Siapa bilang red flags hanya berlaku untuk hubungan asmara? Red flags sejatinya merupakan tanda bahwa seseorang yang berhubungan denganmu, dalam hal apa pun menunjukan perilaku yang tidak ‘sehat’ dan cenderung merugikanmu.

Begitu juga dalam hal pertemanan, red flags juga kerap muncul sebagai tanda bahwa temanmu sebenarnya tidak bisa menjalin pertemanan sehat denganmu. Sebaiknya tanda-tanda ini menjadi sebuah peringatan untukmu bahwa dia bukanlah teman yang baik dan sepertinya kamu harus mempersiapkan ancang-ancang untuk menjaga jarak darinya.

Nah, apa saja ciri-ciri red flags yang muncul dalam pertemanan? Berikut ini ulasannya!

1. Tidak menepati janji

Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam PertemananPexels.com/Shvets Production

Tidak hanya pada hubungan asmara, kita secara umum tentu tidak suka dengan orang yang ingkar janji. Satu atau dua kali mungkin kamu bisa memaafkannya, tapi bagaimana jika temanmu terus melakukannya?

Tentu ini pertanda bahwa dia tidak bisa menghargaimu sebagai temannya. Bagaimana dia bisa menjadi teman yang baik dan suportif ketika menepati janjinya sendiri pun tidak mampu?

2. Menghambatmu untuk sukses

Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam PertemananPexels.com/Liza Summer

Kita tidak bisa mengelak bahwa teman bisa menjadi seseorang yang justru bisa menjerumuskan kita. Bagaimanapun, kita tidak bisa menebak secara tepat isi hati seorang sahabat, bahkan jika kamu sudah mengenalnya bertahun-tahun. Bukannya berburuk sangka, bisa saja mereka tidak suka jika kamu bahagia dan sukses sehingga berusaha menghambat segala usahamu.

Jika sahabatmu menunjukan tanda yang satu ini, tentu kamu harus lebih berhati-hati. Cobalah untuk lebih menjaga jarak dan jangan menceritakan hal-hal yang sifatnya penting untuk hidupmu. Bisa saja, sahabatmu akan mencoba untuk membuatmu terpuruk.

3. Terus menerus berbohong

Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam PertemananPexels.com/Ron Lach

Bukan hanya tidak menepati janji, jika sahabat terus menerus berbohong bahkan setelah kamu tegur sekalipun bisa menjadi red flags yang wajib kamu waspadai. Siapa, sih, yang suka dibohongi, apalagi jika seseorang yang dekat dengan kita terus menerus berbohong tentunya membuat kita merasa dibodohi, bukan?

Ingat, Bela, berbohong merupakan perbuatan yang pastinya membuat sebuah hubungan jadi terganggu. Kita tentu akan lebih sulit mempercayai sahabat kita jika mereka terus menerus berbohong.

4. Memiliki sifat manipulatif

Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam PertemananPexels.com/SHVETS production

Siapa bilang hanya pasangan saja yang bisa memiliki sifat manipulatif? Sahabat atau orang terdekat lainnya pun bisa. Jika sahabatmu kerap membuatmu merasa bersalah, memengaruhimu dengan pengaruh yang buruk, bahkan membuatmu membenci dirimu sendiri, tentu merupakan salah satu tanda bahwa sahabatmu merupakan seseorang yang manipulatif.

Sifat ini akan memberikan efek buruk padamu, apalagi jika dilakukan secara terus menerus. Kamu bisa kehilangan kepercayaan diri, merasa diri tidak berharga, dan ketergantungan dengan sahabat yang mengakibatkan hubungan pertemanan tidak sehat.

5. Berusaha menjauhkanmu dari orang terdekat

Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam Pertemananfreepik.com/Mimi Thian

Mungkin saja orang terdekatmu seperti orangtua, pacar, atau saudara menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan sahabatmu. Namun, ketika mereka berusaha memperingatkanmu atau memintamu untuk berhati-hati, justru kamu malah ‘dijauhkan’ dari orang terdekatmu.

Pengaruh sahabat yang toxic sangatlah berbahaya. Kamu bisa saja memutus hubungan dengan orang terdekatmu yang lain dan hanya mengandalkan sahabatmu saja. Ini juga merupakan salah satu efek dari sifat manipulatifnya. Jadi hati-hati, ya!

6. Selalu membicarakan keburukan orang lain

Teman Toxic! Ini 6 Ciri Red Flags dalam Pertemananfreepik.com/shurkin_son

Apakah kamu punya sahabat yang selalu membicarakan keburukan orang lain? Sesekali melakukan hal tersebut tentu wajar, tapi jika setiap kalian hang out dia hanya membicarakan aib orang lain maka kamu perlu berhati-hati. Bukan tak mungkin dia juga membicarakan keburukanmu ketika sedang bersama orang lain.

Itulah beberapa tanda red flags yang ada di dalam pertemanan dan pastinya perlu kamu waspadai. Yuk! Lebih berhati-hati, supaya kamu terhindar dari pertemanan toxic.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Tanda Kamu Belum Bijak dalam Memilih Teman

Baca Juga: 7 Cara Terbaik Menegur Teman yang Suka Menyinggung Perasaan

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Tentang Toxic Relationship