MBTI atau The Myers Briggs Type Indicator adalah salah satu metode pengukuran yang digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Jenisnya sendiri terbagi menjadi 16, dan salah satunya adalah kepribadian ESFJ. 

ESFJ merupakan akronim dari Extraverted, Sensing, Feeling, Judging, yaitu karakter yang melekat dalam diri kepribadian tersebut. Mereka cukup umum di populasi secara keseluruhan.

Mereka adalah orang-orang yang ekstrovert dan mudah bergaul, sehingga dalam hidup setidaknya kamu perlu memiliki satu orang dengan kepribadian ESFJ karena mereka sangat membantu dalam banyak hal. Selain itu apalagi, ya?

Berikut ini dilansir dari laman Greator, Popbela bagikan ciri-ciri kepribadian ESFJ lainnya.

1. Setia kepada orang-orang terdekatnya

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainPexels.com/Julia Larson

Kepribadian ESFJ itu sangat bisa diandalkan, karena orang-orang dari tipe kepribadian ini menghargai struktur dan stabilitas, mereka bertindak sesuai dengan prinsip tersebut. Mereka akan mendukung semua teman, keluarga, dan kerabat di mana pun mereka bisa. 

Tidak hanya dari tindakannya, ESFJ juga setia dan konsisten dengan kata-kata mereka. Mereka tidak akan menusuk siapa pun dari belakang hanya untuk keuntungan pribadi. 

2. Memiliki kehangatan dan kepekaan yang cukup tinggi

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainPexels.com/Ramil Ugot

Dipengaruhi oleh feeling yang dominan, membuat ESFJ memiliki sisi kehangatan dan kepekaan yang cukup tinggi. Pada dasarnya, mereka sangat membutuhkan harmoni dalam menjalani kehidupannya, sehingga mereka selalu berhati-hati untuk tidak menyakiti orang lain, karena tidak ingin disakiti juga. Hal ini lah yang membuat orang-orang di sekitarnya merasa nyaman dengan kehadirannya. 

Kepribadian ESFJ juga memiliki semangat tim yang kuat dan keinginan yang kuat untuk koneksi yang menguntungkan. Mereka berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan tim, baik itu di tempat kerja atau lingkungan sekitarnya.

3. Ramah kepada siapa pun

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainPinterest.com/Haleyrichterphoto

Bisa dikatakan, kepribadian ESFJ itu disukai oleh semua kalangan secara universal. Mereka bisa dengan mudah untuk masuk ke dalam berbagai kelompok karena keramahannya. Ditambah dengan keterbukaan dan pesona mereka, mereka berhasil mendapatkan teman dengan cepat. Jadi, kalau ada sebuah acara atau pesta-pesta, mereka itu ahlinya dalam obrolan ringan.

4. Menyukai hal-hal yang praktis

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Kepraktisan itu adalah gaya seorang ESFJ. Maka dari itu, ketika kamu ingin mengangkat topik percakapan dengan mereka, pastikan topik tersebut berdasarkan dengan fakta atau pengalaman, dapat digunakan untuk praktik sehari-hari, dan tidak terlalu banyak mengandung ide atau teori yang belum terbukti.

Tugas rutin dan administratif yang menghalangi atau membosankan bagi tipe kepribadian lain akan dilakukan dalam sekejap oleh ESFJ. Orang-orang dari tipe kepribadian ini memiliki mata yang tajam untuk apa yang diperlukan. Pemikiran mereka yang terstruktur dan keterampilan organisasi mereka memungkinkan ESFJ untuk menangani tugas yang bahkan tidak menyenangkan mereka dalam waktu singkat.

5. Memiliki banyak keinginan kuat

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang Lainfreepik.com/ senivpetro

Ciri-ciri kepribadian ESFJ selanjutnya adalah berkepribadian kuat. Mereka selalu memiliki keinginan kuat untuk bisa mengendalikan lingkungannya. Mereka suka mengatur hal-hal yang ada di sekitarnya dan membuat sesuai dengan keinginannya.

Namun sayangnya, kebiasaan mereka ini sering kali membuat orang di sekitar kewalahan dan menganggap kalau mereka “banyak mau”. 

6. Membuat keputusan hanya berdasarkan emosi

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainPexels.com/Liza Summer

Lagi dan lagi karena dipengaruhi oleh sisi feeling ditambah dengan judging, orang berkepribadian ESFJ cenderung membuat keputusan tanpa mempertimbangkan kriteria objektif. 

Mereka memutuskan sesuatu hanya berdasarkan emosi yang mereka rasakan. Inilah yang membuat mereka terkadang menimbulkan sedikit benturan dengan orang di sekitarnya.

7. Selalu membutuhkan penegasan

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Ciri-ciri kepribadian ESFJ lainnya adalah merasa sangat membutuhkan penegasan. Mereka menempatkan hati dan jiwa mereka untuk orang-orang terdekatnya untuk menciptakan lingkungan yang harmonis. Namun, jika upaya mereka tidak diperhatikan, itu bisa melukai harga diri mereka. Akibatnya, mereka mulai mencari pujian dengan berbagai cara, yang membuat orang lain merasa terasing. 

8. Mengutamakan orang lain dibandingkan diri sendiri

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainFreepik.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ESFJ itu memiliki kehangatan, dan bisa hidup dengan baik dalam suatu kelompok. Namun, dalam melakukannya itu, mereka terlalu sering mengabaikan kebutuhan dirinya sendiri. Tentu ini tidak sehat untuk diri mereka sendiri atau bermanfaat bagi kelompok. 

Terkadang orang lain pun merasa kewalahan dengan pengabdian ESFJ tersebut. Pasalnya, tidak semua orang ingin orang lain mengorbankan diri untuk mereka, dan ESFJ melakukan hal ini tanpa disadari.

9. Selalu berada di zona nyaman sendiri

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang Lainfreepik.com/ kroshka__nastya

ESFJ itu adalah orang-orang yang terorganisir dan selalu mengikuti aturan. Mereka akan kesulitan untuk berhadapan dengan seseorang yang menentang norma-norma sosial yang berlaku.

Bagi mereka, melanggar aturan itu artinya harus keluar dari zona nyaman yang sudah dijalani dan mereka tidak menyukai hal itu. Sayangnya, hal ini justru bisa membatasi potensi mereka. ESFJ bukanlah tipe orang yang suka ide dan inovasi baru, mereka hanya akan berfokus pada apa yang pernah dicoba dan dilakukan.

10.Cenderung anti-kritik dan mudah tersinggung

10 Ciri Kepribadian ESFJ, Si Ramah yang Selalu Mengutamakan Orang LainPexels.com/Shvets Production

Kepribadian ESFJ itu menghindari konflik. Setiap saat, mereka selalu berusaha untuk menyenangkan semua orang dengan baik dan sempurna. Namun, jika usaha mereka tidak dihargai atau bahkan dikritik, mereka bereaksi sangat terluka. ESFJ bahkan bisa jatuh ke dalam perilaku defensif, terutama jika mereka dikritik oleh orang-orang yang dekat dengan mereka.

Nah, Bela, itulah tadi ciri-ciri kepribadian ESFJ. Coba deh dicek kamu atau orang di sekitarmu termasuk tidak?

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Pria Idealmu di KDrama Berdasarkan Kepribadian MBTI

Baca Juga: 4 Kepribadian MBTI Ini Tak Mau Buru-buru Tetapkan Status Hubungan

Baca Juga: Kenali Kepribadian Kamu, Ini Karakter Unik dari 12 Zodiak