Ketika kamu kecil, orangtua menjadi sosok yang tak pernah absen mendampingi di setiap momen kehidupanmu, termasuk di kala kamu sakit. Saat kamu sudah dewasa, kamu pun harus melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh orangtuamu dulu, yaitu mendampingi dan merawatnya di kala sakit.

Dalam pandangan Islam, hal ini menjadi tanda baktimu kepada orangtua atas jasa yang telah mereka berikan kepadamu. Nggak cuma itu, Allah SWT juga menjanjikan surga bagi anak yang dengan tulus dan ikhlas merawat orang tuanya, lho. Hal ini tertulis jelas di salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.  Berikut pandangan merawat orang tua yang sakit dalam Islam.

Merawat orang tua yang sakit

Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang SakitHomecare.com

حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ ثُمَّ رَغِمَ أَنْفُ قِيلَ مَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ أَبَوَيْهِ عِنْدَ الْكِبَرِ أَحَدَهُمَا أَوْ كِلَيْهِمَا فَلَمْ يَدْخُلْ الْجَنَّةَ


“Sungguh merugi, sungguh merugi, sungguh merugi seseorang yang mendapatkan kedua orangtuanya sudah renta atau salah seorang dari keduanya, namun tidak dapat membuatnya masuk surga.” - (HR. Muslim)

Oleh karena itu, sepadat apa pun aktivitasmu, jangan pernah mengatakan tak ada waktu untuk mengurus kedua orang tuamu yang sakit, ya. Jadikan mereka prioritas di kala kondisinya yang kurang baik. Bukan hanya pahala dan surga yang kamu dapatkan, tapi ada hikmah lain yang bisa kamu peroleh dari aktivitas ini.

Berikut 5 hikmah yang bisa kamu dapatkan ketika kamu dengan tulus merawat orang tua yang sakit.

1. Lebih dekat kepada Allah SWT

Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang SakitFreepik.com

Saat kamu menghaturkan doa kepada Allah SWT untuk memohon kesembuhan orang tuamu, di situlah jarakmu dengan Allah SWT semakin dekat. Doa memohon kesembuhan tersebut seolah menjadi penghubung antara kamu dengan Allah SWT. Nggak hanya itu, doa ini seolah juga menjadi penyadar bahwa sehat merupakan nikmat Allah yang tak terkira sehingga kamu nantinya akan bisa lebih bersyukur atas kesehatan yang Allah SWT berikan kepadamu. 

2. Semakin dekat dengan orangtua

Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang SakitDok. Morethanuseless.com

Nggak hanya semakin dekat kepada Allah SWT, kamu juga akan semakin erat dengan orang tuamu. Merawat orang tua yang sakit juga bisa menjadi momentum untuk memperkuat hubungan kamu dengan orang tuamu. Bukan cuma itu, kehadiranmu untuk merawat orang tua ini juga bisa menjadi obat yang mempercepat kesembuhannya, lho. Jadi, pastikan kamu benar-benar memberikan waktu khusus untuk merawat orang tuamu.

3. Lebih jauh mengenal keluarga

Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang SakitDok. Aplaceformom.com

Di kala orang tua sakit, kehadiran sosok keluarga atau kerabat menjadi suatu hal yang sangat mempermudah semuanya. Pasalnya mereka bisa memberikan dukungan moril maupun materiil, baik untuk orang tuamu atau untukmu yang merawatnya. Nah, di momen inilah secara nggak sadar kamu akan jauh lebih terhubung dan lebih akrab dengan saudara-saudaramu. Silaturahmi yang mungkin selama ini terputus bisa kembali terjalin di momen ini. 

4. Makin berbakti dengan orang tua

Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang SakitDok. Caresmart.ca

Momen merawat orangtua yang sakit juga bisa jadi “tamparan” bagi sebagian orang yang baru menyadari bahwa selama ini mereka tidak mempunyai waktu untuk orangtuanya. Mereka tersadar bahwa selama ini yang dibutuhkan oleh orangtua bukanlah uang, melainkan kehadiran dan juga perhatian mereka. Oleh karena itu, ketika orangtua jatuh sakit, mereka jadi memahami hal ini dan tersadar bahwa sesungguhnya kehadiran dan perhatian lebih penting dari segalanya.

5. Meningginya tingkat kesabaran

Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang SakitPexels.com/Andrea Piacquadio

Selain empat hikmah di atas, ada satu hikmah lain yang tak kalah penting yang bisa kamu dapatkan saat merawat orangtuamu yang sakit. Hikmah tersebut ialah meningginya tingkat kesabaran. Ya, tingginya tingkat sabar menjadi hasil akhir yang akan kamu peroleh setelah kamu sukses merawat orang tuamu. Hal ini dikarenakan tingkat kesabaranmu saat merawat akan diuji, terutama saat kamu merawat orang tua yang telah memasuki usia lanjut.

Ujian sabar ini datang dari Allah SWT, di mana Allah akan mengujimu apakah sanggup melewati ini semua atau tidak. Jika kamu merawat dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, maka bisa dikatakan kamu lulus ujian dari Allah. Insya Allah, kamu akan mendapatkan hadiah berupa pahala yang bisa jadi bekal untuk di hari akhir nanti. Nggak cuma untuk kamu, tapi bekal ini juga bisa mengantarkan orangtuamu ke surga, lho. Hal ini dikarenakan anak yang saleh/salehah akan menjadi gerbang pahala bagi orangtuanya untuk menuju surga.

Nah, itu dia pandangan Islam dalam merawat orang tua yang sakit. Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan baru bagimu, ya.

Baca Juga: Ini 11 Cara Memuliakan Orangtua Menurut Ajaran Islam

Baca Juga: 10 Nilai Persahabatan dalam Islam Yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: 12 Syarat Menikah Bagi Laki-laki Menurut Islam