Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan

Bisa membantu mengatasi jerawat

Nafi' Khoiriyah

Minyak kelapa merupakan minyak yang dihasilkan dari inti kelapa matang dan sudah begitu populer karena beragam manfaatnya untuk kesehatan. Minyak kelapa itu tersedia dalam dua macam, yaitu virgin coconut oil (VCO) dan refined oil. 

Virgin coconut oil merupakan minyak yang diproduksi dengan cara cold-press cairan dari daging kelapa, tanpa paparan panas. Hal itu yang membuat VCO lebih populer karena aromanya yang enak dan kandungan manfaatnya untuk kesehatan yang tinggi.

Bukan hanya digunakan untuk memasak saja, virgin coconut oil juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan. Sebab, asam lemak di dalamnya bisa melawan berbagai mikroorganisme berbahaya jika dioleskan ke kulit.

Berikut adalah manfaat virgin coconut oil untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Menghidrasi kulit kering

pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Manfaat virgin coconut oil yang pertama adalah bisa menghidrasi kulit, terutama kulit yang kering. Melansir Healthline, sebuah studi pada pasien kulit kering ringan hingga sedang membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak lainnya.

Hasilnya, minyak kelapa yang secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit setelah dua minggu pemakaian. Di dalamnya, terdapat asam lemak yang bisa mengurangi kekeringan dan membuat kulit mempertahankan kelembapan. 

2. Menghaluskan kulit

pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit juga dapat memberikan efek menghaluskan dan melembutkan seiring waktu. Hal ini bisa membantu memperbaiki tekstur kulit sehingga banyak yang memakai virgin coconut oil sebagai pembersih wajah alami. 

3. Meminimalisir garis halus dan kerutan

unsplash.com/Curology

Masalah garis halus dan kerutan yang sangat umum terjadi bisa dikurangi dengan menggunakan virgin coconut oil. Namun dengan catatan, minyak ini digunakan secara teratur. Sebab, selain menghidrasi kulit, virgin coconut oil juga bekerja untuk membuat garis-garis menjadi hilang dan menyamarkan kerutan.

4. Memberikan antioksidan

pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Terdapat komponen antioksidan dan fitronutrien juga di dalam virgin coconut oil yang bisa membuat wajah menjadi lebih bernutrisi. Nutrisi tersebut bisa melawan stres yang menjadi penyebab tanda-tanda penuaan muncul dengan cepat. 

5. Menenangkan kemerahan

Pexels.com/Anna Nekrashevich

Efek virgin coconut oil yang menyejukkan di kulit dan menenangkan juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan kemerahan sementara. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit selama beberapa saat. Sebab, minyak kelapa ini mudah menyerap dan memberikan perlindungan yang instan. 

6. Meredakan eksim

unsplash.com/Christin Hume

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pilihan pengobatan alami untuk para penderita eksim. Eksim merupakan masalah kulit yang bisa menyebabkan bercak merah, gatal, dan bengkak. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien eksim, khususnya dermatitis atopik, yang mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit dua kali sehari mengalami pengurangan bakteri tertentu pada kulit. Kamu hanya perlu mengoleskannya tipis pada daerah yang terkena eksim dua kali sehari. 

7. Mengobati jerawat

pexels.com/Anna Nekrashevich

Bagi pemilik kulit berjerawat, minyak kelapa juga mengandung lauric acid tinggi yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengoleskannya ke kulit untuk bisa mengurangi jaringan parut jerawat dan meningkatkan kelembapan. 

Namun, hal ini mungkin tidak bekerja pada pemilik kulit yang sangat berminyak. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum memakainya.

8. Membantu menyembuhkan luka

freepik.com

Terakhir, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa virgin coconut oil bisa menyembuhkan luka. Satu penelitian pada hewan menunjukkan bagaimana minyak ini dioleskan ke kulit, ditemukan bahwa minyak kelapa murni mengobati luka dan mempercepat penyembuhan. 

Sebab, saat dioleskan dengan VCO, maka kadar kolagen dan antioksidan meningkat, sebagaimana protein penting untuk menyembuhkan luka. Selain itu, sifat antimikroba di dalamnya juga bisa mencegah luka menjadi infeksi yang bisa mempersulit penyembuhan.

Itulah 8 manfaat dari virgin coconut oil untuk kecantikan dan kesehatan. Kamu bisa memanfaatkannya jika memiliki minyak kelapa ini di rumah. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health