang di taman dengan masakan dari hasil kebun miliknya. 

Di sore hari Oprah akan fokus mengurus bisnis dan mengecek keuangannya. Baru kemudian ia akan kembali berolahraga dan membaca di kedai teh saat matahari tenggelam. Oprah akan makan malam pada pukul 18.00 lalu menghabiskan waktunya dengan duduk di sekitar api unggun, membaca, dan minum teh herbal. Baru sebelum tidur ia akan mandi. 

7. Warren Buffett

investopedia.com

Warren Buffett biasanya akan tidur selama delapan jam dan terbiasa bangun pukul 06.45 pagi. Ia memulai paginya dengan membaca koran seperti Wall Street Journal dan USA Today. Uniknya, ia akan memulai hari dengan Coca-Cola dibandingkan kopi. Kabarnya, Warren Buffett minum soda manis ini sebanyak lima kaleng per hari. 

Untuk menu sarapan, Warren Buffett akan mampir ke McDonalds dengan menu yang berbeda-beda, tergantung pasar saham hari tersebut. Setibanya di kantor, ia menghabiskan waktunya untuk membaca. Setelah bekerja, ia menikmati waktunya dengan bersantai melalui permainan bridge dan dikenal suka memainkan ukulele. 

8. Jeff Bezos

news.sky.com/

Jeff Bezos adalah mantan CEO Amazon, pendiri Blue Origin, dan pemilik The Washington Post. Meski memiliki segudang pekerjaan, hari-hari miliarder yang satu ini tidak terburu-buru. Ia terbiasa untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Di waktu sarapan ia senang makan bersama anak-anaknya sembari membaca koran dan minum kopi. 

Biasanya, ia akan mengatur meeting pertamanya di jam 10 pagi, pertemuan pertama di hari itu adalah yang paling memerlukan kekuatan otak. Ia akan menghindari mengambil keputusan penting pada pukul 17.00 sore dan memilih untuk memikirkannya kembali pada pukul 10 pagi esok hari.

9. Bill Gates

twitter.com/BillGates

Meskipun rutinitas harian Bill Gates sangat bervariasi, namun ada kebiasaan tertentu yang ia lakukan setiap hari. Bill Gates akan memulai harinya di gym dan menghabiskan satu jam untuk berolahraga di atas treadmill sambil menonton serial Great Courses dari perusahaan pengajaran. 

Tidak lupa ia akan menyempatkan waktu untuk membaca berbagai surat kabar untuk mengetahui informasi terbaru dari seluruh dunia. Merangkum dari berbagai sumber, Bill Gates memiliki rutinitas mirip Elon Musk, ia akan membagi jadwal hariannya menjadi interval lima menit. Secara teratur, ia juga mencatat rencana dan idenya. 

Setiap harinya, Bill Gates akan menyisihkan waktu untuk membaca, dalam setahun ia bisa menghabiskan 50 buku. Selain membaca, ia suka menghabiskan waktu dengan anak-anaknya dan di penghujung hari ia akan mencuci piring untuk menghilang stres dari hari itu.

10. Sara Blakely

atlantamagazine.com

Sara Blakely—pendiri Spanx—memulai paginya dengan melakukan yoga pada pukul 06.30. Baru setelahnya ia menghabiskan waktu untuk menyiapkan anak-anaknya pergi ke sekolah. Untuk menghemat waktu, Sara mengkonsumsi sarapan yang sama setiap pagi yaitu smoothie. Karena jarak rumah dengan tempat kerjanya hanya enam menit, terkadang ia memperpanjang menjadi satu jam untuk berpikir.

Sara Blakely suka membagi minggunya menjadi hari-hari bertema, seperti Senin untuk berkreasi dan berpikir, Rabu untuk meeting, dan Kamis sebagai hari di mana ia menghabiskan waktunya bersama produk dan tim kreatif. Untuk bersantai dari jadwal yang padat, Sara Blakely mandi setiap malam. Menurutnya, mandi akan menenangkan tubuh dan membantunya tetap hangat di tempat tidur. 

Rutinitas harian memainkan peran yang penting dalam kesuksesan. Beberapa kesamaan di antara para miliarder di atas adalah mereka selalu bangun pagi dan berusaha untuk memiliki tidur yang cukup. Kalau kamu masih suka bergadang, nggak?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration