Skincare terbaru yang dirilis saat ini kebanyakan mulai menonjolkan zat-zat atau formula tertentu yang diklaim baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seperti salah satunya ceramide

Istilah ilmiah itu kita yakini sebagai kandungan yang wajib ada dalam rangkaian perawatan sehari-hari. Namun sebenarnya, apa itu ceramide? Apa memang penting untuk diaplikasikan ke kulit kita? Ada baiknya kita kenali lebih dalam fakta ceramide di bawah ini.

Apa Itu Ceramide? Kenali Sebelum Memakainya
 

Berdasarkan penjelasan celebrity esthetician Renée Rouleau, ceramide adalah lipida lilin alami yang terdapat pada seluruh lapisan epidermis. Ketika berfungsi secara efektif, ceramide melindungi kulit dari polusi, bakteri, dan gangguan lingkungan yang menyerang kulit. "Nggak hanya itu, lipida lilin ini penting karena menjaga sel kulit saling melekat. Semua orang memiliki, dan memerlukan ceramides untuk mendapatkan perlindungan kulit yang sehat," tambah Rachel Nazarian, MD, dermatologis di New York seperti yang dikutip dari Byrdie.

Apa Itu Ceramide? Kenali Sebelum Memakainya
 

Ceramide adalah tipe molekul yang kaya lemak, memberi perlindungan pada kulit dari infeksi dan menjaga kelembapannya dari dalam. Kalau kulit terasa kering, tandanya lipida lilin hilang dari lapisan kulit. "Begitu juga pada penderita ekzema dan psoriasis. Jadi, skincare yang mengandung ceramides dapat menyembuhkan lapisan kelembapan dan mengembalikan kondisi kulit lebih sehat dengan mengurangi kering, kemerahan, dan iritasi," papar Rouleau.

Apa Itu Ceramide? Kenali Sebelum Memakainya
 

Ketika perlindungan kulit rusak, akan memunculkan retakan kasat mata yang membuat kelembapan menguap. Hal itu juga menyebabkan zat-zat iritan cepat masuk ke dalam kulit dan memicu sensasi yang nggak nyaman. "Ketika menjadi salah satu bahan dalam rangkaian perawatan kulit, ceramide akan membentuk perlindungan waterproof pada permukaan kulit, serta mengatur sel-sel kita," jelas Rouleau.

Apa Itu Ceramide? Kenali Sebelum Memakainya
 

Lipida lilin yang terdapat dalam kulit akan menurun setelah usia memasuki 30 tahun. Jadi, memasukkan skincare dengan bahan ceramide dalam perawatan kita akan sangat berguna untuk kesehatan kulit, terutama bagi yang memiliki kulit kering, menua, mengalami ekzema atau dermatitis atopik, dan sensitif. "Mereka dengan kondisi kulit sensitif diduga memiliki level atau kelainan bentuk ceramide dan ini dapat berpengaruh pada tingginya peradangan kulit kering dan meningkatnya kerentanan pada infeksi kulit," ujar Nazarian.

Kini, sudah tahu lebih banyak soal ceramide. Apakah kamu membutuhkannya atau nggak, pertimbangkan kondisi kulit sesuai dengan fakta di atas, ya, Bela. 

BACA JUGA: 4 Tips Alami Mengatasi Kulit Kering Favorit Popbela​