Bela, setuju tidak kalau bicara soal drama Korea itu memang selalu menarik dari segi apa pun itu? Bukan hanya karena visual para pemainnya saja yang memang selalu ampuh memanjakan mata, tetapi alurnya yang ringan juga membuat KDrama selalu punya ruang tersendiri di hati penggemarnya.

Salah satu sisi menarik itu bisa ditemui dari tipe-tipe pasangan yang hampir selalu ada dalam banyak judul drama Korea, terutama dalam genre komedi romantis. Banyak tipe pasangan yang bikin gemas dan susah move on, lho!

Berikut ini Popbela coba ingatkan kembali tipe pasangan dalam Drama Korea yang sering kita temui.

1. Pasangan si kaya dan si miskin

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita Temuisoompi.com

Tipe yang pertama ini, sering banget ditemui dalam banyak judul KDrama populer. Bahkan, saking mainstream-nya, kayaknya kalau tidak ada tipe pasangan si kaya dan si miskin ini seperti ada yang kurang, deh. 

Di sebagian besar judul, karakter ‘si miskin’ ini lebih banyak dilekatkan pada tokoh utama perempuan. Si miskin ini digambarkan sebagai sosok yang lugu dan innocent, tapi diberikan kelebihan dalam hal tekad dan kemauan berjuang hidup. Sedangkan si kaya, banyak digambarkan dengan sosok laki-laki yang kalau tidak manja, ya, workaholic

Perbedaan karakter inilah yang pada akhirnya membuat mereka saling tertarik dan pada akhirnya jatuh cinta. Meski pada kenyataannya perjalanan yang dilalui tidak semulus itu.

Contoh nyata dari tipe pasangan ini ialah Kim Tan dan Cha Eun Sang dalam drama The Heirs, lalu Lee Ji Yi dan Yoo Chang Soo dalam High Society, atau mungkin Do Bong Soon dan Ahn Min Hyuk dalam Strong Woman Do Bong Soon.

2. Pasangan cinta masa kecil bersemi kembali

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita TemuiAsianwiki.com

Salah satu alur yang mungkin banyak diangkat dalam drama Korea adalah alur mundur atau masa lalu. Biasanya untuk genre-genre romantis, alur ini digunakan untuk membangun ingatan masa lalu terkait cinta lama di masa kecil.

Entah mungkin ternyata mereka sudah bertemu namun tidak disadari, atau memang mereka sudah menyimpan perasaan sejak masa lalu itu.

Biasanya, alur yang seperti ini bisa bikin penontonnya gemas-gemas sendiri, nih, Bela. Gimana nggak, hubungan mereka di masa kecil dan saat dewasa pasti sedikit berbeda bukan? Seperti ada unsur malu-malu tapi mau gitu.

Kisah ini bisa kita lihat dalam karakter Ji Seong Joon dan Hye Jin dalam drama She Was Pretty, lalu si Deok Seon yang diperebutkan Jung Hwan dan Choi Taek di Reply 1988, atau Choi Ae Ra dan Ko Dong Man dalam Fight for My Way.

3. Pasangan benci jadi cinta

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita Temuinetflix.com

Kalau tipe yang satu ini pastinya nggak hanya ada dalam drama Korea, karena banyak juga ditemui dalam film atau drama-drama negara lain. 

Meski terdengar klasik dan mudah dibaca, tipe pasangan ini jadi favorit bagi penggemar genre romantis-komedi, lho, karena memang seru melihat pasangan yang awalnya sering ribut tapi akhirnya menyadari ditakdirkan bersama.

Tipe pasangan seperti ini bisa dilihat dari chemistry yang dibentuk oleh Ryan Gold dan Sung Duk Mi dalam Her Private Live, atau Kang Ma Ru dan Han Jae-Hee dalam Innocent Man, dan yang terbaru ada cerita Yoon Hye Jin dan Hong Du Sik dalam Hometown Cha Cha Cha.

