Salah satu cara untuk mendapatkan tampilan kulit glowing dan sehat adalah dengan memastikan kulit sudah terhidrasi sempurna. Tapi masalah yang sering terjadi adalah kita tidak mudah mendapatkan produk yang dapat menghidrasi kulit sesuai dengan ekspektasi. Bahkan seringkali kita tidak mengerti perbedaan dari kandungan skincare yang dapat menghidrasi dan melembapkan. Lalu apa sebenarnya perbedaannya?

Dikutip dari berbagai sumber, kandungan yang menghidrasi kulit adalah bahan-bahan yang dapat menambahkan atau mengikat air pada kulit sedangkan kandungan yang melembapkan adalah bahan-bahan membantu untuk menjaga kulit terhidrasi dan meminimalisir kemungkinan kulit kekurangan kadar air sehingga tampak kering. Dari penjelasan ini, tentu kita mengetahui bahwa untuk mendapatkan tampilan kulit glowing dan sehat yang pertama-tama harus kita perhatikan adalah hidrasi kulit.

Masih belum tahu apa saja kandungan skincare yang dapat menghidrasi kulit? Simak di bawah ini yuk!

1. Hyaluronic Acid

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulitjanivera.com

Dalam beberapa waktu terakhir, hyaluronic acid menjadi salah satu kandungan yang populer disebut-sebut dapat menghidrasi kulit. Hyaluronic acid sendiri juga secara alami terdapat pada tubuh, cara kerjanya sendiri adalah mengikat air pada jaringan kulit sehingga mencegah terjadinya water-loss yang membuat tampilan kulit kering dan kusam. Hyaluronic acid adalah kandungan yang memiliki manfaat menghidrasi kulit dan dapat digunakan pada semua jenis kulit.

2. Glycerin

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulitbyrdie.com

Glycerin bersifat humectant, artinya apabila glycerin terdapat di dalam produk skincare-mu produk tersebut dapat menarik air ke jaringan kulit. Walaupun kini sudah banyak kandungan lain yang diklaim dapat membantu menarik air pada kulit sehingga lebih terhidrasi, glycerin tetap digunakan sebagai salah satu kandungan dalam produk skincare yang khusus untuk menghidrasi kulit. Khususnya untuk produk skincare yang dikhususkan untuk kulit kering, dehidrasi dan sensitif.

3. Squalane

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulitthehealthy.com

Squalane adalah salah satu kandungan yang juga secara alami terdapat pada kulit. Squalane sendiri adalah jenis senyawa yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang juga memproduksi minyak alami untuk melindungi kulit serta menjaga kelembapannya. Akhir-akhir ini, squalane juga cukup populer disebut-sebut sebagai kandungan yang dapat menjaga hidrasi kulit. Tetapi biasanya squalane terkandung pada produk serum atau face oil.

4. Lactic Acid

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulitfreepik.com

Mungkin kamu berpikir semua kandungan yang mengandung asam atau acid bersifat exfoliant, tetapi menariknya beberapa di antaranya juga bersifat humectant salah satunya lactic acid.

Pada produk yang mengandung lactic acid, kamu akan menemukan manfaat di mana kandungan membantu eksfoliasi namun juga menjaga hidrasi kulit dimana proses eksfoliasi tidak akan membuat kulit teriritasi pada kulit dengan keadaan yang normal. Selain menghidrasi, karena dapat mengeksfoliasi produk skincare dengan kandungan lactic acid dapat mencerahkan kulit.

5. Ceramide

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulitallure.com

Selain membantu hidrasi kulit, ceramide juga berfungsi untuk menjaga skin barrier pada kulit sehingga terlindungi dari radikal bebas. Ceramide seringkali terdapat pada skincare dengan kandungan menghidrasi dan juga skincare yang dikhususkan untuk perawatan anti aging. Selain itu, ceramide juga cocok digunakan sebagai kandungan pada produk skincare untuk permasalahan kulit tertentu seperti eksim pada kulit.

6. Tremella

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulitintothegloss.com

Tremella Fuciformis atau lebih dikenal sebagai jamur salju adalah salah satu kandungan skincare yang kini sedang hype disebut dapat memberikan hidrasi pada kulit. Kandungan ini disebut memiliki molekul yang lebih kecil dibandingkan hyaluronic acid sehingga lebih cepat menembus kulit sehingga efektif untuk menghidrasi kulit bagi yang memiliki kulit yang kering dan membutuhkan hidrasi dalam jangka waktu yang cepat. Penggunaan skincare dengan kandungan Tremella Fuciformis secara rutin akan memberikan tampilan kulit yang terhidrasi sempurna, kenyal dan juga lebih halus.

7. Petrolatum

7 Kandungan Skincare yang Dapat Menghidrasi Kulithealthline.com

Tidak asing bukan kalau mendengar kata petrolatum? Yes, ini adalah bahan yang sama dengan petroleum jelly. Kandungan petrolatum pada skincare bersifat okslusif dimana membantu mengurangi jumlah air yang hilang pada kulit. Petrolatum cocok digunakan pada kulit yang cenderung kulit sebagai kandungan bersifat pertolongan pertama.  

Jadi, dari ketujuh kandungan skincare yang bisa menghidrasi kulit di atas, mana yang jadi favoritmu?