Selain jerawat dan noda hitam, salah satu masalah kulit yang paling sering dialami perempuan Indonesia adalah munculnya tanda-tanda penuaan. Tak pandang umur, kini tanda-tanda penuaan kulit sudah muncul di usia sedini mungkin.

Penyebab munculnya penuaan kulit juga sangat beragam, mulai dari usia, polusi, hingga gaya hidup. Selain merawat dari dalam, kamu juga bisa mencegah penuaan kulit dari luar menggunakan perawatan kulit yang memiliki tujuh kandungan ini!

1. Antioksidan

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulitallure.com

Mampu mencegah radikal bebas dan memperbaiki kerusakan jaringan kulit, antioksidan menjadi salah satu kandungan yang mampu mencegah penuaan kulit. Umumnya, antioksidan dapat diperoleh dari aneka tumbuhan dan buah-buahan seperti teh hijau, buah delima, dan daun moringa. 

2. Retinol

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulitcosmopolitan.com

Kamu pasti udah nggak asing lagi kan dengan kandungan yang satu ini. Retinol merupakan turunan dari vitamin A berasal dari binatang, tepatnya enzim dari susu atau telur. Retinol bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen dan meregenerasi sel kulit. Oleh karena itu, retinol menjadi salah satu kandungan yang dipercaya dapat mencegah penuaan kulit.

3. Ceramide

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulit

Ceramide merupakan golongan asam lemak yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah penuaan kulit. Kandungan  ini berfungsi untuk memberikan hidrasi dan mengencangkan, sehingga mampu mengendalikan penuaan pada kulit karena mengunci kelembapan kulit secara optimal. 

4. AHA dan BHA

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulitbusinessinsider.com

Kedua kandungan ini bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit mati. Selain itu, AHA dan BHA juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Dengan rutin menggunakan AHA dan BHA maka kulit akan terasa lebih sehat dan kenyal. Jadi, selamat tinggal pada penuaan kulit! 

5. Niacinamide

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulitlifestyleasia.com

Pasti kamu sudah pernah mencoba skincare yang memiliki kandungan niacinamide. Salah satu bentuk dari vitamin B3 ini mampu memperlambat proses pembentukan melanin ke lapisan terluar kulit dan memperbaiki skin barrier. Sehingga, kulit terasa lebih sehat, cerah, dan jauh dari tanda-tanda penuaan.

6. Vitamin C

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulitcosmo.ph

Tak hanya mampu mencerahkan dan memudarkan noda hitam, vitamin C juga bermanfaat mencegah tanda-tanda penuaan kulit. Vitamin C bekerja dengan menghambat pertumbuhan pigmen melanin, menangkal radikal bebas, dan membantu produksi kolagen. Vitamin C juga aman digunakan untuk semua jenis kulit. Wajib kamu coba sedini mungkin nih, Bela! 

7. Avobenzone

7 Kandungan Skincare untuk Mencegah Penuaan Kulitbusinessinsider.com

Avobenzone merupakan salah satu bahan utama yang terdapat di dalam sunscreen. Kandungan ini bersifat lebih stabil ketika kulit terkena paparan sinar matahari. Avobenzone bekerja melindungi kulit dengan cara memblokir sinar ultaviolet A yang dipancurkan oleh matahari. Oleh sebab itu, avobenzone bisa menjadi salah satu kandungan yang mampu mencegah penuaan pada kulit.

Jadi, itu dia tujuh kandungan aktif yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Yuk, mulai rawat kulit sedini mungkin dan selamat tinggal penuaan kulit! 

Baca Juga: Sebagai Anti-Aging, Ini 7 Rekomendasi Produk dengan Kandungan Retinol

Baca Juga: Kulit Cerah dan Glowing dengan 7 Rekomendasi Serum Vitamin C Ini!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Tentang Penuaan Kulit