Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Dekorasi Lebaran, Agar Ramadan Semakin Meriah

Yuk, percantik rumah biar makin semangat berpuasa

Aisyah Banowati

Kurang pas rasanya jika meriahnya suasana Ramadan tidak ditambah dengan dekorasi yang tepat. Penambahan lampu-lampu gantung, karangan bunga, atau hiasan berbentuk bulan dan bintang tentunya akan mempercantik rumah.

Terciptanya nuansa Ramadan yang kental, akan meningkatkan semangat saat menjalani ibadah puasa. Masih bingung ingin menghias rumah dengan apa? Yuk, percantik sudut rumah dengan berbagai hiasan menarik! 

1. Kertas Ramadan kareem hijau dan kuning

id.pinterest.com/picketfencearts

Ramadan Kareem artinya Ramadan yang pemurah atau murah hati. Biasanya, kata-kata ini diucapkan sebagai harapan, agar Ramadan kali ini dapat bermurah hati dan memberi keberkahan bagi semua. Menonjolkan kesan sederhana dan elegan, hiasan kertas Ramadan kareem hijau dan kuning akan menambah nuansa meriah selama bulan Ramadan.

2. Papan kapur

www.theknot.com

Selain menggunakan buku planner untuk merencanakan kegiatan ibadah selama bulan Ramadan, kamu bisa menggantinya dengan papan kapur. Menambahkan kesan estetik di sudut kamar, kamu dapat mengubah isinya sesuai dengan kebutuhan. Isinya bisa mulai dari catatan harian, jadwal sahur dan berbuka, hingga kata-kata penyemangat.

3. Dekorasi pintu

Berbagai Sumber

Menampilkan bulan, bintang, dan lentera, siapa pun yang berkunjung ke rumah akan disambut suasana meriah. Jika ingin menonjolkan kesan yang maskulin nan elegan, pilihlah hiasan berbahan kayu ramah lingkungan. Kamu dapat meletakkannya di depan pintu rumah, atau memanfaatkannya sebagai hiasan dinding. 

4. Toples miniatur berbentuk masjid

Berbagai Sumber

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, salah satu keberkahanya, kamu dapat merekatkan diri dengan anggota keluarga saat waktu berbuka. Letakkan sedikit hiasan pada meja makan, agar waktu berbuka nanti terasa lebih hangat, sehingga kamu semakin betah berlama-lama duduk bersama.

5. Lentera

istockphoto.com/ferozeea

Masyarakat Mesir tradisional akan menyalakan dan menggantung lentera selama bulan Ramadan. Memancarkan cahaya berpola sesuai dengan wadahnya, lentera akan memberikan kesan yang berbeda tergantung motif yang kamu pilih.

Lentera dengan warna redup akan menonjolkan kesan romantis, lentera dengan motif etnik akan memberikan sentuhan eksotik, dan lentera keramik membuat ruang terkesan lebih mewah dan berkelas.

6. Lampu tirai bintang

id.aliexpress.com

Yuk, terangi rumah selama bulan Ramadan dengan lampu tirai bintang ini. Penambahan lampu tirai akan menciptakan cahaya hangat, sehingga suasana di dalam ruangan akan terasa lebih nyaman. Lampu tirai bintang memiliki sifat fleksibel, sehingga cocok digunakan pada seluruh ruangan. 

7. Lampu LED tumblr tema Ramadan

walmart.ca

Selain lampu tirai berbentuk bintang, lampu tumblr dengan bohlam bertema Ramadan akan menambah keceriaan selama bulan Ramadan. Memiliki bohlam berbentuk masjid, bulan, bintang, lampu tumblr cocok digantung di halaman rumah. Selain itu, lampu tumblr mudah dipasang dan dibongkar, sehingga jika kamu menyimpannya dengan baik, dapat digunakan untuk tahun berikutnya.

8. Bunga sedap malam

gardeningknowhow.com

Terkenal karena sering digunakan sebagai pewangi alami ruangan, bunga sedap malam akan memberi nuansa lebih segar saat berkumpul. Aromanya yang menenangkan, serta bentuknya yang indah dengan kelopak putih, akan mempercantik ruangan kamu. Cukup letakkan bunga sedap malam segar di dalam vas berisi air untuk dapat menikmati harumnya.

9. Lilin aromaterapi

Berbagai Sumber

Wadah lilin aromaterapi bertema Ramadan dapat menjadi salah satu dekorasi ruangan yang cantik. Selain mempercantik ruang, aroma lilin aromaterapi bermanfaat untuk mengurangi stres dan rasa cemas berlebih. Biasanya, lilin aromaterapi dinyalakan sebelum tidur untuk membantu agar tertidur lebih cepat dan nyenyak.

Itulah beberapa rekomendasi hiasan untuk mendekorasi rumah selama bulan Ramadan. Yuk, ciptakan suasana meriah selama bulan Ramadan, agar lebih bersemangat saat menjalani ibadah puasa.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration