Apakah kamu tahu Bela, bahwa mengurus orangtua tergolong ibadah yang paling tinggi derajatnya. Dalam beberapa hadis digambarkan, mengurusi orangtua termasuk ibadah yang sangat banyak pahalanya. Bahkan, lebih utama mengurusi orangtua dibandingkan berjihad. Jadi, jika zaman sekarang ada kasus seorang anak sibuk dengan urusan ekonomi dan menelantarkan orangtua, maka semua ibadah wajib dan sunah yang dilakukan tidak berbuah hasil.

Apalagi kalau kondisi kesehatan orangtua mulai menurun, itu artinya sebagai anak kita wajib untuk merawat orangtua dan memberikan perhatian lebih. Sebagai umat Muslim tentu doa untuk kesembuhan orangtua yang sakit jadi hal yang utama. Sebab, hanya doa anak salehlah yang akan menjadi salah satu bekal orangtua kita walau kelak terpisah alam. Cari tahu bagaimana doanya yuk!

Doa untuk orangtua yang sakit

Doa untuk Kesembuhan Orangtua yang Sakit dan Tata Caranyamomspresso.com

Mendoakan kedua orangtua yang sedang sakit adalah sebuah hal yang lazim dilakukan oleh seorang anak. Berdoa bisa dikatakan sebagai salah satu cara berinteraksi dengan Allah, di mana penyakit tersebut tidak semata-mata diberikan kecuali dengan izin Allah. Maka, hanya kepada-Nya lah kamu bisa memohon kesembuhan. Berikut doa yang bisa kamu ucapkan :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya : Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Urutan berdoa

Pada saat berdoa, alangkah baiknya kalau kamu mengikuti urutan-urutan dalam berdoa agar doamu segera dikabulkan oleh Allah.

Urutan doa untuk kesembuhan orangtua yang sakit:

1. Awali dengan memuji Allah SWT

2. Lantunkan sholawat kepada Rasulullah SAW

3. Meminta ampunan kepada Allah SWT

4. Sampaikanlah kesusahan dan perbuatan mulia yang telah orangtua lakukan

5. Panjatkan doamu untuk kedua orangtua, dalam hal ini yaitu meminta kesembuhan

6. Doa penutup

Doa untuk Kesembuhan Orangtua yang Sakit dan Tata Caranyanytimes.com

Mukjizat merawat orangtua

"Orangtua adalah pintu surga yang paling tengah. Terserah kamu, hendak kamu telantarkan dia, atau kamu hendak menjaganya." (HR Tirmidzi)

Anak-anak yang merawat orangtuanya hingga wafat kebanyakan dicintai Allah. Hal tersebut tercermin dalam karier hidupnya di dunia, dan mereka cenderung menjadi orang-orang yang sukses. Mukjizat merawat orangtua bisa kamu temukan dalam sejarah hidup seorang sahabat Nabi, yaitu Iyas bin Muawiyah. Ketika ibu dari Iyas wafat, beliau meneteskan air mata tanpa meratap, lalu beliau ditanya seorang sahabat yang lain tentang sebab tangisannya.

Jawabnya, "Allah telah membukakan untukku beberapa pintu untuk masuk surga, sekarang satu pintu telah ditutup." Begitulah, orangtua adalah pintu surga, bahkan pintu yang paling tengah di antara pintu-pintu yang lain. Maksud pintu yang paling tengah adalah yang paling bagus dan paling tinggi. Artinya, sebaik-baik sarana yang bisa mengantar seseorang ke dalam surga dan meraih derajat yang tinggi adalah dengan menjaga dan merawat orangtua.

Doa untuk Kesembuhan Orangtua yang Sakit dan Tata Caranyajournalnow.com

Selain berdoa, lakukan hal ini juga ya!

Sembari memanjatkan doa dan meminta kesembuhan kepada Allah SWT, ada amalan-amalan lain yang bisa kamu lakukan ketika orangtua sedang sakit.

Amalan untuk orangtua yang sedang sakit:

  • Menjaga tutur kata kepada orangtua
  • Membantu berbagai pekerjaan rumah
  • Bersikap sabar dan menahan marah

Selalu doakan orangtua dalam kondisi apapun setiap saat ya, Bela. Karena mereka adalah orang terbaik yang paling berjasa dalam kehidupan kita. Selain itu, mendoakan kedua orangtua juga mampu melapangkan rezeki serta dapat memanjangkan usia kita, lho.

Baca Juga: Salut! 5 Artis Ini Nggak Malu Mengakui Kondisi Orangtuanya