Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Arti Bunga Teratai, Si Simbol Kedamaian dan Harmoni

Ada arti Feng Shui-nya juga, lho!

Natasha Cecilia Anandita

Tak hanya sebagai dekorasi, setiap bunga juga memiliki artinya sendiri. Contohnya bunga mawar sebagai simbol cinta dan kasih sayang, sering diberikan oleh seseorang kepada pasangannya. Ada juga bunga-bunga yang diyakini memiliki makna yang berkait dengan hal-hal mistis. 

Arti setiap bunga bisa berbeda bergantung daerah, warna, sampai ke Feng Shui. Kali ini Popbela akan membahas arti bunga teratai yang dikenal anggun dan indah. 

1. Arti bunga teratai secara umum

unsplash.com

Bunga teratai memiliki arti keanggunan, keindahan, keanggunan, kesempurnaan, dan kemurnian. Bunga ini juga merupakan simbol keindahan yang memiliki sisi berbahaya. Itu juga merupakan simbol persatuan dan menemukan kedamaian dan keseimbangan.

Mengutip dari Florally, melihat dari lingkungan tempat mereka tumbuh, bunga teratai juga melambangkan pencerahan. Ini karena mereka tumbuh jauh di bawah permukaan air, mereka tumbuh dari lumpur dasar air, yang secara estetika bukanlah kondisi yang paling menyenangkan untuk tumbuh. Meski demikian, bunga teratai berkembang menjadi bunga yang indah dan menantang segala kesulitan yang dihadapi bunga lainnya.

2. Berarti kemurnian dalam agama Buddha

pexels.com/harry-dona

Dalam agama Buddha, bunga teratai memiliki arti kemurnian tubuh dan pikiran, kelahiran yang terbagi dan pertumbuhan spiritual. Bunga teratai tumbuh mekar di atas air berlumpur, hal ini dikaitkan dengan keterikatan dan keinginan duniawi. Bunga di atas air adalah janji kemurnian dan peningkatan spiritual.

3. Melambangkan kemurnian dan kesempurnaan

pexels.com/peter-holmes

Dalam tradisi Buddhis, bunga teratai merupakan simbol pencerahan karena dapat tumbuh dan berkembang sempurna, bahkan di lumpur paling lembap sekalipun. Tak heran banyak banyak Buddha dan Bodhisattva digambarkan duduk di atas teratai. Bunga ini sendiri merupakan satu dari delapan harta Buddhis yang menguntungkan dan bermakna kemurnian serta kesempurnaan. 

4. Memiliki arti pernikahan dan kesuburan

pexels.com/couleur

Nama Tionghoa teratai terdengar seperti kombinasi dari kata-kata yang berarti koneksi dan perdamaian. Hal inilah yang membuat teratai disimbolkan mewakili persatuan yang damai. Dalam seni dan barang-barang dekoratif, kuncup teratai sering menjadi simbol kesuburan serta keturunan. Polong biji teratai juga melambangkan kesuburan. 

5. Teratai bermakna kelimpahan

pexels.com/tim-pasemann

Arti bunga teratai selanjutnya dikaitkan dengan kelimpahan dan kesuburan musim panas. Hal tersebut karena tanaman teratai sangat bermanfaat bagi manusia. Saat mekar, semua bagian teratai bisa dijadikan makanan, dekorasi, atau tujuan kuratif.

6. Melambangkan kasih sayang dan kedamaian

unsplash.com

Bunga teratai juga melambangkan kasih sayang dan kedamaian. Ini berkaitan dengan Quan Yin, bodhisattva welas asih, yang sering digambarkan memegang atau duduk di atas bunga teratai. Begitu juga mantra welas asih Quan Yin, “Om Ma Ni Pad Me Hum,” berarti “permata dalam teratai.” 

7. Arti bunga teratai berdasarkan warnanya

unsplash.com

Berdasarkan warnanya, bunga teratai juga punya makna sendiri, di antaranya:

  • Bunga teratai putih melambangkan kesucian dan kemurnian mental, keindahan, rahmat, kemurnian pikiran, kekayaan, pengetahuan, kesuburan, dan iman
  • Bunga teratai ungu melambangkan kekuatan
  • Bunga teratai merah melambangkan cinta murni dan romansa
  • Bunga teratai berwarna biru melambangkan kekuatan pengetahuan
  • Bunga teratai kuning melambangkan kegembiraan dan keingintahuan intelektual dalam spiritualisme, keterbukaan serta keramahan
  • Bunga teratai pink menandakan kasih sayang, simpati, dan cinta tanpa pamrih, mewakili hati, gairah, juga kemurahan hati

Itu dia arti bunga teratai yang disebut dengan simbol kedamaian serta harmoni. Kamu salah satu penggemar bunga ini?

IDN Media Channels

Latest from Single