Pernahkah kamu membayangkan bagaimana dunia ini telah melalui proses peradaban dan evolusi manusia yang memakan waktu sangat lama? Mulai dari zaman purba hingga ke zaman ketika para tokoh dunia melakukan penemuan dan perubahan positif bagi kehidupan manusia.

Namun, tokoh dunia mana saja yang dapat dikatakan paling berpengaruh? Melansir dari wmich.edu, A&E asal Amerika Serikat melibatkan setidaknya 360 jurnalis, ilmuwan hingga pakar teologi untuk mengurut 100 nama tokoh dunia yang dianggap paling berpengaruh. Siapa saja?

Berikut adalah lima nama tokoh dunia paling berpengaruh:

1. Johannes Gutenberg

Daftar Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusiabritannica.com

Negara asal: Jerman | Dikenal atas: penemuan movable printing press

Pada 1440-an, mesin cetak memang telah ada. Terbukti dari beragam bentuk pencetakan yang sangat sederhana yang dapat ditemukan di Tingkok maupun Korea pada sekitar 175 AD. Namun, Johannes Gutenber tampaknya terinspirasi untuk memodifikasi alat cetak yang lebih baik.

Bahkan, Beliau tercatat telah menciptakan begitu banyak jenis mesin cetak seperti, mesin print yang moveable berbasis tinta, serta cetakan yang dapat disesuaikan dengan baik. Ia pun disebut sebagai 'the father of a printing revolution' dan hasil karya cetak pertamanya disebut 'gutenberg bible.'

2. Isaac Newton

Daftar Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusianationalgeographic.com

Negara asal: Inggris | Dikenal atas: penemuan hukum gerak Newton, mekanika Newton, dan lainnya.

Apabila ilmu Matematika dan Fisika yang ditemukan oleh Isaac Newton tidak pernah ada, maka kamu tentu tidak akan mungkin memahami kenapa benda jatuh ke bawah dan fenomena-fenomena kehidupan lainnya. Tanpa terkecuali kemajuan teknologi yang melibatkan kedua ilmu tersebut.

Yup, semasa hidupnya, Isaac Newton memeprkenalkan beberapa teori dan hukum seperti, hukum gerak Newton, mekanika Newton, gravitas universal, kalkulus, optika, deret binomial, principia, metode Newton dan masih banyak lagi. Penemuan tersebut membuatnya disebut sebagai 'bapak Ilmu Fisika klasik.'

Meskipun, ada beberapa penelitian yang meragukan peran Newton dan Gottfried Leibniz  dalam penemuan kalkulus. Dr George Gheverghese Joseph, seorang anggota tim peneliti, dari universitas Manchester dan Exeter mengatakan The Kerala School adalah sekelompok sarjana dan matematikawan yang kurang dikenal di India, dari abad ke-14, mengidentifikasi "deret tak hingga"-salah satu komponen dasar kalkulus-sekitar tahun 1350.

3. Martin Luther

Daftar Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusiajawaban.com

Negara asal: Romawi | Dikenal atas: tulisan-tulisan yang melopori reformasi Protestan

Nama Martin Luther muncul ke atas permukaan ketika Beliau menentang beberapa ajaran dan praktik dalam Gereja Katolik Roma. Melansir dari Wikipedia Indonesia, ia tercatat membantah beberapa pandangan Katolik pada masa itu. Kritiknya disuarakan melalui beberapa karya seperti, 95 Tesis (1517).

Dari beragam aksi pertentangan tersebut, Martin Luther dianggap sebagai salah satu tokoh pencetus reformasi Kristen Protestan. Nilai-nilai terkait turut ditulis olehnya dalam beberapa karya seperti Kepada Bangsawan Kristen dari Negara Jerman (1520) dan Tentang Kebebasan Seorang Kristen (1520).

4. Charles Darwin

Daftar Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusiadiscovery.org

Negara asal: Inggris | Dikenal atas: teori evolusi manusia dan spesies lainnya

Berbicara mengenai evolusi maupun peradaban manusia, nama Charles Darwin cukup dikenal sebagai salah satu tokoh dunia yang memiliki kontribusi terhadap teori terkait. Dalam teorinya, Beliau mengemukakan bahwa semua spesies pada hakikatnya berasal dari nenek moyang bersama dan berkembang dari waktu ke waktu.

Secara spesifik, teori evolusi yang dikemukakannya dijelaskan dengan beragam bukti dalam bukunya yang berjudul On the Origin of Species (1859). Lebih lanjut lagi, Charles Darwin menjelaskan evolusi manusia dan seleksi seksual dalam The Descent of Man, and Selection in Relation to Sex (1871) dan The Expression of the Emotions in Man and Animals (1871). Meskipun, masih ada missing link dari teori evolusi manusia miliknya. Missing link senidiri adalah istilah non-ilmiah untuk transisi fosil.

5. William Shakespeare

Daftar Tokoh Dunia Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusiatelegraph.co.uk

Negara asal: Inggris | Dikenal atas: karya kolaborasi

Kamu pasti cukup familiar dengan setidaknya satu kisah romansa karya William Shakespeare yaitu, Romeo and Juliet. Mungkin kamu pun cukup menyukai kisah Macbeth yang tidak asing di dunia sastra maupun perfilman. Itu artinya, kamu menyetujui bahwa William Shakespeare adalah sosok penyair yang sangat diperhitungkan.

Yup, sebagai penyair nasional Inggris, Beliau telah banyak menghasilkan karya-karya kolaborasi seperti, 39 drama, 154 soneta, dua sajak naratif hingga sejumlah syair lainnya. Atas dasar itulah, nama William Shakespeare dijuluki sebagai ‘Pujangga dari Avon’ sekaligus penulis terhebat dan dramawan termahsyur.

 Apakah kamu setuju dengan kelima nama tokoh dunia yang dinilai paling berpengaruh di atas? Atau mungkinkah, kamu memiliki nama lain dengan alasan tersendiri?

Baca Juga: Hitler hingga Nelson Mandela: 5 Fakta Positif dan Negatif Tokoh Dunia

Baca Juga: Sebelum Kristen dan Islam, Ini 8 Agama Tertua di Dunia

Baca Juga: Ada Negara Tak Rayakan Ulang Tahun, Ini 10 Fakta Unik Negara di Dunia