4. Pasangan yang saling mengolok-olok

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita TemuiDok. Netflix

Normalnya, ketika ada seseorang yang mengolok-ngolok atau menghina kita, kita akan marah. Apalagi, kalau dilakukan terus menerus bisa membuat amarah menumpuk.

Namun, lain halnya dengan beberapa tipe pasangan dalam drama Korea berikut ini. Sebagian besar mereka justru menggunakan olok-olokan sebagai bentuk cintanya. Jika dilihat dari luar mereka terlihat  seolah saling membeci. Akan tetapi, yang terjadi justru sebaliknya, mereka tidak bisa hidup tanpa pasangannya itu.

Tipe pasangan itu adalah Ji Eun-Tak dan Goblin dalam grama Goblin. Lalu, Kim Hyun-Ji dan Park Bong-pal dalam Let's Fight Ghost, serta Lee Hwa-sin dan Pyo Na-ri dalam Jealousy Incarnate.

5. Pasangan dengan ekspresi cinta berbeda

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita Temuimovielosophy02.blogspot.com

Setiap orang pasti memiliki bentuk ekspresi cinta yang berbeda. Hal ini juga yang banyak ditampilkan dalam karakter dari tiap pasangan di Drama Korea. Biasanya, tipe pasangan seperti ini sangat menggemaskan, lho.

Misalnya, yang satu sangat menunjukkan cinta dengan sentuhan fisik, sedangkan pasangannya sangat menghindari. Selain itu, mungkin ada yang senang memberikan ungkapan manis, namun pasangannya sangat kaku.

Tipe menggemaskan seperti ini bisa kita lihat dari pasangan Yoon Ji-ho dan Nam Se-hee dalam drama Because This Is My First Life, Gil Oh-sol dan Jang Seon-gyeol dalam Clean With Passion For Now, atau Mok Hae-won dan Im Eun-seob dalam When The Weather Is Fine.

6. Pasangan cinta segitiga

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita Temuistyleeid.com

Tipe pasangan umum yang sering ditemui dalam drama Korea adalah mereka yang harus mengalami cinta segitiga. Biasanya tokoh second lead, baik itu laki-laki maupun perempuan, yang akan menanggung rasa sakit hati lebih banyak karena tidak bisa bersama menjalin hubungan dengan tokoh utama.

Tipe pasangan seperti ini akan membuat penonton terbagi menjadi dua kubu nih. Seperti yang terjadi dalam drama hits Start Up, ada tim Han Ji Pyeong dan ada tim Nam Do San. Lalu, yang nggak kalah ngenesnya dalam drama Reply 1988 yaitu tim Jung Hwan dan Choi Taek. Nggak ketinggalan ada tim Suho dan tim Seojun di drama True Beauty.

7. Pasangan dengan chemistry kuat, tapi menyembunyikan hubungannya

7 Tipe Pasangan dalam Drama Korea yang Sering Kita TemuiPrettymuchgeeks.com

Tipe pasangan lainnya yang juga cukup sering ditemui dalam kisah drama Korea adalah mereka yang memiliki chemistry kuat namun menyembunyikannya dari orang lain. Padahal, semua orang sudah tahu perihal hubungan tersebut. Namun, mereka memilih menyembunyikannya dengan berbagai alasan.

Entah mungkin karena teman sekantor, atau berada dalam lingkungan yang sama. Seperti yang dialami oleh Lee Ik Jun dan Chae Song Hwa dalam Hospital Playlist, Lee Young-joon dan Kim Mi-so dalam drama What's Wrong With Secretary Kim,  Kim Seon Gyeom dan Oh Mi Joo dalam drama Run On, serta Ma Dong-chan dan Go Mi-ran dalam Melting Me Softly.

Bagaimana, Bela, yang mana yang paling mainstream menurutmu?

Baca Juga: Bikin Baper, 7 Pasangan KDrama Ini Haram Berlabuh di Dunia Nyata

Baca Juga: 5 Pasang Artis KDrama Ini Hanya Beda Usia Satu Tahun, Ada yang Cinlok!

Baca Juga: Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama "Run On"