Riasan mata belum sempurna jika tidak menggunakan maskara. Pasalnya, hanya dengan sedikit sapuan maskara, maka bulu mata terlihat lebih tebal, panjang, dan ber-volume. Sehingga mampu menonjolkan keindahan mata dengan sempurna. 

Agar bulu mata lentik lebih lama, kamu bisa menggunakan maskara waterproof. Meski terkena air maupun keringan, dijamin bulu mata masih tetap cetar. Hmm, tetapi karena formulanya tahan air, membersihkan maskara waterproof membutuhkan cara khusus, lho. 

Jika tidak dilakukan dengan tepat, menghapus maskara waterproof bisa membuat bulu mata jadi rontok bahkan dapat memicu terjadinya iritasi kulit. Nggak mau kan hal tersebut kamu alami? 

Namun kini nggak perlu khawatir lagi karena Popbela punya tujuh cara mudah untuk menghapus maskara waterproof. Kira-kira bagaimana caranya? Langsung intip artikel ini, ya! 

1. Pilih produk pembersih berbahan dasar oil

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ healthline.com

Maskara waterproof tidak akan bisa terangkat sempurna jika kamu hanya menggunakan pembersih berbahan dasar air. Untuk itu, penting memilih produk yang mengandung oil dan tidak membuat mata terasa perih. Kini sudah banyak tersedia pembersih yang berbahan dasar oil, baik dari produk lokal maupun luar.  

2. Gunakan kapas yang lembut

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ freepik.com

Sering banget diabaikan, padahal penting banget, lho. Pastikan untuk menggunakan kapas yang permukannya lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Nggak hanya itu aja, kamu bisa gunakan kapas yang cukup tebal, supaya tidak mudah robek. Jadi memudahkan ketika menghapus maskara waterproof. 

3. Aplikasikan dan diamkan selama 30 detik

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ freepik.com

Nah, setelah itu tuang pembersih ke kapas secukupnya lalu aplikasikan pada area mata. Jangan di gosok terlebih dahulu, ya. Sebaiknya diamkan kapas selama 30 detik dan tekan secara perlahan agar maskara waterproof dapat terangkat sempurna. 

4. Usap ke bawah searah bulu mata

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ realsimple.com

Membersihkan maskara waterproof bikin bulu mata rontok? Mungkin kamu salah di tahapan ini. Setelah didiamkan selama 30 detik, usap kapas ke bawah searah dengan bulu mata sambil digosok secara perlahan. Dengan begitu maskara bisa terangkat sempurna tanpa mencabut bulu mata. Jangan terlalu digosok, karena bisa memicu terjadinya iritasi. 

5. Untuk menghilangkan residu minyak, gunakan micellar water

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ everydayhealth.com

Cara mudah menghapus maskara waterproof selanjutnya adalah dengan menggunakan micellar water. Beberapa mata ada yang lebih sensitif terhadap pembersih yang mengandung minyak. Untuk itu gunakan micellar water untuk menghilangkan residu yang tertinggal. Gunakan produk yang nggak bikin mata perih, ya. 

6. Pakai cutton bud untuk membersihkan sela-sela bulu mata

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ wikihow.com

Meski pembersih berbahan dasar oil mampu mengangkat maskara secara sempurna, namun tidak menutupi adanya residu maskara yang tertinggal di sela-sela bulu mata. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan cutton bud secara perlahan. 

7. Jangan lupa untuk mencuci wajah, ya

Cara Mudah Menghapus Maskara Waterproof, Nggak Bikin Bulu Mata RontokCara Mudah Menghapus Maskara Waterproof/ stocksy.com

Last but not least adalah mencuci wajah! setelah menggunakan makeup, termasuk maskara waterproof mencuci wajah penting sekali untuk memastikan seluruh kotoran telah terangkat. Sehingga tidak memicu timbulnya iritasi atau jerawat. 

Nah, itu dia tujuh cara mudah menghapus maskara waterproof. Be gentle to your eyes ya, Bela! 

Baca Juga: 5 Tips Agar Bulu Mata Lentik Alami, Bye-bye Maskara!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Maskara Bening, Bikin Bulu Mata Lentik Tanpa Menggumpal

Baca Juga: Ini 9 Bentuk Sikat Maskara Sesuai dengan Fungsinya