Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Inspirasi Makeup Natural untuk Bukber dan Lebaran

Tampil lebih anggun dan feminin

Nafi' Khoiriyah

Buka bersama atau lebaran merupakan momen kita bertemu dengan teman maupun saudara yang jarang berkumpul. Untuk memberikan kesan yang baik pada mereka, kita tentu perlu tampil menawan tapi tidak berlebihan. 

Selain memilih pakaian yang stylish dan sopan, memilih makeup yang sesuai pun tak kalah pentingnya. Di antara berbagai jenis makeup, makeup natural adalah satu jenis riasan yang paling cocok untuk buka bersama maupun lebaran. Wajah akan terlihat fresh, tetapi tidak norak dan berlebihan.

Namun, memakai makeup jenis ini tentu ada triknya tersendiri. Seperti apa trik dan macam-macam look makeup natural yang bisa dipakai? Simak detailnya dalam ulasan berikut ya, Bela!

1. No Makeup Makeup Look

makeup.com

Makeup natural yang pertama sangat viral di TikTok dan media sosial lainnya karena tampak begitu fresh. Makeup ini disebut dengan no makeup makeup look. Untuk membuat riasan ini, kamu bisa memulainya dengan menggunakan alas bedak yang ringan seperti liquid foundation. 

Setelah itu, tambahkan sedikit warna pada pipi dengan blush menggunakan multi-purpose cream blush yang coral atau peach natural. Untuk menghasilkan riasan yang berkilau alami, kamu bisa memakai produk dengan base liquid dan krim yang mudah dibaurkan. 

Kalau tidak, cukup dengan memakai compact powder sebagai riasannya. Lalu, sapukan sedikit bronzer atau eyeshadow warna beige sebagai perona mata. Tambahkan highlighter ke bagian atas wajahmu untuk membuat look lebih segar.

Jangan lewatkan lipstik warna pink netral atau nude untuk menyempurnakan penampilanmu. Gaya ini akan membuatmu tampil seperti diri sendiri dengan kulit yang sehat. 

2. Nude Makeup Look

makeup.com

Hampir mirip dengan sebelumnya, tetapi nude makeup look memiliki hasil akhir lebih elegan dan dewasa. Kamu pun bisa memakainya untuk acara buka bersama atau lebaran karena cocok untuk berbagai suasana. 

Untuk membuat look ini, gunakan cushion untuk membuat hasil akhir yang dewy dan flawless. Lalu, pakai eyeshadow warna putih sebagai transisinya untuk kemudian ditimpa dengan warna cokelat muda. 

Tone warna itu akan membuat mata natural tapi lebih berdimensi. Masih di area mata, akhiri dengan memakai maskara untuk membuat mata tampak tegas dan lentik. 

Baru setelah itu gunakan lipstik bernuansa nude yang paling kamu suka untuk membuat tampilan menjadi elegan. 

3. Dewy Glow Makeup Look

im.idiva.com

Makeup natural selanjutnya membuat wajah terlihat segar dan terhidrasi dengan pipi yang cerah. Riasan ini berada di antara no makeup makeup look dan full face makeup look. Kamu bisa memakainya untuk lebaran agar tampilanmu makin memesona. 

Untuk membuat look ini, kamu bisa menggunakan pelembap wajah dulu sebelum memakai produk makeup. Tujuannya adalah supaya kulit tampak lebih sehat dan meninggalkan kilau di wajah. 

Setelah itu, aplikasikan foundation yang ringan serta mencerahkan dan tutupi jerawat atau luka dengan concealer berbahan krim. Pada bagian pipi, gunakan blush on yang mengilap lalu ratakan dengan baik. Terakhir, jangan lupa aplikasikan lip gloss untuk menghasilkan bibir yang plumpy. 

4. Monochromatic Makeup Look

lorealparisusa.com

Monochromatic makeup look merupakan sebutan untuk riasan satu warna. Riasan ini hanya memakai satu palet warna yang sama untuk beberapa area, seperti pipi, bibir, dan mata. 

Karena palet yang sewarna itulah mengapa monochromatic makeup look cocok dipakai untuk riasan bukber atau lebaran. Selain itu, look ini juga tidak akan berlebihan meski kamu memakai warna yang cukup berani sekali pun. 

Untuk menghasilkan monochromatic makeup look yang natural, kamu bisa memilih makeup dengan sentuhan warna pink atau brown yang netral. Namun terlebih dahulu, gunakan base makeup yang sesuai dengan skin tone kamu. 

Setelah itu, oleskan tipis riasan mata dan bibir untuk membuat ilusi produk yang tampak berbeda. Untuk hasil akhir yang menawan, gunakan lipstik dengan warna yang senada dengan riasan mata dan pipi. 

5. Bronze Makeup Look

inikaorganic.com

Makeup natural terakhir yang akan cocok untuk buka bersama atau lebaran adalah bronze makeup look. Riasan ini akan membuat wajah terlihat lebih berdimensi sehingga tampak eksotis. Produk yang menjadi kunci dari riasan ini adalah bronzer yang memiliki warna setingkat lebih gelap dari kulit. 

Pertama, mulailah bronze makeup look dengan skin preparation dan menggunakan foundation serta concealer. Setelah itu, aplikasikan bronzer pada tulang pipi, atas dahi, dan bagian wajah lainnya yang ingin kamu tonjolkan. 

Namun, aplikasikan tipis dan jangan berlebihan supaya tetap tampak natural. Bukan hanya pada tulang pipi dan dahi saja, bronzer tersebut juga bisa dipakai pada kelopak mata untuk membuat kesan deep eyes. Terakhir, jangan lupa tambahkan highlighter pada tulang hidung dan cheek bone serta lipstik berwarna kecokelatan. 

Itulah 5 jenis makeup natural yang bisa kamu pakai untuk buka bersama maupun lebaran nanti. Semuanya tampak flawless, fresh, dan tidak berlebihan. Kira-kira, look mana yang paling cocok untuk wajahmu? 

IDN Media Channels

Latest from Make Up