Teman memberikan warna dalam hidup. Idealnya, teman harus bisa memberikan dukungan, menghibur, dan membuatmu menjadi semakin baik.

Sayangnya, tidak semua orang bisa tulus berteman dengan orang lain. Ada juga orang yang sebenarnya memiliki karakteristik seperti benalu dan mencari mangsa dengan berkedok menjadi teman. Orang-orang ini terus mencari keuntungan dari orang lain tanpa benar-benar tulus menjadi teman.

Kamu tentunya tidak ingin kan waktu dan tenagamu terkuras untuk teman yang ternyata adalah seorang benalu? Untuk itu, kamu wajib mengenali ciri-ciri teman benalu yang hanya memanfaatkanmu dan waspada terhadapnya. Mari, simak tandanya berikut ini.

1. Mengharapkan kamu membuat hidup mereka lebih baik

Cuma Benalu! Ketahui 5 Tanda Kalau Teman Hanya MemanfatkanmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda paling nyata dari teman benalu adalah saat mereka berharap kamu membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Ini bisa dengan sering meminta kamu melakukan ini dan itu hingga meminta sesuatu yang berbentuk materi.

Jika kamu tidak melakukan apa yang mereka inginkan, mereka akan menghukum kamu. Hukuman ini bisa berupa kemarahan, kemurungan, menarik diri, bersikap dingin, atau apa pun yang membuat kamu merasa tidak enak hati.

2. Keseharianmu diisi dengan mengurus kebutuhan dan keinginan mereka

Cuma Benalu! Ketahui 5 Tanda Kalau Teman Hanya MemanfatkanmuPexels.com/Elevate

Teman benalu mungkin membuat apa yang kamu lakukan adalah seputar menjaga orang lain. Secara tidak sadar, kamu terbiasa memenuhi keinginan dan menjaga temanmu. Misalnya, jika mereka pemalas, kamu harus ikut repot menyelesaikan tanggung jawabnya agar ia tidak menerima konsekuensinya.

Teman benalu mungkin juga akan marah dan murung jika kamu tidak memberikan apa yang mereka inginkan. Intinya, hidupmu tidak akan damai sampai kebutuhan mereka terpenuhi. Karenanya, kamu seakan disibukkan mengelola emosi mereka demi kedamaian hubunganmu.

3. Hanya mau berteman dengan orang-orang yang bisa memberikan keuntungan

Cuma Benalu! Ketahui 5 Tanda Kalau Teman Hanya MemanfatkanmuPexels.com/Helena Lopes

Seorang benalu hanya mau berteman dengan orang-orang yang bisa memberikan keuntungan. Karenanya, kamu akan melihat orang semacam ini hanya mau berteman dengan orang yang pintar, kaya raya, suka membantu, atau populer.

Saat orang tersebut dirasa tidak menguntungkan lagi, si benalu akan segera meninggalkannya. Jadi, jika saat ini kamu didekati dengan orang yang hanya mau berteman dengan orang-orang tertentu, kamu wajib berhati-hati. Sebab, bisa jadi saat ini ia hanya sedang mencari keuntungan darimu.

4. Menghilang saat kamu membutuhkan mereka

Cuma Benalu! Ketahui 5 Tanda Kalau Teman Hanya MemanfatkanmuPexels.com/Jessica Ticozzelli

Benalu tidak benar-benar ingin berteman denganmu. Karenanya, mereka tidak akan bersedia jika dimintai bantuan. Saat kamu dalam kesulitan, mereka akan menghilang dan tidak ingin terlibat dalam masalahmu.

Lain halnya saat mereka membutuhkan bantuan. Mereka tidak akan segan-segan datang padamu dan bertingkah seolah-olah kalian adalah teman sejati, hanya agar mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Namun, tak peduli sebanyak apa pun kebaikan yang telah kamu berikan, mereka akan langsung melupakannya saat mereka sedang tidak membutuhkan kamu.

5. Pertemananmu terfokus pada kebutuhan mereka

Cuma Benalu! Ketahui 5 Tanda Kalau Teman Hanya MemanfatkanmuPexels.com/Helena Lopes

Bagian penting dari persahabatan yang tulus adalah saling memberi dan menerima. Namun, jika pertemananmu selalu tidak seimbang dan hanya terfokus pada kebutuhan mereka, mungkin ada yang salah dengan pertemananmu.

Jika kamu memperhatikan bahwa selama ini kamu selalu menjadi pihak yang menerima curhat, menasihati, memberi, atau menyelamatkan, maka bisa jadi temanmu adalah benalu yang harus segera dijauhkan dari hidupmu.

Untuk mengetes apakah temanmu benar-benar tulus, sesekali kamu perlu meminta mereka melakukan sesuatu, seperti mendengarkan curhatanmu atau memberikan bantuan. Jika mereka bersedia melakukannya, maka pertahankan mereka.

Jadi, supaya tidak tertipu dan terus dimanfaatkan oleh teman benalu, perhatikan semua hal di atas pada temanmu. Jika saat ini temanmu menunjukkan tanda di atas, segera berikan nasihat karena barangkali mereka mau sadar dan berubah.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Temanmu Adalah Benalu, Jangan Sampai Kamu Dimanfaatkan!"

Baca Juga: 5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat Dewasa

Baca Juga: Ini 7 Tipe Teman Terbaik yang Wajib Ada dalam Hidupmu

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Ada Orang Tak Mau Berteman Denganmu