Doa untuk Orang Meninggal, Laki-Laki, Perempuan, dan Umum

Semoga tenang di sisi-Nya

Doa untuk Orang Meninggal, Laki-Laki, Perempuan, dan Umum

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ketika mendengar kabar ada yang meninggal dunia, wajib bagi kita untuk mendoakannya. Doa untuk orang meninggal agar segala dosanya diampuni oleh Allah SWT, amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT, dan semoga yang meninggal mendapatkan tempat terbaik di akhirat. Seperti dalam hadis yang ada dalam kitab al-Adzkar an-Nawawi, berbunyi:

"Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan." (H.R. Muslim).

Semua doa baik dapat kamu panjatkan untuk keluarga atau teman yang wafat. Namun, ada juga doa yang dikhususkan untuk orang yang meninggal. Ini kumpulan doa untuk orang meninggal, baik untuk keluarga, teman, dan saudara.

1. Doa untuk orang yang meninggal

Doa untuk orang meninggal yang pertama bisa ditujukan untuk perempuan maupun laki-laki. Berikut adalah doanya yang bisa kamu baca.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

(Allahummaghfirli wa la hu wa’qibni min hu ‘uqbaa hasanah)

Artinya: "Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik."

Jika ingin menyesuaikan dengan jenis kelamin dari orang yang meninggal dunia, maka pada bagian "wa la hu" dan "min hu" adalah untuk laki-laki. Sedangkan jika yang meninggal adalah perempuan, ganti dengan "wa la ha" dan "min ha".

2. Doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki

Selanjutnya, doa berikut ini bisa kamu baca jika orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki. 

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.)

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here