Siapa pun pasti pernah mendengar nama penyakit yang satu ini bukan? Penyakit yang menyerang kepala ini tentunya sangat mengganggu aktivitas dan sakit yang luar biasa dihasilkan membuat si penderitanya berharap untuk dapat pulih. Di sini Popbela akan membahas apa itu vertigo, gejala vertigo, serta cara mengatasi vertigo. Simak baik-baik ya!

Apa itu vertigo?

Wajib Tahu! Ini Arti, Gejala, dan Cara Mengatasi Vertigoorganicfacts.net

Vertigo adalah penyakit yang menyerang bagian otak, cerebellum yang mentransmisikan pesan antara cerebellum dan sumsum tulang belakang sehingga menghasilkan rasa sakit yang tertahankan pada kepala. Penyakit ini bisa muncul kapan saja dan terkadang tak dapat dikontrol hingga dapat menyebabkan pingsan bagi si penderitanya. 

Penyebab vertigo

Wajib Tahu! Ini Arti, Gejala, dan Cara Mengatasi Vertigothefitglobal.com

Beberapa hal yang juga dikenal sebagai penyebab penyakit yang satu ini bisa karena pernah terjadi cidera pada kepala, infeksi pada bagian telinga dalam, gangguan sinyal saraf, terdapat tumor jinak, penyumbatan pembuluh darah dll. Tentunya ada beberapa hal yang terjadi di luar dugaan namun tetap masih dapat diatasi dengan obat yang dianjurkan.

Jenis-jenis vertigo

Wajib Tahu! Ini Arti, Gejala, dan Cara Mengatasi Vertigoirishmirror.ie

Ternyata vertigo juga memiliki pengelompokkan jenis-jenisnya berdasarkan riset:

  • Vertigo Central, disebabkan oleh bagian otak cerebellum atau otak kecil, kondisi yang dihasilkan berupa migrain dan jika dibiarkan dapat menyebabkan stroke atau tumor otak.
  • Vertigo periferal, vertigo yang satu ini sering dirasakan oleh kebanyakan orang dan diakibatkan oleh virus sehingga terjadi peradangan pada bagian telinga. 

Gejala vertigo

Wajib Tahu! Ini Arti, Gejala, dan Cara Mengatasi Vertigoallure.com

Selain sakit kepala atau pusing yang hebat, gejala vertigo sendiri bisa ditandai dengan berbagai hal seperti mual, muntah, berkeringat, hingga penglihatan yang berbayang.

Cara mengatasi vertigo

Wajib Tahu! Ini Arti, Gejala, dan Cara Mengatasi Vertigodailymail.co

Karena penyakit vertigo termasuk cukup serius, maka untuk resep obat hanya dapat diberikan oleh dokter tempat dimana kita berkosnultasi. Namun, penyakit yang satu ini dapat dicegah yaitu dengan tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi, biasakan diri dalam keadaan tenang, gerakkan kepala secara perlahan dan banyak mengonsumsi air putih. 

Nah, jadi itulah tadi arti vertigo, gejala, serta cara mengatasi vertigo. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Inilah 5 Cara untuk Mencegah Sakit Kepala Akibat Stres