Bagi sebagian orang, cinta pertama menjadi kenangan penting dalam hidupnya. Tak jarang, cinta pertama terasa sulit dilupakan, meski sudah berpisah bertahun-tahun lamanya.

Sebenarnya, apa, sih, yang membuat cinta pertama begitu spesial? Ternyata, salah satu alasannya adalah karena cinta pertama merupakan pengalaman pertama kita mengalami pahit manis percintaan, maka tak heran bila sangat berbekas di hati dan pikiran.

Meski begitu, tetap ada jalan keluar untuk melupakannya kok, Bela! Daripada menganggu hubunganmu yang sekarang, lebih baik kamu terapkan beberapa cara move on dari cinta pertama berikut ini.

1. Coba ingat-ingat kekurangan bahkan keburukannya

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!Pexels.com/Lê Minh

Untuk bisa melupakan cinta pertama, tidak ada salahnya mengingat-ingat semua kekurangan dan keburukan dia dahulu. Misalnya, malas mandi, sering terlambat, suka ingkar janji, dan lain-lain.

Tujuannya sederhana, biar kamu ilfeel dan jadi malas sendiri untuk ingat kenangan indah bersamanya.

2. Lepaskan semua benda yang memiliki memori tentang dia

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!Havilah Galaxy on Unsplash" target="_blank">unsp;ash/havilion

Proses move on akan terasa lebih sulit kalau kamu masih sering melihat benda-benda yang terkait dirinya. Misalnya, hadiah dari dia, benda-benda couple zaman pacaran, atau barang-barang dia yang tertinggal di rumahmu.

Oleh karena itu, melepaskan semua benda yang punya kenangan cinta pertamamu termasuk penting, kalau kamu mau sukses move on.

Nah, barang-barang tersebut bisa kamu kembalikan saja ke dia. Cara lainnya, kamu juga bisa menjualnya, menyumbangkannya, bahkan membuangnya kalau memang sudah tidak layak untuk digunakan lagi.

3. Bandingkan dengan pasangan atau gebetanmu sekarang

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!Freepik.com

Selanjutnya, untuk menjamin move on kamu sukses, kamu juga bisa bandingkan cinta pertamamu dengan pasangan atau gebetanmu sekarang. Namun, kamu harus pastikan kalau pasangan atau gebetanmu sekarang jauh lebih baik dari cinta pertamamu, ya.

Langkah ini termasuk penting lho, Bela! Demi menunjang keberhasilan hubunganmu di masa kini, maka kamu harus bisa lepas dari baying-bayang masa lalu.

4. Menganggap kamu terlalu baik buat dia nggak ada salahnya, lho

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!unsplash.com/Joanna Nix

Meski terdengar narsis, cara ini layak dicoba lho, Bela! Kamu bisa tetapkan dalam pikiran dan hatimu sendiri, kalau kamu adalah sosok yang terlalu baik buat dia. Dengan begitu, kamu bisa perlahan-lahan merelakannya tanpa harus kehilangan rasa percaya diri, apalagi sampai patah hati.

5. Tak perlu jadi musuh, justru berteman lebih baik

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!unsplash.com/Alexis Brown

Walaupun kamu sedang berusaha melupakan cinta pertamamu, bukan berarti kamu harus menjadikan dia sebagai musuhmu. Justru, kamu harus bisa stay cool dan tetap berteman dengannya.

Cara ini akan membantu kamu untuk bersikap lebih natural saat di dekatnya. Selain itu, kamu tak perlu ambil pusing perihal rasa sedih usai berpisah. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa segera melupakannya.

6. Habiskan waktu untuk fokus pada dirimu sendiri dan hal-hal baik di sekitar

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!Kpopreporter.com

Menghadapi patah hati atau teringat kenangan cinta pertama biasanya akan menghabiskan waktu cukup lama. Nah, daripada membuang waktu memikirkan masa lalu, lebih baik kamu mulai fokus pada diri sendiri atau hal-hal baik di sekitarmu.

Kamu bisa sibukkan dirimu dengan kegiatan bermanfaat seperti menekuni hobi, belajar hal baru, atau sekadar berkumpul bersama keluarga dan teman. Ini supaya kamu tak akan sempat lagi bersedih sambil mengingat cinta pertamamu.

7. Jadikan pengalaman dari cinta pertama sebagai pelajaran kehidupan

7 Cara Move On dari Cinta Pertama, Nggak Mustahil Kok!Alena Shekhovtcova/Pexels

Terakhir, kamu juga bisa menutup lembaran memori cinta pertama dengan menjadikannya sebagai pelajaran kehidupan. Anggaplah itu sebagai pengalaman berharga bagi kamu dalam mengenal dunia percintaan.

Ingatlah untuk mengambil sisi positifnya, serta memperbaiki diri dan tidak mengulangi sisi negatifnya. Dengan begitu, kamu juga bisa punya hubungan selanjutnya yang lebih langgeng.

Demikianlah beberapa cara move on dari cinta pertama yang bisa bantu kamu jadi lebih baik di hubungan-hubungan selanjutnya.

Baca Juga: 10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! 

Baca Juga: 5 Pikiran Toxic Ini Bikin Kamu Susah Move On Setelah Putus Cinta

Baca Juga: 9 Tanda Mantan Pura-pura Move On dari Kamu