Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Paling Banyak dicari di Tahun 2023 Menurut Google Search

Berasal dari film produksi Hollywood & Bollywood

Aisyah Banowati

Menutup tahun 2023, ada banyak sineas yang menggelontorkan karyanya dari berbagai belahan dunia. Di antara banyaknya judul film yang telah tayang, Google merangkum sepuluh film yang paling banyak dicari selama tahun 2023. 

Menariknya, rata-rata judul yang masuk ke dalam daftar berhasil menjadi box office, baik secara domestik maupun di seluruh dunia. Meski di Indonesia, Korean wave mendominasi, namun beda pendapat dengan masyarakat dunia, karena ternyata film Hollywood dan Bollywood justru mendominasi kunci pencarian di Google. 

Ada apa saja? Berikut daftarnya.

1. Barbie

Barbie berhasil mencetak sejarah baru dengan menjadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Film ini berhasil meraup US$1,442 miliar. Selain menggandeng Margot Robbie sebagai tokoh utama, Barbie turut mengajak Dua Lipa, Sharon Rooney, hingga Anna Cruz Kayne sebagai Barbie versi lain. 

Di bulan Oktober 2021, Ryan Gosling resmi bergabung untuk memerankan Ken. Film yang disutradarai oleh Greta Gerwig ini turut menampilkan Kingsley Ben-Adir, Scott Evans, hingga Simu Liu untuk menampilkan Ken versi lain. Proses syuting kemudian dimulai pada Maret 2022 di Los Angeles.

2. Oppenheimer

Christopher Nolan kembali membuat masterpiece lewat Oppenheimer. Sutradara kondang tersebut menulis sekaligus menyutradarai Oppenheimer yang didasarkan pada buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer

Tokoh Oppenheimer sendiri diperankan oleh Cillian Murphy yang diketahui dihubungi langsung oleh Nolan. Keduanya telah bekerja sama selama lebih dari 20 tahun, namun ini kali pertama aktor asal Irlandia tersebut menjadi tokoh utama dalam karya Nolan. 

Bukan hanya Cillian Murphy, aktris Emily Blunt hadir sebagai Kitty—istri Oppenheimer, Robert Downey Jr. bergabung sebagai Lewis Strauss, Matt Damon memerankan Letjen Leslie Groves, hingga Josh Hartnett yang tampil sebagai Ernest Lawrence.

3. Jawan

Jika diterjemahkan, "Jawan" artinya prajurit. Film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan ini berhasil menjadi hit besar dengan bertengger di puncak box office saat penayangannya. Jawan berhasil menjadi film Hindi pertama dalam sejarah sinema Hindi yang melampaui ₹1.100 crores di seluruh dunia. 

Disutradarai oleh Atlee dengan naskah yang ditulis bersama oleh Atlee, Sumit Arora dan Ramanagirivasan, Jawan dirilis dalam bahasa Hindi, Tamil dan Telugu. Film ini juga menandai debut Nayanthara yang berperan sebagai Sanya—seorang jurnalis investigasi—dalam film berbahasa Hindi. 

4. Sound of Freedom

Kontroversi melekat erat dengan Sound of Freedom sebab jalan cerita film ini dianggap bersifat politis. Beberapa pihak menganggap jika Sound of Freedom mengangkat kisah Tim Ballard yang merupakan pendiri kelompok anti perdagangan manusia, Operation Underground Railroad (O.U.R). 

Namun, Angel Studios selaku distributor film membantah tuduhan tersebut dengan menekankan jika film ini bukan tentang teori konspirasi apalagi politik. Sound of Freedom adalah sebuah fiksi thriller yang mengisahkan seorang mantan agen pemerintah yang memulai misi berbahaya demi menyelamatkan ratusan anak.

5. John Wick: Chapter 4

Kehidupan mantan pembunuh bayaran, John Wick, memasuki babak baru. Sejak film pertamanya, John Wick masih dibintangi oleh Keanu Reeves dan disutradarai oleh Chad Stahelski. 

Menariknya, John Wick: Chapter 4 adalah film pertama yang tidak ditulis oleh Derek Kolstad. Dalam saga keempatnya ini, sang mantan agen yang berstatus Excommunicado tersebut sedang mempersiapkan diri untuk mengalahkan High Table demi mendapatkan kebebasan.

