Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Lihat cirinya!

Nafi' Khoiriyah

Kondisi kulit yang sangat kering bisa menyebabkan kulit menjadi mengelupas. Hal itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari udara yang dingin, air panas, sampai kondisi kelembapan. 

Nah, untuk perempuan yang memakai riasan, menutupi kulit wajah mengelupas bisa merusak riasan. Kosmetik yang dipakai untuk merias wajah itu juga bisa memperparah kondisi kulit.

Maka dari itu, perlu diketahui penyebab dan cara mengatasi kulit wajah mengelupas supaya tidak semakin parah. Baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Penyebab kulit wajah mengelupas

freepik.com/senivpetro

Ada beberapa penyebab kulit wajah mengelupas, salah satu yang paling umum adalah kondisi kulit yang kering. Namun bukan hanya itu saja, ada kondisi lainnya yang menyebabkan kulit wajah mengelupas. Di antaranya sebagai berikut:

1. Terbakar sinar matahari

Sunburn atau kondisi kulit yang terbakar sinar matahari bisa merah, teriritasi, dan meradang. Kondisi itu kemudian akan membuat kulit terkelupas secara perlahan dan memunculkan kulit yang baru di bawahnya. 

2. Obat-obatan

Kulit ternyata juga bisa mengelupas karena efek samping dari pengobatan tertentu. Obat yang dimaksud di antaranya adalah obat untuk tekanan darah, obat topikal, maupun obat kejang yang akan menyebabkan kulit menjadi bersisik dan mengelupas. 

3. Eksim

Eksim merupakan kondisi autoimun yang ditandai dengan bercak bersisik berwarna merah atau cokelat. Hal itu juga disertai dengan pengelupasan yang bisa terjadi di wajah. 

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme terjadi saat tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Selain menyebabkan kulit mengelupas, kondisi ini juga bisa menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan, dan rambut yang kian menipis. 

5. Reaksi alergi

Alergi terhadap kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya di wajah bisa membuat kulit mengering dan terkelupas. Produk tersebut bia berupa alas bedak, pelembap, atau produk lainnya yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembengkakan serta gatal-gatal. 

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas

freepik.com/freepik

Dikarenakan ada banyak penyebab kulit wajah mengelupas, maka ada berbagai pengobatan yang bisa dilakukan untuk kulit yang mengelupas. Sebab jika dibiarkan, maka wajah akan terasa gatal dan tidak nyaman.

Berikut adalah enam cara yag bisa kamu lakukan:

1. Oleskan pelembap

Penggunaan pelembap tepat setelah mencuci dan mengeringkan wajah akan membantu mengunci kelembapan. Hal ini juga akan mengatasi pengelupasan kulit akibat kekeringan. Namun, pastikan pelembap yang digunakan tidak mengandung pewangi. 

2. Gunakan gentle cleanser

Menggunakan pembersih yang mild dan soap free bisa membantu menyembuhkan kulit wajah yang mengelupas. Hindari menggunakan antibacterial atau fragrance cleanser karena justru akan membuat kulit makin kering. 

3. Hindari produk yang membuat kulit wajah kering

Saat kulit wajah mengelupas, berhati-hatilah menggunakan produk yang bisa menghilangkan minyak pada kulit. Contohnya adalah alkohol dan benzoyl peroxide. Topical retinoids juga bisa menyebabkan kulit jadi makin kering. 

4. Mandi sebentar dengan air hangat

Membatasi waktu mandi 5 sampai 10 menit bisa membantu mencegah kulit makin kering. Kamu juga bisa menggunakan air hangat atau suam-suam kuku sebagai pengganti air panas karena bisa menghilangkan minyak pada kulit.

Mandi dengan air dingin juga akan membantu mendinginkan kulit dan meredakan nyeri akibat sengatan matahari. 

5. Oleskan lidah buaya

Gel lidah buaya juga dapat bertindak sebagai obat antiinflamasi untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Dokter juga menyarankan penggunaan tabir surya dengan SPF 30 sampai 45 atau bahkan lebih tinggi.

Ada pula yang menyarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya di area kulit yang terbakar sinar matahari dulu sebelum menggunakan tabir surya. 

6. Minum lebih banyak air putih

Terakhir, minum air putih yang cukup setiap hari akan membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan mencegah kulit mengelupas. Minum banyak air juga sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan menarik cairan dari seluruh tubuh. 

Itulah berbagai penyebab kulit wajah mengelupas dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui penyebabnya, jangan lupa untuk menghindari faktor tersebut, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin