Tidak hanya genrenya yang banyak, Drama Korea juga memiliki tema cerita yang beragam, salah satu yang sering diangkat adalah tema persahabatan. Tema ini sering kali memiliki banyak penggemar karena biasanya konflik yang ditampilkan tidak terlalu berat dan dekat dengan kehidupan para penonton.

Selain itu, Drama Korea tentang persahabatan juga biasanya bersifat universal sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan dan usia. Ditambah lagi, akan ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari tema ini, lho.

Nah, kalau kamu penasaran ingin menontonnya, kali ini Popbela sudah merangkum 10 rekomendasi drama korea tentang persahabatan untukmu. Check this out!

1. Reply 1988 (2015)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasinetflix.com

Kalau ngomongin soal persahabatan, maka Reply 1988 wajib masuk di urutan pertama, kenapa? Karena saat penayangannya, drama yang tayang sejak November 2015 - Januari 2016 ini berhasil mencapai rating tertinggi dengan perolehan 18,8%. Pencapaian ini menjadikannya sebagai Drama Korea dengan rating tertinggi di tv kabel sebelum kemunculan Sky Castle dan The World of Married.

Menggunakan latar tahun 1988, drama ini sangat dekat dengan kehidupan keluarga-keluarga sederhana di lingkungan tempat tinggal Ssangmundong, Korea Selatan. Menceritakan bagaimana 5 orang sahabat, Doek Sun (Hyeri Girl’s Day), Jung Hwan (Ryoo Joon Yeol), Sun Woo (Ko Gyong Pyo), Taek (Park Bo Gum), dan Dong Ryong (Lee Dong Hwi) yang sudah berteman sejak mereka masih bocah hingga akhirnya tumbuh dewasa dan saling menemukan jati diri masing-masing. 

Persahabatan juga tergambarkan dari kedekatan orangtua mereka layaknya ibu-ibu dan bapak-bapak ‘gang’ pada umumnya. Diwarnai banyak momen lucu, menghibur, sampai sedih, Reply 1988 sering kali dianggap sebagai KDrama tentang persahabatan terbaik sepanjang masa.

2. Age of Youth (2016)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasilayar.id

Kamu anak kost? Atau pernah menjalani kehidupan sebagai ‘anak kost’? Kalau iya, maka, drama ini akan sangat relate denganmu, terutama bagi mahasiswa baru atau karyawan yang sedang merantau.

Berkisah tentang 5 perempuan, Yoon Jin Myung (Han Ye-ri), Kang Yi Na (Ryu Hwa-young), Song Ji Won (Park Eun-bin), Jung Ye Eun (Han Seungyeon) dan Yoo Eun Jae (Park Hye-su) dengan karakter berbeda dan juga kehidupan pribadi masing-masing yang dipertemukan dan diharuskan bersatu karena tinggal di atap yang sama yaitu kos Belle Epoque. 

Hal ini tentu menjadi tantangan bagi mereka, karena harus bisa menyatukan perbedaan pikiran dan kebiasaan. Namun, justru dari sinilah mereka bisa tumbuh menjadi saling menghargai dan melindungi satu sama lain.

Ikatan persahabatan ini digambarkan dengan cara munculnya misteri dan masalah pada setiap tokohnya. Menariknya masalah yang mereka alami kerap kali kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, lho, seperti soal berkencan, pekerjaan paruh waktu dan masa lalu kelam.

3. Welcome To Waikiki (2018)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasiviu.com

Drama ini adalah salah satu drama persahabatan yang bisa membuat perutmu sakit saat menontonnya karena harus terus menerus tertawa dengan adegan-adegan konyol setiap episodenya. Yup! menampilkan tiga sahabat dengan cita-cita yang berbeda. Dia adalah Kang Dong-gu (Kim Jung-hyun), Lee Joon-ki (Lee Yi-kyung), dan Bong Doo-sik (Son Seung-won).

Mereka bertiga juga menjalankan usaha penginapan bernama Waikiki, namun gagal. Di ambang kebangkrutannya ini, mereka dikejutkan dengan kedatangan seorang ibu tunggal bersama bayinya yang secara tiba-tiba. Sayangnya, kedatangan ini juga dibarengi dengan kesialan demi kesialan yang harus mereka hadapi.

Tingkah konyol mereka dalam menghadapi masalah-masalah inilah yang mengundang tawa para penontonnya. Nggak heran kalau drama ini melahirkan season keduanya di tahun berikutnya, karena memang banyak yang menyukainya, Bela!

4. Entourage (2016)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasiasianwiki.com

Entourage merupakan drama yang menceritakan tentang kehidupan dan persahabatan 5 orang pria yang berada dalam industri entertainment Korea Selatan. Dia adalah Cha Young-Bin (Seo Kang-Joon), Park Ho-Jin (Park Jung-Min), Cha Joon (Lee Kwang-Soo), dan Geobook atau Turtle (Lee Dong-Hwi) yang sudah bersahabat sedari kecil.

Meski sebagian besar mereka berada di industri yang sama, peran mereka berbeda-beda. Young-Bin merupakan aktor muda yang sedang naik daun dan Park Ho-Jin adalah manajernya. Sedangkan Joon, pernah populer beberapa tahun lalu bersama boyband Sugar Boys, namun sudah meredup. Sementara Geobook atau Turtle adalah seorang pengangguran. 

Mereka semua tinggal satu atap, selalu bersama ke mana pun dan bergaul di lingkungan yang sama, di bawah naungan agensi yang sama milik Kim Eun-Gab (Jo Jin-Woong).

Drama ini banyak menyoroti mengenai realita kehidupan di balik industri entertainment Korea dan gemerlapnya panggung hiburan yang digambarkan lewat perjuangan kelima sahabat tersebut.

5. Strongest Deliveryman (2017)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasidok.internet

Persahabatan itu bisa terjadi pada siapa pun dan dari lingkungan mana pun, tanpa terkecuali pada para kurir. Yup! Drama tahun 2017 ini ini bercerita mengenai kehidupan kurir-kurir makanan di sebuah kedai mie. 

Pemilik kedai mie tersebut merupakan seorang nenek tua yang ternyata mendapatkan intimidasi dari perusahaan besar di dekat kedai miliknya. Lalu, kedua tokoh utama Choi Gang-Soo (Ko Gyung-Pyo) dan Lee Dan-A (Chae Soo-Bin) berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan eksistensi kedai kecil tersebut. Dengan bantuan kurir-kurir lainnya, mereka mampu mengembangkan usaha mereka dengan mendirikan perusahaan jasa kurir, meski jalan yang dilalui tidak semuanya mulus.

Drama ini memperlihatkan eratnya persahabatan dalam bentuk kerjasama antar kurir. Bagaimana mereka saling melindungi dan tetap bersama di segala kondisi. Meski mungkin jarang dibicarakan, drama ini sangat ringan dan cukup menarik untuk ditonton, karena dibumbui juga dengan adegan-adegan romantis.

6. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasipinterest.com

Drama ini bercerita tentang Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung) yang memiliki kekuatan lebih dibanding anak-anak seusianya saat masih kecil. Ia kemudian berkuliah di Universitas Olahraga Haneol jurusan angkat besi dan bersahabat dengan Sun Ok (Lee Joo Young) dan Nan Hee (Jo Hye Jung).

Persahabatan ketiganya digambarkan saling melengkapi dan mengerti satu sama lain. Selain itu, konflik yang terjadi pun dibuat sangat realistis dengan kehidupan sehari-hari. Dengan menunjukkan betapa sulitnya kehidupan para mahasiswa, khususnya yang berkuliah di sekolah atlet, mulai dari latihan sehari-hari sampai dengan bertanding untuk memperjuangkan medali dan meraih impian. 

Lalu, bumbu-bumbu percintaan antara Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk juga bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam drama ini, sehingga memiliki rating yang cukup tinggi.

7. Fight For My Way (2017)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasisoompi.com

Fight For My Way bukan hanya tentang percintaan Ko Dong Man (Park Seo Joon) dengan Choi Ae Ra (Kim Ji Won), tetapi juga persahabatan di antara keduanya bersama Kim Joo Man (Ahn Jae Hong ) dan Baek Seol Hee (Song Ha Yoon). Mereka berempat digambarkan saling mendukung mimpi satu sama lain.

Di mana Seol Hee dan Joo Man selalu percaya pada mimpi Ae Ra yang ingin menjadi seorang news anchor dan Dong Man yang ingin jadi atlet. Setiap kali ada wawancara kerja, Seol Hee selalu membantu Ae Ra berdandan dan membuatkan sarapan. Begitu pun sebaliknya, Ae Ra tidak pernah merendahkan mimpi Seol Hee yang hanya ingin menjadi seorang ibu.

Hubungan erat persahabatan mereka bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin memberi dukungan pada sahabat yang sedang mengalami kesulitan.

8. Dear My Friends (2016)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasikiss-asian.net

Drama ini mengambil sudut pandang yang berbeda soal persahabatan. Yup! Mereka mengambil dari kehidupan persahabatan para orang tua yang sudah hidup lebih dari separuh abad. 

Diceritakan Park Wan (Go Hyun Jung) merupakan seorang penulis dan penerjemah berusia 40 tahun yang dimintai ibunya untuk menulis novel tentang teman-temannya. Mulanya ia menolak karena enggan berurusan dengan kakek nenek yang berusia tua, cerewet, banyak mau, dan merepotkan. Namun, akhirnya ia mau dan setelah itu, ada berbagai macam pandangan baru yang selama tidak pernah ia duga.

Bagaimana akhirnya ia tahu apa-apa saja yang selama ini tidak disampaikan dan diperlihatkan oleh ibunya. Lalu, bagaimana pandangan dan pengalaman teman-teman ibunya yang lain.

Drama ini memang terkesan underrated, tetapi apa yang ingin disampaikan di dalamnya bisa terlihat sangat jelas. Kamu mau tahu apa saja isi kepala orang tua? Dan apa saja yang mereka ingin lakukan di hari-hari terakhir? Drama ini mungkin bisa memberi sedikit gambarannya.

9. Itaewon Class (2020)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasisoompi.com

Kalau secara garis besar, memang drama Itaewon Class adalah drama yang erat dengan kehidupan bisnis, akan tetapi ada banyak nilai persahabatan yang bisa dipetik dari drama ini, lho. Bukan cuma soal perjuangan Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) dalam mendirikan perusahaan makanan terbaik di Korea Selatan, tetapi juga kisah gengnya dalam “Skuat Danbam”.

Geng persahabatan ini terbentuk antara karyawan di kedai Danbam dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari mantan napi, sosiopat, hingga transgender. Dia adalah Jo Yi Seo (Kim Dami), Jang Geun Soo (Kim Dong Hee), Choi Seung Kwon (Ryu Kyung Soo), Ma Hyun Yi (Lee Joo Young), dan Kim Toni (Chris Lyon). 

Perbedaan latar belakang inilah yang menyatukan mereka hingga berjuang sama-sama untuk bisa bangkit dari dunia yang mereka anggap tidak adil.

10. Hospital Playlist (2020)

10 Drama Korea tentang Persahabatan yang Bisa Menjadi Inspirasigrid.id

Persahabatan dalam drama ini digambarkan lewat lima orang dokter yang bekerja di suatu rumah sakit dan membentuk sebuah band. 

Dia adalah Lee Ik-joon (Jo Jung-suk) seorang asisten profesor bedah umum, Ahn Jung-won (Yoo Yeon-seok) asisten profesor bedah anak, Kim Joon-wan (Jung Kyung-ho) profesor rekanan bedah torakoplastik, Yang Seok-hyung (Kim Dae-myung) asisten profesor kebidanan dan ginekologi, dan Chae Song-hwa (Jeon Mi-do) profesor rekanan bedah saraf.

Hospital playlist mengangkat kisah persahabatan dan percintaan secara ringan dan sederhana. Drama ini juga cukup realistis karena menggambarkan sebuah persahabatan selama 20 tahun sejak kuliah kedokteran sampai bekerja di rumah sakit, layaknya persahabatan pada umumnya. 

Konfliknya juga sangat natural dan tidak terlalu berat, sehingga banyak orang yang menjadikan drama ini sebagai drama favorit, lho.

Itulah sejumlah rekomendasi drama korea tentang persahabatan yang bisa kamu pilih dan tonton di waktu senggangmu. Selamat menonton, Bela!

Baca Juga: Bikin Baper, 7 Pasangan KDrama Ini Haram Berlabuh di Dunia Nyata

Baca Juga: Jadi Selingkuhan, Ini 6 Pasangan yang Dibenci di Drama Korea

Baca Juga: 10 KDrama Tentang Perselingkuhan, Bikin Hati Tersayat!