6. Avatar: The Way of Water

Setelah penantian panjang, kisah Jake Sully dan Neytiri berlanjut lewat Avatar: The Way of Water. Kembali digarap oleh Cameron Dallas, film ini akan berfokus pada upaya Jake dan Neytiri untuk menjaga anak-anak mereka, serta perjuangan mereka melindungi Pandora dari ‘Orang Langit’. 

Avatar: The Way of Water berhasil menjadi box office dengan mengumpulkan pendapatan sekitar 2 miliar dolar dari seluruh dunia. Tak lama setelah Avatar: The Way of Water tayang, Cameron Dallas mengungkapkan niatnya untuk menggarap empat sekuel lagi. Dari kabar yang terdengar, kemungkinan kelanjutan dari film ini akan tayang tahun depan. 

7. Everything Everywhere All at Once

Awalnya, Everything Everywhere All at Once menggunakan judul A Woman Tries to Do Her Taxes demi menjaga kerahasiaan selama proses produksi. Jika kamu sudah menonton film ini pasti menyadari betapa rumitnya ini, namun semua proses syuting selesai dalam waktu 40 hari. 

Di sisi lain, berkat perannya sebagai suami dari Evelyn (Michelle Yeoh), Ke Huy Quan berhasil masuk dalam nominasi dan meraih penghargaan Golden Globe pertamanya dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik. Dirinya telah memulai akting sejak berumur 12 tahun lewat perannya dalam Indiana Jones.

8. Gadar 2

Gadar 2 merupakan kelanjutan dari Gadar: Ek Prem Katha yang tayang di tahun 2001 silam. Di film pertamanya, Gadar menyuguhkan kisah cinta Tara Singh (Sunny Deol) dan Sakeena (Ameesha Patel) yang berhasil menjadi blockbuster pada masanya. 

Bahkan, kisah yang dihadirkan Gadar berhasil membuat film ini dipuji sebagai mahakarya klasik sebab rangkaian aksi yang intens. Pada film keduanya, Gadar 2 berfokus pada misi Tara Singh untuk menyelamatkan anaknya Charanjeet (Utkarsh Sharma).

Sekuel Gadar ini akan mengambil latar selama perang India-Pakistan yang terjadi di tahun 1971. Sutradara Anil Sharma—yang juga menggarap film pertamanya—kembali dengan menggandeng Shaktimaan Talwar sebagai penulis skenario. 

9. Creed III

Debut perdana Michael B. Jordan sebagai sutradara akhirnya dimulai lewat Creed III. Selain menjadi sutradara, dirinya juga bermain peran sebagai petinju. 

Film bergenre olahraga ini mengangkat cerita tentang perselisihan antara Adonis Creed (Michael B. Jordan) dan Damian Anderson (Jonathan Majors) yang membawa keduanya sampai di atas ring tinju. 

Tak tanggung-tanggung, produksi Creed III sampai mengajak dua sosok petinju profesional, Gabriel Rosado dan Tony Bellew untuk ikut bermain dalam film ini.

10. Pathaan

Setelah empat tahun memutuskan untuk vakum, Shah Rukh Khan kembali lewat Pathaan. Menariknya, film ini menjadi film Bollywood pertama yang diproduksi menggunakan kamera IMAX oleh sutradara Siddharth Anand. 

Salah satu adegan aksi terbaik dalam Pathaan terinspirasi dari gerakan gulat WWE. Tendangan Shah Rukh Khan diambil dari lagu Shawn Michaels dan pukulan John Abraham berasal dari “Superman Punch” karya Roman Reigns. 

Lucunya, saat syuting adegan di kereta api antara Shah Rukh Khan dan Salman Khan, kru produksi sengaja menyetel musik dengan tema perang. Lewat penayangannya, Pathaan resmi menjadi franchise dunia mata-mata keempat Yash Raj Films setelah Ek Tha Tiger (2012), Tiger Zinda Hai (2017) dan War (2019). 

Itulah sepuluh film paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2023. Dari deretan judul di atas, mana yang jadi favorit kamu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration