Bela, kalau diperhatikan sekarang tuh sunscreen stick lagi tren banget ya? Mulai dari brand skincare luar negeri hingga lokal kini berlomba-lomba mengeluarkan sunscreen jenis stick. Tren produk sunscreen stick ini mulai beredar karena diklaim penggunaannya yang praktis, khususnya untuk seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dan hanya memiliki waktu singkat untuk melakukan skincare routine.

Walaupun begitu, ternyata masih belum banyak orang yang tahu cara penggunaan sunscreen stick yang benar nih. Sunscreen sendiri adalah produk skincare yang wajib digunakan setiap hari dengan ukuran tertentu. Salah pemakaian bisa membuat sunscreen tidak bekerja secara maksimal pada kulit atau bahkan memberikan efek yang kurang menyenangkan.

Oleh karena itu, kali ini Popbela ingin memberikan tips memakai sunscreen stick yang benar untuk kamu. Buat yang tertarik memakai sunscreen stick, baca lima hal ini dulu yuk!

1. Digunakan setelah memakai pelembap

Ingin Pakai Sunscreen Stick? Baca 5 Hal Ini Dulu Yuk!20minutos.es

Sunscreen adalah produk skincare yang wajib digunakan setiap hari pada pagi hari. Nah, untuk sunscreen stick, penggunaannya dilakukan setelah menggunakan pelembap ya. Walaupun jenisnya stick, sunscreen tidak akan menghilangkan efek dari produk skincare yang sebelumnya digunakan kok. Tunggu pelembap yang kamau gunakan menyerap terlebih dahulu, baru aplikasikan sunscreen stick favorit kamu.

2. Menggosokan ke punggung tangan terlebih dahulu

Ingin Pakai Sunscreen Stick? Baca 5 Hal Ini Dulu Yuk!bluelizardsunscreen.com

Nah, selama menunggu pelembap wajah menyerap sempurna, kamu bisa mempersiapkan sunscreen stick-mu. Untuk menghindari risiko wajah tergesek permukaan stick terlalu keras, kamu bisa menggosok-gosokan sunscreen stick terlebih dahulu ke punggung tangan. Panas yang terjadi akibat gosokan pada punggung tangan akan membuat permukaan sunscreen stick lumer dan lebih lembut saat menyentuh permukaan kulit wajah.

3. Menggunakan ukuran yang benar

Ingin Pakai Sunscreen Stick? Baca 5 Hal Ini Dulu Yuk!eq-love.com

Kalau kamu rajin menggunakan sunscreen kamu sudah tahu dong jumlah pemakaian sunscreen yang benar sebanyak apa? Yup, ukuran penggunaan sunscreen yang normal adalah sebanyak 2 ruas jari. Untuk penggunaan sunscreen stick, kamu perlu mengoleskan 2-3 kali di setiap bagian pada kulit. Menurut Bustle, 2-3 kali pulasan sunscreen stick sama dengan ukuran 2 ruas jari saat penggunaan sunscreen jenis krim.

4. Rajin membersihkan permukaan sunscreen stick

Ingin Pakai Sunscreen Stick? Baca 5 Hal Ini Dulu Yuk!e5thestories.com

Walaupun terkesan praktis, sunscreen stick juga perlu diperhatikan kebersihannya. Karena bentuk stick ini langsung menyentuh permukaan kulit, ada baiknya kamu rutin membersihkan permukaan sunscreen stick yang kamu gunakan. Atau kalau kamu ingin memproteksi kulit lebih lagi, kamu bisa mengusapkan permukaannya pada tisu setiap sebelum digunakan. Pastikan bahwa sunscreen stick yang kamu gunakan memiliki permukaan yang bersih sehingga tidak menimbulkan permasalahan kulit ya, Bela!

5. Tidak disarankan re-apply di atas makeup

Ingin Pakai Sunscreen Stick? Baca 5 Hal Ini Dulu Yuk!health.clevelandclinic.org

Nah ini yang terakhir, kalau kamu menggunakan makeup, walaupun praktis sebaiknya jangan melakukan re-apply sunscreen menggunakan sunscreen stick. Alasannya simpel karena akan menggeser makeup yang kamu gunakan dan juga permasalahan higienitas. Jadi kalau kamu menggunakan makeup, Popbela lebih menyarankan untuk melakukan re-apply menggunakan sunscreen spray dibandingkan dengan sunscreen stick. Tetapi kalau kamu terbiasa keluar rumah tanpa menggunakan produk makeup complexion, sunscreen stick bisa jadi produk yang tepat untuk melakukan re-apply.

Sunscreen stick menjadi salah satu produk skincare yang kini jadi cukup populer karena penggunaannya yang praktis. Tapi, biar nggak menimbulkan permasalahan kulit saat penggunaanya, perhatikan hal-hal di atas ya, Bela! Tertarik untuk menggunakan sunscreen stick?

Baca Juga: 10 Manfaat Sunscreen yang Harus Diketahui! 

Baca Juga: Tips Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit 

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Sunscreen Wajib Digunakan Setiap Hari